Inilah Komik-komik yang Menginspirasi Soldier 76 dari Overwatch!

Soldier 76

Belum lama ini — Mei 2016 lebih tepatnya — Blizzard merilis game shooter multiplayer yang menggemparkan dunia gaming, berjudul Overwatch. Tidak mengherankan, karena game ini didukung dengan mekanika permainan yang cukup adiktif dan desain karakter yang menarik mata. Tapi ternyata, salah satu karakter Overwatch yang bernama Soldier: 76 itu terinspirasi dari kisah komik, lho!

Sedikit merekap cerita di balik Soldier 76. Bernama asli Jack Morrison, dia merupakan pemimpin dari organisasi Overwatch yang menjaga kedamaian dunia. Namun setelah timbulnya konflik antara manusia dan kaum robot yang disebut Omnic Crisis, Overwatch mendapat cercaan dari publik. Sementara itu Jack juga berselisih dengan rekannya, Gabriel Reyes, yang memimpin tim operasi rahasia Overwatch, Blackwatch.

Sampai akhirnya, pertengkaran Jack dan Gabriel harus berakhir mengenaskan saat mereka berdua terjebak dalam ledakan yang menghancurkan markas Overwatch di Swis. Ternyata masih selamat, Jack pun bertualang keliling dunia untuk membersihkan nama organisasinya dan mengadopsi nama baru: Soldier 76.

Nah, ternyata cerita seru mengenai masa lalu Soldier 76 tersebut terinspirasi dari beberapa komik. Apa sajakah komik keren yang membantu melahirkan tokoh game eSports terbaru garapan Blizzard ini? Mari kita simak analisis berikut!

1

Soldier: 76

Soldier 76 Chris Metzen
Sumber: Sons of the Storm

Ya, sebelum rilisnya Overwatch sudah ada “komik” berjudul Soldier: 76, lengkap dengan desain karakter yang sangat mirip dengan karakter Overwatch tersebut. Blizzard plagiat, dong? Oh justru nggak, jangan salah.

Ide komik ini berasal dari Chris Metzen, mantan Wakil Presiden Senior Pengembangan Cerita dan Waralaba dari Blizzard Entertainment yang mengundurkan diri pada September 2016 kemarin. Dia sempat mengerjakan proyek ini bersama dengan ilustrator asal Brazil, Max Velati, namun akhirnya dibatalkan.

Soldier 76 Chris Metzen

Konsep Soldier 76 sendiri sudah dirancang oleh Metzen setidaknya sejak awal 2000an, dan menceritakan tentang seorang prajurit Amerika yang hilang ingatan setelah selamat dari percobaan pembunuhan. Dianggap tewas oleh pemerintah Amerika, dia bertualang di daerah Amerika Utara selama bertahun-tahun. Dan saat kembali ke Amerika Serikat, dia menemukan negaranya tengah berada dalam perang saudara. Angka dalam nama “Soldier: 76” pun diduga diambil dari tahun 1776, tahun dimana Amerika Serikat berhasil merdeka dari kekuasaan Inggris.

Metzen pun mengajukan konsep Soldier: 76 saat Blizzard mengerjakan Overwatch. Seperti yang kita ketahui dari latar belakang Soldier 76, Blizzard nampaknya mengambil konsep dasar mengenai pengkhianatan dan hancurnya institusi pemerintah, kemudian dibuat ulang agar konflik yang dihadapinya terasa lebih global. Secara desain juga terlihat tidak banyak yang dirombak.

2

Captain America

Soldier 76 Jack Morrison

Kalau bicara soal konsep super-soldier, saya rasa tidak salah bila mengatakan sebagian besar dari kisah komik yang ada terinspirasi oleh Captain America. Tidak terkecuali dengan Soldier 76 alias Jack Morrison.

Saat bergabung dengan US Army, Jack Morrison mengikuti suatu percobaan bernama “Soldier Enhancement Program” yang membuatnya menjadi jauh lebih kuat dan menua lebih lama dibanding manusia biasa (serta bertemu dengan Gabriel Reyes, alias Reaper). Begitu pula dengan kasus Steve Rogers sebelum dikenal sebagai Captain America, dia hanyalah manusia normal (yang bahkan bertubuh ceking) yang kemudian berubah karena “Super Soldier Serum.”

3

The Punisher

Soldier 76 Punisher

Tapi di sisi lain, setelah Overwatch hancur karena konflik internal dan eksternal, karakter Jack Morrison pun jadi lebih mirip seperti Frank Castle alias The Punisher. Dengan mengambil “wujud” baru setelah kehilangan semuanya — Jack kehilangan rekan dan hidupnya sebagai penegak hukum, Frank kehilangan keluarganya — mereka berdua pun memutuskan untuk menangani masalah yang mereka hadapi dengan caranya sendiri.

Kedua karakter ini pun menangani masalah dengan cara yang ekstrim: Sang tokoh komik Marvel mengejar dan membantai semua orang yang berhubungan dengan organisasi kriminal, sementara tokoh game Overwatch mengejar semua pihak yang terlibat dengan kehancuran organisasi Overwatch sampai rela mencuri perlengkapan canggih yang dia gunakan dari berbagai fasilitas di seluruh dunia.

4

Batman

Soldier 76 Batman

Namun Jack tidak sesadis dan seterang-terangan Frank. Pada beberapa sisi, Soldier 76 juga mirip dengan Batman, salah satunya adalah dengan menjaga identitas aslinya tetap rahasia dengan topeng kerennya yang menyala dalam gelap. Dia juga tidak serta-merta membunuh lawannya dan lebih memilih menghajar mereka dengan tangan kosong seperti yang terlihat di trailer “Hero,” sampai akhirnya para anggota geng mengeluarkan senjata berat.

Motivasi Jack juga tidak sepenuhnya didorong oleh pembalasan dendam. Dia memang masih dendam atas hancurnya Overwatch, namun dia 50 persen motivasinya juga didukung oleh keinginannya untuk mengungkap kebenaran di balik konspirasi yang terjadi, mengadili para penjahat dengan cara yang benar. Sama seperti Batman yang melumpuhkan lawan-lawannya dan mengirim mereka ke pihak yang berwenang.

Selain Batman, Soldier 76 juga punya sedikit hubungan dengan tokoh DC Comics lainnya, yaitu Sgt. Rock. Pengisi suara Soldier 76 adalah Fred Tatasciore, yang juga mengisi suara Rock di serial kartun Batman: The Brave and The Bold. Mereka berdua juga veteran tentara Amerika.

Activision Siap Garap Film Overwatch! Benarkah?

Activision dikabarkan siap menggarap film Overwatch! Siapa ya yang paling cocok jadi karakter utama di film Overwatch dan siapa yang cocok memerankannya?
Baca Juga

Begitulah kira-kira, kisah-kisah komik yang menginspirasi karakter Soldier: 76 di balik layar. Ide komik pertama sudah tidak bisa dipungkiri merupakan landasan dasar tokoh tersebut, tapi bagaimana dengan tokoh Marvel dan DC tersebut? Apakah menurutmu benar kalau Soldier: 76 memiliki karakter yang sama dengan mereka? Atau bahkan ada karakter lain yang lebih mirip? Sampaikan opinimu di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleIndonesia Bakal Punya Film Mirip Home Alone Berjudul Rafathar!
Next article4 Keseruan dari Helatan World of Gaming: Grand Finale 2016
Jadi penulis karena nggak bisa koding.