10 Lagu Anime 90an yang Telah Terbukti Legendaris

10 lagu anime 90an ini telah terbukti legendaris. Bahkan sampai sekarang pun lagunya masih saja disambut positif oleh pendengar. Apa saja?

10 Lagu Anime 90an yang Telah Terbukti Legendaris

10 Lagu Anime 90an yang Telah Terbukti Legendaris

10 lagu anime 90an ini telah terbukti legendaris. Bahkan sampai sekarang pun lagunya masih saja disambut positif oleh pendengar. Apa saja?

[page_break no="1" title="Cruel Angel Thesis - Neon Genesis Evangelion"]

[read_more id="278613"]

Soal lagu anime 90an sih, judul yang satu ini sudah pilihan ultimate. Fan anime dari yang angkatan 80an hingga 2000 minimal sudah pernah mendengarnya. Kalau ada DJ dari luar datang ke acara AFA untuk menyajikan kompilasi lagu, maka ini adalah pilihan teraman yang bisa dipilih. Hampir semua hadirin yang mendengar pasti sudah tahu dan akan heboh sendiri.

Itu adalah salah satu risiko dari menjadi pembuka seluruh episode Neon Genesis Evangelion - anime kontroversial yang masih menjaring fan hingga saat ini. Bahkan penjualan merchandise-nya saja masih kuat.

[page_break no="2" title="Moonlight Densetsu - Sailor Moon"]

Ada tiga judul anime 90an yang rasanya pasti diketahui generasi Indonesia itu: Doraemon untuk anak kecil, Saint Seiya untuk anak laki-laki, dan Sailor Moon untuk anak perempuan. Tapi masuk ke golongan yang manapun, rasanya fan animanga minimal sudah pernah mendengar lagu Moonlight Densetsu ini. Terutama yang versi Indonesianya.

Dengan irama pembuka yang misterius dan memorable, lagu anime 90an legendaris ini bisa dikenali sejak intronya.

[page_break no="3" title="Pegasus Fantasy - Saint Seiya"]

Sebelum Dragon Ball tayang di sini, Saint Seiya sudah terlebih dahulu menjadi animasi shonen yang menjadi tontonan rutin fan animanga generasi 90an. Aksi penuh kekerasan yang disajikan cukup kontroversial untuk orang tua di era itu (dan mungkin akan lebih cepat ditegur KPI bila ditampilkan sekarang dengan minim sensor, seperti dulu) tapi serunya aksi dan mantapnya drama di kisahnya membuat judul ini tak bisa dilewatkan.

Saint Seiya dibuka oleh Pegasus Fantasy. Lagu bersemangat yang mungkin juga adalah salah satu lagu paling manly dalam sejarah anime. Tak heran kalau lagu ini masuk ke dalam daftar lagu anime 90an yang melegenda.

[page_break no="4" title="Just Communication - Gundam Wing"]

Lagu pembuka pertama dari anime Gundam Wing, yang dulu pernah tayang di Indosiar. Lagu yang dinyanyikan oleh band Two Mix ini selalu setia menyambut penonton Indonesia di pagi hari, dengan irama bersemangat yang bisa membuat penontonnya langsung segar. Terutama untuk penonton yang sudah tidak sabar menyaksikan aksi Heero Yuy dan kawan-kawan hingga bangun lebih awal.

Irama lagunya yang cocok dengan cuplikan-cuplikan pertempuran Gundam membuat musiknya memorable. Terutama karena Gundam Wing juga salah satu judul favorit fan dari seluruh franchise Gundam.

[page_break no="5" title="Yuzurenai Negai - Magic Knight Rayearth"]

Sailor Moon membuka jalan untuk beberapa anime gadis ajaib lain. Ada Wedding Peach, misalnya. Lalu ada juga Magic Knight Rayearth, karya CLAMP dengan twist yang benar-benar sulit ditebak. Terutama oleh penonton yang saat itu belum kenal tendensi penceritaan grup CLAMP.

Tamura Naomi menyanyikan Yuzurenai Negai dengan penuh penjiwaan. Tapi lagu versi Indonesianya pun cukup enak didengar.


 

Apa lagi lagu anime 90an yang sudah tergolong legendaris? Cek halaman kedua untuk melihat lima berikutnya!

[page_break no="6" title="Itoshii Hito no Tameni - Fushigi Yuugi"]

[read_more id="278896"]

Pada suatu masa, Fushigi Yuugi ditayangkan di TPI. Bukan hanya itu, pihak sensornya pun seakan tertidur waktu mengerjakan serialnya, hingga waktu penayangan pertamanya banyak adegan "berbahaya" dan bersifat dewasa yang lolos. Kalau ditayangkan ulang sekarang dengan apa adanya, KPI bisa ngamuk hanya dalam hitungan detik.

Itoshii Hito no Tameni yang digunakan sebagai pembuka anime ini adalah lagu yang menarik. Pembukaannya sangat misterius, hingga kemudian beralih menjadi lebih menghentak saat memasuki bagian pertengahan. Mungkin masih ada beberapa pembaca yang masih mengingat irama lagu anime 90an ini, meski tidak yakin dengan judul dan liriknya.

[page_break no="7" title="Seandainya Sahabatku dari Luar Angkasa - Mojacko"]

Khusus untuk lagu Mojacko ini, rasanya versi Indonesianya justru lebih dikenang ketimbang versi aslinya. Dengan vokal yang lebih enak dinikmati dari versi aslinya, namun mempertahankan iramanya yang menenangkan, lagunya benar-benar enak untuk didengarkan. Setidaknya, begitulah menurut penulis.

Kamu mungkin melupakan plot Mojacko, juga nama dari karakter-karakternya, tapi lagu anime 90an yang satu ini rasanya sulit untuk dilupakan begitu saja.

[page_break no="8" title="Kimi Ga Suki da to Sakebitai - Slam Dunk"]

Slam Dunk pertama kali tayang di Indonesia tahun 2003. Tapi di Jepang anime ini rilis tahun 1993. Jadi secara teknis ini juga termasuk sebagai salah satu anime 90an dengan lagu yang sangat, sangat berkualitas.

Dari segi irama, Kimi Ga Suki da to Sakebitai benar-benar cocok untuk digunakan sebagai pembuka anime olah raga. Iramanya menghentak sejak awal, membuatmu bersemangat. Kalau kamu butuh musik anime untuk menjadi mood booster waktu olahraga, maka lagu pembuka Slam Dunk ini jelas pilihan utama.

[page_break no="9" title="Sailing for My Dream - BT-X"]

BT-X adalah anime yang sempat menghiasi layar kaca di penghujung tahun 90an. Popularitas anime dan manganya sendiri terbayangi oleh Saint Seiya, yang juga dibuat oleh Masami Kurumada sang kreator. Namun kalau kamu mencoba menyaksikan serialnya, kamu akan menemukan kisah dengan aksi-aksi seru, karakter menarik, dan drama yang menggigit.

Sailing for My Dream yang menjadi pembuka animenya, terutama, adalah salah satu lagu anime 90an terbaik. Dari segi semangat, lagu ini cukup menandingi pembuka Saint Seiya - walau mungkin tak sampai seikonik yang itu. Versi Indonesia yang menjadi pembukanya di SCTV juga tidak kalah. Vokal penyanyinya terasa kuat dan pas.

[page_break no="10" title="Tank! - Cowboy Bebop"]

Tidak pernah tayang di Indonesia mungkin, tapi Cowboy Bebop adalah anime penting yang tidak bisa dilupakan. Pertama kali tayang tahun 1998, Cowboy Bebop dibuka dengan Tank! lagu instrumental cool yang luar biasa cocok untuk salah satu anime terkeren sepanjang masa.


 

Itulah lagu anime 90an yang paling menarik. Ada lagu-lagu yang kamu rasa pantas masuk ke daftar ini tapi belum ada? Kamu bisa menyampaikannya di komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU