15 Game PC yang Aman Dimainkan untuk Semua Umur

kumpulan game pc anak

Beberapa waktu lalu saat mengobrol santai dengan teman-teman, saya menemukan sebuah topik pembicaraan yang menarik: sulitnya mencari kumpulan game PC anak-anak.

Seorang teman saya, sebut saja namanya Kevin, adalah gamer dengan kisah sukses. Sudah hidup mapan di usia 28, memiliki keluarga bahagia serta dikarunia dua anak laki-laki yang lucu, dan yang paling penting — memiliki rig PC kelas dewa plus ratusan judul game dalam akun Steam-nya.

Tapi suatu ketika, saat teman-teman anaknya sedang berkunjung di rumah, dia kesulitan mencarikan game yang cocok dimainkan oleh anak-anak yang belum beranjak remaja di akun Steam-nya. Dari situ Kevin pun merasa dewasa ini game-game yang populer dan biasanya dibahas adalah game shooter atau action yang sarat unsur kekerasan dengan kontrol yang kompleks. Tidak mengherankan memang kalau kita mengasumsikan sekarang industri mengejar konsumen yang berada pada usia 18 sampai 30 tahunan.

Hilang sudah masa-masa pulang sekolah duduk anteng di depan TV main Crash Bandicoot atau Spyro. Bahkan di zaman PS2 pun game-game petualangan penuh warna masih bisa hidup bebas, seperti Ratchet and Clank, Sly Cooper, Jak and Daxter 1. Di Xbox juga ada Blinx, dan apalagi kalau kita bicara soal Dreamcast dengan Sonic dan Nintendo dengan Mario-nya.

Oleh karena itu, kali ini saya berusaha mengumpulkan beberapa game yang cocok dimainkan oleh semua umur. Walau memiliki tingkat kekerasan seminimum mungkin serta grafis yang lucu dan warna-warni, namun kumpulan game PC anak yang saya pilih juga akan bisa dinikmati oleh orang-orang dewasa. Marilah kita lihat daftarnya.

1

Rayman Origins dan Legends

Judul terbaru dari tokoh tanpa lengan milik Ubisoft ini sangatlah tepat untuk dipakai sebagai pembuka kumpulan game PC anak-anak. Game platformer penuh warna ini tidak hanya sangat menarik untuk dilihat, presentasi luar biasanya juga didukung oleh musik latar yang sangat catchy dan kontrol yang sederhana. Dengan fitur co-op empat pemain, pastinya ini jadi game yang ditunggu-tunggu oleh si adik dan teman-temannya.

Download: Steam – Rayman Origins (Rp104.000) / Rayman Legends (Rp210.000)

2

Toybox Turbo

Kalau mencari game balapan yang tidak begitu serius tapi tetap seru, ada dua pilihan yang bisa kamu dapat dari Steam: Toybox Turbo dan Sonic & All-Stars Racing Transformed.

Untuk pilihan pertama ini, kamu bakal diajak balapan sebagai mobil-mobil mainan mini di trek yang berupa bagian sebuah rumah, seperti dapur dan meja belajar. Dilengkapi dengan 35 macam kendaraan dan puluhan power-up, game balap ini bakal membuat kalian betah di depan layar selama berjam-jam.

Download: Steam (Rp115.000)

3

Sonic & All-Stars Racing Transformed

Pilihan game balap kedua jatuh pada Sonic & All-Stars Racing Transformed. Tidak hanya penuh warna dengan trek-trek dan musik asyik, tapi bagi gamer veteran juga bakal tetap merasakan tantangan selama bermain. Dengan fitur co-op-nya, kamu dan adikmu bisa tetap main bersama melawan komputer walaupun perbedaan skill kalian terlalu jauh.

Selain itu, buat kaum bapak dan kakak, kamu juga bisa bernostalgia dengan beragam karakter, map, dan referensi lain yang didasari dari game-game klasik keluaran SEGA. Seperti kehadiran Ristar sebagai pemegang bendera, misalnya.

Download: Steam (Rp135.999)/ Google Play Store (Gratis)/ iTunes (Gratis)

4

Sonic Generations

Sudah game balapnya, tapi tetap nggak lengkap dong kalau membahas Sonic tanpa membicarakan game platformer-nya. Sonic Generations adalah game Sonic terbaik untuk membawa masuk si adik ke dunia game karena grafis 3Dnya yang menawan serta kontrolnya yang mulus dan responsif. Kamu yang mengawasi si kecil pun bisa sambil mengenang masa lalu Sonic saat melihat level-level milik Classic Sonic.

Download: Steam (Rp135.999)

10 Game PC Ringan yang Bisa Didapat Gratis di Steam!

Mencari game PC ringan untuk mengisi notebook atau netbook yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi? Ini 10 game yang bisa kamu dapat di Steam GRATIS!
Baca Juga

Yuk lihat, ada kumpulan game PC anak-anak apa lagi di halaman 2…