Tandingi Xiaomi Mi Note 2, Ini Cara Samsung Membuat Galaxy S8 Anti Meledak

spesifikasi Samsung Galaxy S8

Samsung sepertinya sudah mulai melupakan musibah yang mereka alami dengan Galaxy Note 7, dan mereka merencanakan dengan baik Samsung Galaxy S8 yang kabarnya bakal pertama kali diungkapkan selama event Mobile World Congress 2017 akhir Februari tahun depan. Tidak terlalu mengejutkan, mengingat Galaxy S7 juga baru pertama kali dikonfirmasikan selama MWC 2016 lalu.

Ikut Tren Dual Camera

Wah, Samsung Pede Banget Nyontek Xiaomi! Spesifikasi Galaxy S8 Bakal Pakai Dual-Camera!

Wah, Samsung Pede Banget Nyontek Xiaomi! Spesifikasi Galaxy S8 Bakal Pakai Dual-Camera! Harga Galaxy S8 spec, bentuk Galaxy S8 design, video Galaxy S8
Baca Juga

Jika sebelumnya kita sudah mendapatkan kabar jika penerus Galaxy S7, bakal menggunakan salah satu teknologi lama yang kembali terangkat akhir-akhir ini, dual-camera, ada beberapa teknologi baru yang dibenamkan Samsung untuk membuat Galaxy S8 menarik, dan bisa menjadi pengganti terbaik untuk Galaxy Note 7. Mengingat vendor Korea Selatan ini juga menawarkan para pemilik Galaxy Note 7 yang terpaksa dikembalikan smartphone-nya, nanti bisa membeli Samsung Galaxy S8 dengan harga diskon.

LG pun sudah menggunakannya untuk G5 mereka, dan tidak lama lagi juga untuk LG V20…
LG V20 yang tidak lama lagi dijual di Indonesia, sudah menggunakan dual-camera…

Selain dual-camera untuk menempatkan kelasnya sepadan dengan iPhone 7 Plus, Samsung dikabarkan juga akan menggunakan baterai yang diproduksi oleh rival senegaranya, LG. Dengan musibah meledaknya baterai Galaxy Note 7 yang datang dari dua pemasok Samsung di Cina, wajar jika mereka kini mencari alternatif untuk mengurangi risiko. Galaxy S8 nantinya juga sudah dipastikan akan membawa teknologi pemindai retina mata yang sudah mereka terapkan pertama kali pada Galaxy Note 7.

Kacamata-VR-murah-1

Kami juga mendengar sebelumnya jika Galaxy S8 akan menjadi Samsung pertama yang memiliki layar beresolusi Ultra HD 4K, atau  3840 x 2160-pixel (Sony sudah pernah melakukannya dengan Xperia Z5 Premium), yang jelas akan sangat diperlukan untuk perangkat mobile masa depan yang mengedepankan pada fitur virtual reality.

Layar Masuk Ukuran Phablet

Modal Lawan iPhone 7, Fitur Galaxy S8 Ini Bakal Menjadi yang Tercanggih di Dunia!

Modal Lawan iPhone 7, Fitur Galaxy S8 Ini Bakal Menjadi yang Tercanggih di Dunia! Harga Galaxy S8, keunggulan Galaxy S8, kelemahan Galaxy S8
Baca Juga

Mendukung kabar tersebut, juga berhembus kabar jika bentang layarnya kini 5.5-inchi, atau sama seperti Galaxy S7 edge, dengan rasio layar dengan sisi depannya mencapai 80%, atau, meningkat 4% dibandingkan Galaxy S7 edge. Alasan lainnya, Xiaomi Mi Note 2 yang sangat mirip Galaxy S7 edge, juga berhasil mencapai ratio layar yang sama seperti Galaxy S7 edge, sehingga Samsung merasa perlu membuat tubuhnya mengecil lagi agar sisi depannya terlihat lebih rapi dengan bentang layar yang menguasai.

Inilah Sony Xperia Z5! Spec Gahar, Dual SIM 4G, Layar 4K Ultra HD dan Kamera Exmor 23MP!

Sony Xperia Z5! Spec Gahar, Dual SIM 4G, Layar 4K Ultra HD dan Kamera Exmor 23MP! Spesifikasi Xperia Z5 Premium, spesifikasi Xperia Z5 Compact
Baca Juga

Sejauh ini rumornya baru 5.5-inchi itu saja, yang akan digunakan pada Galaxy S8 edge. Seharusnya jika sama seperti Galaxy S7, akan ada varian yang lebih kecil. Pasca musibah Galaxy Note 7, Samsung dikabarkan mengubah strategi dengan hanya akan merilis satu flagship saja tahun depan. Satu flagship ini bisa diartikan satu Galaxy tipe teratas saja, atau, satu seri keluarga Galaxy S8 dengan beberapa varian layar.

Samsung-Gear-VR-10

Prosesor Mobile Terkencang

Kemudian untuk menunjang kemampuan virtual reality-nya yang membutuhkan GPU mobile kelas atas, rumornya Galaxy S8 akan menggunakan chipsep Exynos teranyar yang diproduksi dengan proses 10nm, yang pastinya akan sangat irit baterai (berguna untuk menunjang pengoperasian layar 4K yang memang sangat rakus baterai). Selain itu, muncul juga nama Exynos 8895 dan GPU ARM Mali-G71, yang menjadi duet baru untuk Galaxy S8 nantinya. Mesin penggerak Galaxy S7 sendiri Exynos 8890, dan sudah terbukti kinerjanya yang kencang, bahkan mampu mengungguli Snapdragon 820-nya Qualcomm.

galaxy-s8-2

Gregetnya Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2, Bikin Lupa Note7, Harga Separuh iPhone 7!

Gregetnya Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2, Bikin Lupa Galaxy Note7, Harga Separuh iPhone 7! Harga Xiaomi Mi Note 2 Spec, benchmark Xiaomi Mi Note 2
Baca Juga

Dibandingan dengan Galaxy S7 yang memiliki GPU Mali-T880 MP12, pengolah grafis Galaxy S8 ini dikabarkan mampu mendukung virtual reality dan resolusi layar 4K (sebenarnya Mali-T880 MP12 juga sudah mendukung 4K). Bedanya ada pada proses fabrikasi, jumlah shader core dan kecepatannya, dimana Mali-G71 mengungguli Mali-T880 MP12 dengan proses 10nm, jumlah shader core hingga mencapai 32 dan kecepatannya tiap corenya hingga 850MHz. Semoga saja mesin barunya ini cukup adem (klaimnya sih, lebih irit dan lebih kencang dibandingkan pengolah grafis pada Galaxy S7 dan Galaxy Note 7), dan semoga ga sampai membuat overheat ya…

galaxy-s8-1

Selain silikon produksinya sendiri, varian lain Galaxy S8 nantinya juga menggunakan chipset Qualcomm, yatu Snapdragon 830. Detail lainnya, ada jatah RAM 6GB atau 8GB RAM (lagi-lagi agar membuat Galaxy S8 kompetitip, mengingat banyaj pesaingnya sudah memiliki RAM 6GB tahun ini) untuk varian teratas, serta modul NFC + MST untuk mendukung sistem pembayaran Samsung Pay.

Punya Asisten Pribadi

Google Kecolongan! Begini Caranya Install Google Assistant di Android Non-Pixel

Google Kecolongan! Begini Caranya Install Google Assistant di Android Non-Pixel, download Google Assistant APK, cara pakai Google Assistant
Baca Juga

Kabar terakhir, Samsung dikabarkan akan menerapkan aplikasi asisten pribadi cerdas untuk Galaxy S8, yang sepertinya bisa dibandingkan dengan Siri-nya Apple, atau Google Assistant-nya smartphone Pixel. Sementara ini disebut sebagai Bixby, diplot menjadi artificial intelligence atau kepandaian buatan untuk berkompetisi dengan Siri. Mungkin dengan Bixby, Samsung berharap bisa membuat aplikasi tersebut memberi peringatan dini pada penggunanya, seandainya terjadi sesuatu yang ganjil di tengah sistem Galaxy S8 nantinya, agar kejadian seperti Galaxy Note 7 tidak akan terulang lagi.


SHARE
Previous articleAjari Anak Pentingnya Gosok Gigi Lewat Aplikasi Edukasi Menarik Ini!
Next article4 Alasan Kenapa Gamer Harus Turun Ke Jalan Ikut Demo 4 November
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.