Canggihnya Ponsel Augmented Reality Lenovo, Pertama di Dunia dengan 4 Kamera!

Lenovo Phab 2 Pro

Google Project Tango Adalah Kinect Berwujud Smartphone, Bukan Sekadar Untuk Nge-Game!

Google mengkonfirmasikan inovasi baru, yaitu Project Tango. Teknologi ini mampu melacak jedalaman ruangan secara 3D, sehingga berguna untuk mengembangkan video game dengan efek yang realistis.
Baca Juga

Masih ingat dengan Project Tango? Ini adalah proyek yang ditangani divisi Advanced Technology And Projects (ATAP) di Motorola, pasca vendor smartphone tersebut dilepas Google kepada Lenovo. ATAP sendiri juga menjadi nama yang berada di balik inovasi teknologi Google lainnya, yaitu Project Ara. Pertama kali dikonfirmasikan awal tahun 2014, inovasi Project Tango tersebut akhirnya diwujudkan oleh induk perusahaan Motorola saat ini, Lenovo, melalui smartphone raksasa Lenovo Phab 2 Pro. Dan beberapa versi purwa rupa yang menjalankan Project Tango selama ini, smartphone besar Lenovo tersebut juga terbukti mampu mewujudkan ide pemetaan ruang tiga dimensi yang menjadi fokus utama Project Tango.

lenovo-phab-2-pro-5

Project Tango sendiri beberapa kali diperlihatkan melalui sebuah perangkat mobile yang memiliki banyak sensor dan chip khusus untuk melacak pergerakannya di dalam sebuah area, sembari dalam waktu yang sama juga menciptakan peta 3D dari lingkungan di area tersebut. Konsep tersebut akan sangat berguna untuk kegiatan navigasi dalam ruangan, augmented reality, atau mengembangkan sebuah video game dengan efek yang lebih realistis hingga membuat pemainnya serasa masuk ke dalam lingkungan dalam game.

project-tango-3

project-tango-2

Hmmm, sepertinya familiar ya, beberapa waktu lalu Microsoft pernah mengembangkan ide yang sama, yang disebut IllumiRoom, dengan memanfaatkan sensor kamera Kinect untuk merubah ruangan sekitar seakan menjadi arena dalam game.

Teknologi Pemetaan 3D Project Tango dari Google Dapatkan Tablet Bermesin Tegra K1

Masih ingat dengan Project Tango? Perangkat mobile yang dikembangkan Google dengan sensor khusus untuk menciptakan peta 3D dari suatu lingkungan, kini diumumkan mendapat tambahan versi tablet.
Baca Juga

Fitur yang diciptakan Motorola tersebut memang belum pernah eksis sebelumnya, dan saat itu sudah diprediksi membutukan tenaga proses yang besar. Jadi tidak terlalu mengherankan jika salah satu varian purwa rupanya menggunakan chipset Tegra K1 yang cukup kuat (dan saat ini dirumorkan juga digunakan untuk menggerakkan Nintendo Switch). Mesin yang kencang dibutuhkan agar perangkat Project Tango bisa membuat hingga ratusan ribu kalkukasi kedalaman dan geometris keadaan sekitarnya secara 3D, sehingga menciptakan pemahaman sekelas manusia akan ruang dan gerak melalui sebuah perangkat mobile.

lenovo-phab-2-pro-2
Dengan Lenovo Phap 2 Pro, kalian bisa memanfaatkan konfigurasi tiga kameranya dalam mengukur kedalaman ruangan kosong, dan memperkirakan apa yang kira-kira tepat ditempatkan di tengah ruangan tersebut… mendekorasi ruangan sepertinya tidak pernah sekeren ini!

Lenovo PHAB, Tablet Keren dengan Pengoperasian Senyaman Smartphone

Untuk main game, lega banget layarnya! Dan seperti Lenovo lainnya, semua data game bisa langsung disimpan ke dalam memory external micro SD tanpa perlu susah payah ngoprek!
Baca Juga

Sebelum gadget komersil pertama Projct Tango, Lenovo Phab 2 Pro dirilis kemarin, Google juga telah membuka aplikasi khusus yang akan bekerja bersamanya melalui Play Store. Meksipun tidak banyak yangg diungkapkan melalui laman aplikasi Tango tersebut, namun ada gambar yang memperlihatkan seperti alien dengan gambar 3D, serta gambaran virtual dari ruangan di dunia nyata.

project-tango-1

Kembali pada Lenovo Phab 2 Pro, smartphone bongsor Lenovo ini dilengkapi dengan spesifikasi kelas mengengah yang menurut kami sudah cukup untuk menggambarkan kebutuhan komputasi sebuah teknologi pemetaan ruangan. Ada prosesor octa-core Snapdragon 652, memory RAM 4GB, ROM 64GB, kamera utama 16MP yang didampingi dengan dua kamera lainnya, di sisi depan ada kamera selfie 8MP, dan kapasitas baterai 4050mAh.

lenovo-phab-2-pro-3

Smartphone Project Tango dari Intel Ini Bisa Bikin Drone Berpikir Seperti Manusia!

Termasuk juga bisa membuat pengalaman merasakan dunia virtual reality menjadi lebih nyata, berkat kameranya yang bisa melihat layaknya mata manusia!
Baca Juga

Dengan demikian total ada empat kamera untuk mendukung pengguna menciptakan konten augmented reality. Sedangkan di sisi audio, seperti tipikal Lenovo terbaru, ada speaker yang untuk pertama kali menggunakan teknologi speaker Dolby Audio 5.1 Capture serta diproses outputnya melalui teknologi Dolby Atmos, yang menurut Lenovo bisa memberi efek suara 3D.

Lenovo sendiri bakal menjual Lenovo Phab 2 Pro dengan harga sekitar Rp6.5 jutaan, dan sementara ini hanya bisa dibeli melalui toko online Lenovo.

Main game pun juga lebih menarik, karena dengan game augmented reality pada Phab 2 Pro, kalian tidak hanya duduk saja, namun bisa berinteraksi dengan ruang di sekitarnya, karena bisa mengubah kamar atau rumah menjadi arena bermain virtual... dengan Project Tango, kalian juga mungkin membesarkan monster virtual di dalam rumah...  dengan gambaran yang lebih realistis
Main game pun juga lebih menarik, karena dengan game augmented reality pada Phab 2 Pro, kalian tidak hanya duduk saja, namun bisa berinteraksi dengan ruang di sekitarnya, karena bisa mengubah kamar atau rumah menjadi arena bermain virtual… dengan Project Tango, kalian juga mungkin membesarkan monster virtual di dalam rumah… dengan gambaran yang lebih realistis

Spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro

  • OS: Android 6.0 (Marshmallow)
  • UI: Lenovo Vibe UI UI
  • Prosesor: Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 dengan 64-bit CPU octa-core (1.8 GHz quad-core Cortex-A72 dan 1.4 GHz quad-core Cortex-A53)
  • Memory: 4GB RAM LPDDR3
  • GPU: Adreno 510 dengan DSP khusus Hexagon V56
  • Layar: 6.4-inchi LCD IPS, Quad HD 1440 x 2560 pixel, 459 ppi, dengan lapisan kaca 2.5D dan berpelindung Gorillan Glass 4
  • Dimensi: 179.8 x 88.6 x 10.7 mm
  • Berat: 259gram
  • Storage: 64GB internal storage, bisa diperbesar melalui micro SD (menggunakan slot SIM 2, atau hybrid, kapasitas hingga 256GB)
  • Kamera Depan: 8MP dengan bukaan lensa f/2.2 dan ukuran pixel yang sangat lebar, 1.4 um (micron pixel), merekam video Full HD
  • Kamera Belakang: 16 MP RGB fast focus, dengan fokus phase detection PDAF, ada kamera dengan sensor kedalaman dan kamera ketiga untuk pelacak gerakan / fisheye yang menghasilkan panorama yang sangat lebar
  • Konektivitas: 3G/4G LTE Cat 7, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4 GHz & 5 GHz GPS (A-GPS + GLONASS)
  • Baterai: 4,050-mAh, mendukung fast charging Quick Charge 2.0
  • SIM: dual nano SIM
  • Fitur Audio: Radio FM, Sensor sidik jari di tombol Home, Dolby Audio Capture 5.1 dengan tiga microphones, software Dolby Atmos
  • Pilihan Warna: Gunmetal Grey, Champagne Gold

lenovo-phab-2-pro-1


SHARE
Previous articleSpekulasi Doctor Strange – Akan Seperti Apa Cerita Doctor Strange 2?
Next articleInilah Keenam Hero Terkuat yang Bisa Kamu Dapatkan di Valiant Force
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.