Ini Daftar Negara dengan 4G Tercepat, Indonesia Masuk Urutan Berapa?

kecepatan-4g-indonesia-2

Fitur akses internet menggunakan koneksi 4G LTE akhir-akhir ini menjadi salah satu syarat pengguna smartphone menentukan produk yang akan mereka beli. Salah satu faktor adalah kecepatan aksesnya yang tinggi. Walaupun di Indonesia sendiri belum semua operator mengadopsi teknologi ini secara merata, namun kecepatan aksesnya memang sudah dirasakan sangat tinggi, bahkan dari banyak pengujian kecepata unduhnya bisa melampui 20Mbps. Bagaimana jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya>

Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia memang masih tertinggal cukup jauh, namun menurut data terbaru dari OpenSignal, ada peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Minggu lalu OpenSignal kembali merilis data terbaru layanan 4G di dunia dalam laporan The State LTE sampai bulan November 2016. Lapotan ini berisi data daftar negara dengan kecepatan unduh melalui koneksi 4G tertinggi dan kestabilan koneksi jaringan 4G.

Kemudian membandingkannya dengan laporan mereka tahun lalu, dan juga awal tahun ini, secara keseluruhan kecepatan 4G kembali meningkat, dengan banyak negara yang sudah mulai mendekati kecepatan 50 Mbps. Walaupun memang infrastruktur pada setiap negara berbeda-beda, namun kecepatan 4G saat ini jelas jauh lebih kencang dibantingkan tipikal kecepatan akses broadband.

img_20161115_20200801

Jika diambil rata-ratanya, kecepatan 4G global sekitar 17.4 Mbps, dan banyak negara, termasuk beberapa operator Indonesia sudah berhasil melalui kecepatan 20 Mbps (namun rata-rata kecepatannya sekitar 8Mbps saja melalui data di bawah). Kecepatan tersebut meningkat dari rata-rata kecepatan global 12.6Mbps pada tahun lalu, atau, sekitar 5Mbps khusus di Indonesia saja untuk periode tahun yang sama.

Bahkan dibandingkan dengan negara berkembang terdekat, seperti Filipina dan India, kecepatan 4G di Indonesia masih lebih tinggi lho, dengan India yang hanya mencapai kecepatan rata-rata 6.4Mbps saja, dan Filipina yang mencapai 7.27Mbps. Bahkan untuk penilaian jangkauan 4G, operator Indonesia boleh bangga karena ternyata data OpenSignal menunjukkan jika di negara kita cakupannya sudah cukup luas, lebih luas jika dibandingkan banyak negara maju, seperti Inggris Raya, Italia, dan juga Perancis.

Untuk peringkat kecepatan 4G tercepat, posisi teratas masih sama seperti tahun lalu, diduduki oleh Singapura, yang memimpin dengan kecepatan unduh 4G tertinggi dengan rata-rata sebesar 45,86 Mbps pada periode Juli-September 2016. Sedangkan di urutan kedua ada Korea Selatan, dengan kecepatan internet rata-rata 45,77 Mbps. Bagaimana dengan Indonesia? Kita harus puas dengan posisi ke-74 dengan kecepatan rata-rata unduhan 8,79 Mbps.

5 Negara dengan Internet 4G Tercepat

  1. Singapore, 45.9 Mbps
  2. South Korea, 45.8 Mbps
  3. Hungary, 40.6 Mbps
  4. Romania, 35.6 Mbps
  5. New Zealand, 34.9 Mbps

Negara di posisi paling buncit adalah Kosta Rika, yang kecepatan rata-rata unduh 4G-nya hanya 5,82 Mbps saja. Namun menurut OpenSignal, secara keseluruhan total rata-rata kecepatan 4G di dunia sebenarnya sudah menembus angka 50Mbps. Melalui laporannya, metode yang dipakai OpenSignal dalam mengukur kecepatan 4G adalah berdasarkan seberapa banyak spektrum yang digunakan operator dan teknologi 4G yang digunakan.

Jika umumnya teknologi yang dipakai bermacam, seperti 2G dengan GSM, CDMA 1X, sedangkan 3G termasuk UMTS, HSPA dan CDMA EV-DO, dan kini yang terbaru, 4G. Untuk data OpenSignal ini, pengukuran yang dipakai murni LTE Advanced. Umumnya, operator yang mengadopsi LTE Advanced cenderung menghasilkan kecepatan 4G yang lebih tinggi.

Sumber: OpenSignal

SHARE
Previous article15 Game PC yang Aman Dimainkan untuk Semua Umur
Next articleBedah Trailer Beauty and the Beast – Versi Baru Kisah Romantis Disney
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.