Detail Z-Move, Serangan Terkuat Pokemon Ini Bisa Buat Tanganmu “Bergetar”

Secret Evolution

Kurang tiga hari saja sebelum Nintendo dan The Pokemon Company merilis Pokemon Sun dan Pokemon Moon, namun game ini sudah mendapat penerimaan yang sangat baik, apalagi pasca akses demo playable yang dirilis 18 Oktober 2016 lalu. Demonya itu saja sudah diunduh hingga 3.5 juta kali, dan otomatis menjadikannya game Pokemon terlaris dalam sejarah, bahkan sebelum resmi dijual.

Detail Baru Ultra Beast, Monster yang Lebih Menakutkan dari Legendary Pokemon

Jika tiga Ultra Beast sebelumnya mewakili karakter dalam game, siapakah yang nantinya menjadi wujud "manusia" dari dua monster mengerikan ini?
Baca Juga

Kemarin The Pokemon Company juga merilis informasi baru, video dan screenshot Pokemon Sun dan Pokemon Moon, yang mengenalkan varian Alola dari Diglett dan Dugtrio, dua Ultra Beast baru, hingga gerakan Z-Move eksklusif dari starter Pokemon. Setelah duet Diglett dan Dugtrio yang diulas dalam artikel sebelumnya, kemudian detail baru untuk Rockruff dan juga apa yang bisa kalian dapatkan dari demonya yang sudah dirilis sejak bulan lalu, serta dua Ultra Beast baru yang melengkapi jajaran monster yang eksis mulai Pokemon Sun dan Pokemon Moon ini, maka kini kita masuk ke pembahasan mengenai Z-Move, jenis serangan baru Pokemon yang juga baru mulai diperkenalkan pada era Generation VII.

Exclusive Starter Pokémon Z-Moves and More Ultra Beast Coming to Pokémon Sun and Pokémon Moon!

Z-Move merupakan mekanis gameplay baru yang dikenalkan mulai Pokemon era Generation VII, dan juga terwujud dalam game pertama kali melalui Pokemon Sun dan Pokemon Moon. Z-Move sangat kuat, dan semua Pokemon bisa mengaksesnya. Karena kekuatannya besar, Z-Move hanya bisa digunakan sekali saja selama pertarungan. Selain itu, seberapa besar kekuatannya sepertinya juga bergantung pada gerakan aslinya yang menjadi basis Z-Move ini.

Ini Keunikan Enam Pokemon Baru! Ada yang Jualan “Jamu Kuat,” Sampai Doyan Bertarung!

Pokemon baru ini bisa memproduksi suplemen kesehatan yang memberi efek relaksasi, untuk menghilangkan rasa capek. Kok jadi mirip jamu tradisional saja ya!? Coba tebak, siapa nama Pokemon ini, dan dia masuk tipe apa?
Baca Juga

Z-Move bisa diaktifkan menggunakan item spesial yang disebut Z-Crystal (untuk Pokemonnya, dan juga kristal yang sama ada pada lengan trainer) dan Z-Ring (dikenakan pada lengan trainer). Karena keduanya digunakan bersama-sama, sangat penting antara trainer dan Pokemon mereka bisa sinergi. Ash Ketchum juga diceritakan mendapatkan Z-Move ini dalam versi anime Pokemon Sun dan Pokemon Moon.

Pokemon baru
Snorlax Exclusive Z-Move: Pulverizing Pancake

Ada dua kondisi yang dibutuhkan untuk melancarkan Z-Move: Pokemon harus mempelajari dulu gerakan yang sama tipenya dengan Z-Crystal, dan dia juga harus memiliki Z-Crystal yang bersangkutan. Serangan Z-Move akan diperlihatkan dengan efek yang memukau, berkilauan, dan hampir menutupi seluruh layar gerakannya.

Bahkan untuk memberi kesan realistis, Nintendo bekerjasama dengan Tomy International memprpoduksi aksesoris Z-Ring beneran, yang dijual bersamaan dengan perilisan Pokemon Sun dan Pokemon Moon. Ketika Z-Ring ini kalian kenakan sambil melancarkan Z-Move dalam game, maka Z-Ring nyata ini bakal menyala lampunya, bergetar, memberi kesan kalian sebagai trainer merasakan langsung efek serangannya.

Pokemon-Sun-Pokemon-Moon-20

Tanpa Perlu Nge-Gym, Ini Cara Cepat Membuat Pokemon Terkuat Tembus Lv. 100!

Dalam Pokemon GO, kalian bakal repot ketika berhadapan dengan Gym dan Pokemon dengan CP yang besar. Namun di sini, mendapatkan Pokemon terkuat hanya sebatas mengumpulkan tutup botol saja!
Baca Juga

Beberapa Z-Move juga eksklusif untuk Pokemon tertentu, seperti untuk Snorlax dan Alolan Raichu, dan juga Pikachu dan Eevee, mereka memiliki Z-Move eksklusif, serta lebih kuat dari gerakan yang sama milik Pokemon lainnya. Kemarin Nintendo memperlihatkan beberapa Z-Move lainnya yang eksklusif tersebut, dan juga informasi tambahan mengenai gerakan ini.

1

Detail Z-Move

Z-Move

Z-Moves berbasis attack move memiliki kekuatan yang lebih besar dari gerakan biasa, namun kekuatannya juga bergantung pada gerakan aslinya. Z-Move juga dikeluarkan dengan kekuatan penuh, sehingga sangat tidak mundkin bagi lawan menahannya dengan gerakan seperti Protect dan Detect—tetap akan menghasilkan damage.

1

Detail Status Z-Move

pokemon-sun-pokemon-moon-13

Ketika kalian menggunakan Z-Power berbasis pada gerakan status / debuff, maka gerakan Z-Move-nya akan mendapatkan efek tambahan. Efek ini datang dalam banyak variasi, mulai meningkatkan status Pokémon kalian, memulihkan Pokémon selanjutnya yang akan kalian gunakan dalam tim, dan banyak lagi efeknya!

Ini Tanggapan Netizen atas Kocaknya Z-Move Snorlax!

Meme Snorlax mana yang paling kamu suka?
Baca Juga

Exclusive Z-Move: Sinister Arrow Raid

pokemon-sun-pokemon-moon-23

pokemon-sun-pokemon-moon-9

Decidueye mendapatkan gerakan Z eksklusif ini, dan dia menerkam melalui udara bersama banyak anak panah ke arah target, dan mengakhirinya dengan menembakkan anak panah terakhir.

Exclusive Z-Move: Malicious Moonsault

pokemon-sun-pokemon-moon-24

pokemon-sun-pokemon-moon-8

Menyemburkan api dari sabuknya, Incineroar melompat tinggi ke udara, dan kemudian meluncur  turun ke arah targetnya!

Exclusive Z-Move: Oceanic Operetta

pokemon-sun-pokemon-moon-25pokemon-sun-pokemon-moon-7

Primarina memanipulasi balon raksasa menggunakan suaranya, sampai meledak di dekat targetnya, dan menimbulkan damage yang sangat besar.

Ini Dia Pokemon Baru yang Super Unik! Untuk Menangkapnya Sampai Perlu Begadang!

Mungkin sebangsa vampire gan, dia hanya keluar saat malam tiba... Pokemon lainnya gak kalah unik, karena begitu doyannya dengan makanan, dia bela-belain nyimpen makannya dibalik rambut tubuhnya *ups*
Baca Juga

Akhir Februari 2016 lalu, Nintendo mengkonfirmasikan Pokémon Sun dan Pokémon Moon. Sesuai tradisi serial game Pokémon, keduanya sama, dengan pembeda pada beberapa jenis monster yang bisa kalian dapatkan di dalamnya. Game Freak masih bertindak selaku developer, dengan penerbitan diserahkan pada The Pokémon Company. Game yang hadir mewakili perayaan 20 tahun franchise Pokémon ini dikonfirmasikan melalui Nintendo Direct pertengahan Mei lalu, bakal dirilis 18 November 2016 (23 November di Eropa) mendatang di Amerika Utara untuk 3DS.

Alola Region

Pokemon-Sun-Pokemon-Moon-8

Seperti yang pernah kami tuliskan sebelumnya, latar lokasi untuk Pokémon Sun dan Pokémon Moon berada di wilayah tropis Alola, yang mengingatkan kalian pada atmosfer pulau Hawaii. Di Alola, manusia dan Pokemon tinggal bersama dan mereka sangat dekat satu sama lain, dan dari segi budaya Alola juga berbeda dibandingkan region lainnya.

Beberapa art yang [terungkap juga memperlihatkan jika lokasi seperti Pokémon Centers dan Poké Marts akan berubah di sini, mungkin, menyesuaikan dengan lokasi dimana game ini berada saat ini. Yang menarik adalah ditemukannya banyak kendaraan, seperti mesin api, truk pengangkut, dan ambulan, bahkan ada pokémon yang mengendarai kendaraan tersebut lho!

Monster Pokemon Baru Ini Serem! Bahkan Gyarados Sampai Takut Melawannya!

Apakah ini sodara jauhnya Magikarp...? Kecilnya sih, imut-imut, tapi gedenya jadi amit-amit wujudnya...
Baca Juga

Visit the Alola Region!

Wilayah Alola terpusat pada empat pulau yang terkenal sangat indah, dan juga ada sebuah pulau buatan yang berada di tengahnya. Kalian bakal menemukan banyak pokémon yang belum pernah ditemui sebelumnya di Alola. Karena lingkungannya yang berada di tengah iklim tropis, maka penduduknya pun sedikit berbeda dalam Pokémon Sun dan Pokémon Moon kini. Khususnya penduduk asli Alola, mereka digambarkan memiliki kulit yang lebih gelap dibandingkan karakter.


SHARE
Previous articleInilah 5 Karakter Anime Pengguna Pedang Energi Selain Trunks
Next article5 Alasan Kenapa Kimi no Na wa Layak Disebut Film Animasi Terbaik Mengalahkan Spirited Away
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.