Kocak! Inilah Kumpulan ZOID yang Punya Nama Aneh!

Zoid Liger

ZOIDS, serial mainan dan anime yang dibintangi robot berbentuk hewan ini sempat booming pada awal tahun 2000an. Tidak heran memang, makhluk sehari-hari yang akrab di mata kita diubah menjadi sebuah robot raksasa keren yang badannya dipenuhi senjata mesin — atau jadi dua kali lebih keren kalau didesain dari dinosaurus.

Tapi walau kerap kali mengeluarkan desain apik, umumnya perusahaan Jepang memiliki indera atau insting penamaan yang hampir tidak pernah beres. Infinite Undiscovery, Under Night In-Birth, atau karakter bernama Jacuzzi Splot misalnya. Those are not real English. Or real names.

Hal yang sama pun tidak terlewatkan dari ZOIDS. Dari ratusan robot dan beragam variannya, terdapat nama-nama yang aneh dan kadang menggelitik perut. Berikut saya kumpulkan enam nama ZOID terlucu (atau nama terburuk, tergantung perspektif saja) yang saya temukan.

1

Wardick

Zoid Aneh Wardick
Wardick. Enough said.
  • Alias: War Shark

Susah membicarakan ZOID yang satu ini tanpa langsung tersenyum geli sendiri. Apalagi melihat wujudnya yang… agak menjurus. Kenapa harus ZOID hiu bertubuh panjang yang dapat nama ini? Untungnya, di pasar Amerika dan Eropa, namanya diganti menjadi War Shark, yang jauh lebih sederhana dan masuk akal.

2

Iguan

Zoid Aneh Iguan
“Iguan…” “HA!” “Apa lihat-lihat?”
  • Alias: Zillon, Iguanasaur, Lizar (sama aja malesnya)

Mungkin kira-kira begini yang terjadi saat mereka memutuskan nama untuk ZOID yang satu ini: “Oke, kita punya robot bentuknya kayak kadal, mau dikasih nama apa yang cocok?” tanya sang manajer, yang langsung dijawab cepat oleh salah seorang stafnya, “Oh, saya punya seekor iguana di rumah, kita ambil dari situ saja namanya!”

Dari kata “iguana” pun mereka membuang satu huruf saja, menjadi Iguan. Ngasih nama kok kayak nggak niat, padahal desain ZOID-nya keren juga. Mecha Godiguana, gitu lho.

3

Guysack

Zoid Aneh Guysack
Saya asumsikan stiker harga memang sengaja dipasang untuk menutupi namanya…
  • Alias: Sack Stinger

Bukannya diberi nama seperti Scorponok, Scorpoid, atau apa yang keren, Tomy si perusahaan mainan asal Negeri Sakura ini menganggap “Guysack” adalah nama yang pas untuk ZOID satu ini. Yang mana kamu tahu, dalam bahasa Inggris “Guy” artinya pria dan “Sack” adalah kantong. Apa coba hal yang menggantung di tubuh seorang pria?

4

Lidier

Zoid Aneh Lidier
Muka boleh garang, tapi kalau sekuat lidi doang mah, males juga
  • Alias: Lidier. Sudah susah diperbaiki.

Mungkin namanya mau meniru nama keren dari ZOID tipe Lion, seperti Shield Liger, Blade Liger, Energy Liger, Hayate Liger, dan 80 jenis Liger lainnya. Tapi kalau Liger kan jelas, merupakan gabungan dari “Lion” dan “Tiger”, nah kalau Lidier?

Lion + Grenadier? Nggak bawa granat atau roket. Lion + Soldier? Agak masuk akal sih. Tapi namanya nggak bisa terucap dengan keren seperti “LIGER” dan akhirnya di telinga orang Indonesia malah jadi “Lidi”er deh. Pengguna lidi, apa?

5

Merda

Zoid Aneh Merda
Disebutkan Merda adalah tipe Ornitholestes. Dinosaurus aslinya jauh lebih keren dari versi robot ini.
  • Alias: Hellrunner, Runna

Apakah kamu tahu, dalam bahasa Itali (yang sebenarnya berasal dari adopsi bahasa Latin), arti “merda” adalah kotoran? Ya, melihat desain robot ZOID yang lenje begini sih tidak heran dinamai Merda. Selain itu pola warna yang diberikan juga tidak membantu, masa antara hitam dan coklat-abu-abu saja.

6

Rainbow Jerk

Zoid Aneh Rainbow Jerk

  • Alias: Rainbow Jerk juga.

Dalam kamus bahasa Inggris Merriam-Webster, arti jerk adalah, “orang bodoh atau orang yang tidak disukai atau orang yang bersikap buruk kepada orang lain.” Yah tidak jelas apakah dia seorang (sebuah?) jerk, tapi dia memang warna-warni seperti pelangi atau rainbow.

Mungkin juga namanya diambil dari masakan “soul food” khas Amerika Serikat bagian utara, jerk chicken, yaitu masakan ayam yang diolah dengan bumbu jerk. Wujudnya sudah burung, kan? Beda sedikit lah sama ayam.

Ada nama ZOID lain yang aneh menurutmu? Silahkan share di kolom komentar ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleFilm Death Note Ungkapkan Rahasia Tersembunyi Shinigami Ryuk
Next articleRelaxing Area dari GO-MASSAGE, Siap Lepaskan Lelah Peserta BEKRAF Game Prime 2016!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.