Selain Munculnya Vegito, Ini Fakta Menarik dari Dragon Ball Super 66

Identitas Black Goku

Zamas Tewas, Jadi Apa Gunanya Tombol Zeno?

Black dan Zamasu memang sangat kuat, dan tidak seharusnya bisa dikalahkan dengan sekali tebasan pedang. Jadi apakah Zamasu sudah mati, atau masih hidup? Jadi buat apa ada Mafuba, Rice Cooker, dan tombolnya King of Everything?
Baca Juga

Dragon Ball Super makin memanas, bahkan di Jepang arc Zamasu berhasil menggeser kepopuleran One Piece. Episode 60 yang tayang awal Oktober lalu seakan menjadi titik kulminasi arc terbaru serial anime ini (penjelasannya ada di sini). Identitas Goku Black yang selama ini menjadi pertanyaan besar di tengah komunitas akhirnya terjawab. Goku Black tidak lain adalah Zamasu.

Resmi dari Akira Toriyama, Ini Penjelasan Ilmiah Urutan Waktu Dragon Ball Super

Sebelum nonton Dragon Ball Super episode 64, baca dulu penjelasan resmi timeline-nya berikut ini, biar tidak gagal paham dengan adanya hingga lima timeline dalam keseluruhan cerita Dragon Ball...
Baca Juga

Meskipun momen pengungkapan tersebut melahirkan plot twist baru yang pasti butuh waktu untuk menjelaskannya kepada kita secara logis, namun pihak studio animenya Toei Animation, akhirnya juga memberi kita diagram yang menjelaskan secara singkat timeline Dragon Ball Super ini, khususnya dalam menyinggung Goku/Vegeta dan juga FT, Goku Black, serta adanya beberapa Zamasu yang eksis.

Dragon Ball Super Episode 66

Link alternatif untuk streaming Dragon Ball Super 66 Subtitle:

Selanjutnya kita juga disuguhi kejutan lainnya, yang sebenarnya sudah diprediksi sejak awal kemunculan Zamasu (karena dia memiliki anting Potara), yaitu munculnya Merged Zamasu, hasil fusion antara Black dan Zamasu tersebut kini menjadi pusat dari seri anime Dragon Ball Super terbaru, selain juga karena kemunculan Vegito dalam Dragon Ball Super 66 yang tayang kemarin 13 November 2016. Beberapa fakta yang muncul selama episode 66 juga sesuai dengan apa yang sudah kami prediksikan sebelumnya. Berikut diantaranya:

6 Misteri Dragon Ball Super 65! Dari Kekuatan Fusion Zamasu sampai Hadirnya Blue Vegitto

Siapa nama yang cocok untuk fusion Zamasu dan Black? ZamaBlack, ZamaKu, ZamOku, ZamAck, KuZama, BlackaZam, BlackaZu, GoMasu, atau Black Zamasu? Siapa Super Saiyan White? Benarkah fusion ini hanya bisa dikalahkan dengan Mafuba?
Baca Juga

Zamasu Kehilangan Keabadiannya

Dragon Ball Super Episode 66 yang berjudul “The Climactic Battle! The Miraculous Power Of A Relentless Warrior!” menyajikan pertarunga yang epik. Di sini kita bisa melihat bagaimana Kamehameha Goku mampu memberi kerusakan yang besar kepada Merged Zamasu, bahkan melampui kekuatan serangan Merged Zamasu.

dragon-ball-super-66-9

Akibat serangan tersebut, Merged Zamasu terluka. Saat itulah Gowasu menyadarinya, sepertinya Merged Zamasu kehilangan keabadiannya karena dia mengunci Goku Black yang tubuhnya tidak abadi, di dalam tubuh Zamasu. Dan saat gabungan keduanya tidak stabil, maka terlihat separuh tubuhnya (Goku Black) terluka selama bertarung dengan Goku, dan tidak bisa pulih (membuat wajahnya terlihat mengerikan).

Dragon Ball Super 66

Prediksi kami sebelumnya:

Dan mengenai keabadian, seharusnya sifat abadinya bakal hilang, karena keabadian itu hanya diberikan kepada Zamasu, bukan hasil fusion-nya dengan seseorang yang tidak abadi. Ini bisa memberi plot twist baru, lantas kenapa Goku susah-susah belajar Mafuba, ya!? Bisa jadi juga, masih tetap abadi, dan para jagoan kita tetap harus fusion juga untuk melawannya, melemahkannya, sampai akhirnya, sekaligus mengunci keduanya di dalam “penanak nasi” menggunakan Mafuba! Ya, Trunks gak akan repot-repot mencari lem ajaib untuk mereparasi rice cooker-nya yang hancur karena Black jika Mafuba tidak diperlukan lagi.

dragon-ball-super-66-3

Goku dan Vegeta Melakukan Fusion

Pada titik inilah Goku langsung menyuarakan ide bergabung dengan Vegeta agar mereka bisa menandingi kekuatan Merged Zamasu, mengingat mereka saat ini memiliki harapan baru (ternyata Merged Zamasu tidak abadi). Vegeta sempat ragu, namun kemudian setuju (dengan terpaksa). Dia memakan kacang Senzu, dan mengenakan anting Potara.

dragon-ball-super-66-6

Menambahkan keyakinan Vegeta, Gowasu mengatakan jika fusion Potara hanya bertahan hingga satu jam saja mengingat yang menggunakannya bukan Kai (karena ini juga, Vegito bisa kembali terpisah selama Buu Saga). Walau kenyataannya, biar bertambah seru juga sih, hanya bertahan 30 menit saja Fusionya, karena Potara tidak mampu menampung besarnya kekuatan fusion Goku dan Vegeta. Kenapa si tua Gowasu tidak menyebutkan syarat dan ketentuan berlaku tersebut ya dari awal, agar Goku dan Vegeta tidak buang-buang kekuatan mereka.

Super Trunks Hebat, Goku Black Dihajar Habis-Habisan! Ternyata “Zamasu” Ini Lemah Ya!

Video terbaru memperlihatkan Super Trunks mampu menghajar Goku Black habis-habisan tanpa ampun... Bahkan dia gak sanggup membalas semua serangan Super Trunks! Ternyata Goku yang dikendalikan Zamasu ini lemah ya...
Baca Juga

Prediksi kami sebelumnya:

Dan apakah Goku dan Vegeta bakal fusion juga (SSB Vegitu, please!), seharusnya mereka melakukannya. Atau, jika mengacu pada Super Dragon Ball Heroes, Trunks dan Vegeta yang melakukannya, mengingat masa depan sangat penting bagi Trunks, dan Vegeta, sebagai ayahnya. Petunjuk lain duo Saiyan tersebut bakal fusion adalah munculnya Supreme Kai Universe 10 dan 7, Gowasu dan Kaioshin dalam episode 63 kemarin. Dia ingin menghentikan kegilaan muridnya tersebut, namun tampaknya, gagal! Dan kedua Supreme Kai tersebut tetap tinggal di sana untuk sebuah alasan, meminjamkan anting Potara mereka kepada Goku dan Vegeta, atau, alternatif lainnya, Trunks dan Vegeta.

dragon-ball-super-66-7

Bangkitkan Kekuatan Future Trunks

Menyadari Vegito kembali terpisah, Zamasu pun menyerang mereka, dan berusaha segera menghabisinya. Namun Trunks segera masuk mencegah, menahan Ki-Blade Merged Zamasu menggunakan pedangnya (yang baru saja diperbaiki dan dikembalikan bersama Bulma, Haru dan Maki), atau lebih tepatnya, gagang pedangnya yang membentuk Ki-Blade seperti milik Zamasu. Ya, tidak dijelaskan juga sih bagaimana Future Trunks bisa menciptakan teknik yang sama seperti Zamasu.

Merged Zamasu kemudian justru memanas-manasi Future Trunks, menyebutnya lemah, tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, dan tidak ada lagi yang bisa diharapkan karena dia sudah pergi ke masa depan dan masa lalu. Future Trunks menanggapinya dengan berkata bahka dia bertarung untuk bertahan hidup, dan itulah makna hidup menjadi manusia.

dragon-ball-super-66-2 dragon-ball-super-66-1

Kemudian tanpa terduga, semua manusia dan makhluk hidup yang tersisa, menyumbangkan Ki mereka kepada Future Trunks, termasuk Goku dan Vegeta, menciptakan Genki Dama / Spirit Bomb. Dengan semua kekuatan tersebut, Future Trunks menyerap tenaganya, dan wujud Super Saiyannya terlihat berbeda dari biasanya. Dan dia menyalurkan kekuatan Genki Dama tersebut ke dalam pedangnya yang membesar, sehingga mampu memotong Zamasu menjadi dua. Ya, semudah itu dia dikalahkan…

dragon-ball-super-66-8

Prediksi kami sebelumnya:

Selain itu teori lainnya yang berkembang, mengingat yang ke masa depan bukan hanya Goku dan Vegeta, namun juga Bulma, di masa depan dia akan tewas karena Zamasu atau Goku Black, dan hal itu akan memicu bangkitkan wujud Super Saiyan baru Future Trunks. Trunks sendiri bisa dianggap sebagai karakter separuh Saiyan dan separuh manusia terkuat di tengah dunia Dragon Ball . Dan pasti akan sangat menarik saat mengetahui kekuatannya bisa bangkit di sini.

dragon-ball-future-trunks-2

Well, untuk yang satu ini memang sedikit meleset. Namun tetap yang lebih pantas berperan memperbaiki masa depan tidak lain adalah Future Trunks itu sendiri. Bukan suatu hal yang mengagetkan, mengingat dalam game Dragon Ball XenoVerse 2 yang juga mengangkat tema timeline alternatif, Future Trunks menjadi Time Patrol yang berperan besar memperbaiki sejarah Dragon Ball. Dan juga dalam game Super Dragon Ball Heroes, Future Trunks juga yang diperlihatkan bergabung / Fusion Potara dengan Vegeta dalam menjaga dunia Dragon Ball yang mengalami kekacauan waktu. 


SHARE
Previous articleBoard Game Karya Anak Bangsa Siap Kenalkan Budaya Indonesia di G-Star 2016 Korea!
Next articleUniversitas Asal Hongkong Ini Jadi Juara LICC 2016!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.