Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

nilai bounty one piece

Sebenarnya apa yang menentukan nilai bounty One Piece? Kenapa Chopper dihargai 100 Belly sementara Luffy 500 juta? Inilah jawabannya!

Bounty One Piece adalah nominal uang yang siap dibayar Pemerintah Dunia atau Angkatan Laut saat seorang buronan tertangkap atau mati. Fungsi utamanya tentu saja adalah untuk membuat pemburu bayaran dan rakyat jelata di seluruh belahan dunia terdorong untuk membantu pihak berwajib memburu nama-nama di poster.

Adapun faktor-faktor yang menentukan nilai bayaran sebuah bounty adalah….

1

Ancaman Kepada Pemerintah Dunia

nico-robin-jpeg

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Sebagai salah satu bajak laut terkenal di dunia One Piece ada beberapa alasan yang menegaskan Luffy layak menjadi Yonko. Apa saja?
Baca Juga

Faktor utama yang menentukan nilai bounty One Piece adalah tingkat ancaman sang buronan terhadap Pemerintah Dunia. Orang seperti Luffy yang sempat mengalahkan seorang Shichibukai, menyerbu Ennies Lobby, dan melawan Angkatan Laut di Marineford seperti Luffy jelas akan diganjar dengan nilai buruan tinggi.

Tapi jangan kira hanya tindakan kriminal terang-terangan seperti itu saja yang membuat wajahmu dilabeli harga buruan. Nico Robin kecil memperoleh angka bounty yang sangat besar sejak sebelum ia bergabung dengan kelompok Bajak Laut apapun hanya karena dia berasal dari Ohara.

Bahkan sebenarnya ketahuan meneliti Void Century – atau punya hubungan signifikan dengan peneliti Void Century – akan membuatmu diincar lebih parah dari “sekedar” kejahatan biasa. Kapten Kuro dihargai 16 juta Belly meski dia adalah seorang perompak yang tak segan membunuh. Don Krieg dihargai 17 juta Belly meski pasukannya adalah salah satu armada terbesar, terlicik, dan bersenjata paling lengkap di East Blue.

Bandingkan angka itu dengan nilai buruan Robin kecil.

2

Tindak Kejahatan

Eustass-Kapten-Kid

Faktor lain yang akan mempengaruhi angka bounty One Piece tentunya adalah tindak kejahatan. Dengan hadiah 315 juta Belly, Eustass Kid adalah Supernova termahal saat pertemuan pertama di Pulau Sabaody. Padahal dari segi “prestasi” dan ancaman ke pemerintah dunia, dia kalah dari Luffy yang selamat dari Buster Call, menghancurkan CP9, dan mengalahkan dua Shichibukai.

Penyebab angka Kid bisa begitu tinggi adalah tendensinya untuk membunuh. Semua musuh Luffy masih bernyawa setelah melawan dia. Dari informasi yang beredar, dan dari yang dilakukan Kid saat ia mencapai New World, Supernova yang satu ini tak mengenal ampun. Tak terlalu mengherankan kalau nanti terungkap sebelum sampai ke Sabaody ia telah membunuh beberapa Angkatan Laut.

Kalau saja Luffy benar-benar melakukan kejahatan lain, seperti melakukan pembunuhan besar-besaran, angkanya bisa melampaui Kidd sejak Sabaody.

Tidak semua bajak laut suka memperoleh perhatian Angkatan Laut dan pemburu bayaran. Bajak laut pintar seperti Arlong lebih memilih menutup-nutupi kejahatannya, seperti dengan menyuap Kapten Nezumi. Tindakan seperti itu membuat angka Arlong “hanya” 20 juta Belly. Padahal dari sisi kekuatan dan tindak kejahatan, ia bisa lebih mahal lagi.


 

Faktor apa lagi yang bisa mempengaruhi nilai bounty One Piece? Kamu bisa membacanya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleInilah 5 Hero Dota 2 yang Paling Cocok Buat Para Pemula!
Next articlePokemon GO Bocor! Ini Perkiraan Munculnya Ditto dan 100 Pokemon Generation II

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.