Siap Menjadi Barang Kolektor, Produksi Nintendo Wii U Segera Dihentikan

nintendo-wii-1

Setelah Maret 2016 lalu Nintendo mengabarkan bakal menghentikan produksi Wii U secepatnya akhir tahun ini, dan terakhir kemarin kami mendapatkan kabar baru yang memastikan kapan konsol ini berakhir. Beberapa sumber meyakini jika Nintendo bakal menghentikan sepenuhnya produksi Nintendo Wii U mulai tanggal 4 November 2016 besok.

Gara-gara Ada Nintendo NX, Produksi Wii U Dihentikan!

Umurnya baru empat tahun, susah laku, dan produksinya dihentikan. Malang benar nasib Wii U...
Baca Juga

Nintendi Wii U sendiri diluncurkan pertama kali November 2012 lalu, atau usianya tidak sampai 5 tahun, separuh dari rata-rata usia sebuah konsol game. Dalam waktu 4 tahun, Nintendo mengklaim hingga 30 September kemarin mereka hanya mampu mengapalkan 13.36 juta unit Wii U, meskipun data kami dari sumber lainnya menyebutkan total terjual hingga 13.5 juta unit Wii U. Tetap saja jumlahnya terpaut jauh di bawah PlayStation 4 yang dalam waktu 2 tahun saja sudah terjual hingga 40 juta unit!

Sebagai perbandingan, GameCube terjual 21 juta unit dalam waktu 6 tahun masa edarnya. Kemudian Nintendo 64 yang eksis dari tahun 1996 hingga 2003, terjual hingga 32 juta unit. Jawaranya tetap Nintendi Wii, konsol yang mempopulerkan gaya bermain yang fun dan “beda sendiri”, terjual hingga 101 juta unit dari hasil penjualannya dari tahun 2006 hingga 2013 lalu.

nintendo-switch-3

Tentu saja angka penjualan Nintendo Wii U sangat jauh dari ekspektasi Nintendo yang berharap bisa melanjutkan sukses Wii. Namun apa daya, hanya 10% saja pencapaian konsol sebelumnya bisa diraih oleh Wii U. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, seperti pasar casual gamer yang mulai tergerus oleh game-game mobile yang makin fun juga permainannya, dan core gamer yang merasa tidak menemukan game yang mampu menyalurkan hasrat bermain game mereka di dalam Wii U, karena minimnya dukungan third-party (plus, kualitas grafisnya yang memang sudah tertinggal sangat jauh). 

Membongkar Spesifikasi Nintendo Switch! Benarkah CPU nVidia Ini Sekuat PS4?

Nintendo termasuk konservatif dalam hal spesifikasi konsol gamenya, dan sampai saat ini belum diungkapkan seperti apa kekuatannya. Benarkah akan sekuat PS4? Berikut bocoran spesifikasi Nintendo Switch!
Baca Juga

Kini Nintendo mengubah strategi mereka. Masih dengan inovasi, gameplay yang fun, dan juga tetap menyasar casual gamer, namun mereka sudah mengantongi konsep bermain konsol secara mobile melalui Nintendo Switch. Nintendo juga tetap berlayar di lautan Blue Ocean, mereka tidak ikut-ikutan adu performa grafis 4K yang saat ini berlangsung antara PlayStation 4 Pro dan Project Scorpio, atau, membuat konsol mereka terfokus pada virtual reality.

Nintendo masih tertolong Nintendo 3DS!
Nintendo masih tertolong Nintendo 3DS!

Nintendo Switch: Masa Depan Dunia Game Bukan Virtual Reality dan Grafis 4K

Teknologi Nintendo Switch mungkin bukan yang terkini, tercanggih, atau termahal. Namun beberapa tahun lalu Nintendo berhasil menunjukkan jika inovasi Nintendo Wii bisa mengalahkan grafis beresolusi tinggi dan hardware yang mahal!
Baca Juga

Nintendo lebih melihat ke depan, dan mereka kini bersiap meluncurkan Nintendo Switch, konsol game yang bisa diboyong kemana-mana secara mobile. Mereka juga bersikeras konsol yang akan dirilis 4 bulan lagi ini bukan handheld meskipun ada aspek portable, menimbulkan banyak spekulasi jika suatu saat Nintendo Switch juga bisa memainkan game-game mobile Nintendo yang mulai banyak bermunculan di ranah mobile.

Sumber


SHARE
Previous articleJohnny Depp akan Tampil di Sekuel Fantastic Beasts and Where to Find Them
Next articleFacebook Gameroom Dirilis, Tantang Steam Plus Hidupkan Kembali Game Sosial!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.