Waduh! Gara-Gara Vandalisme, Lambang Negara Rusia Berubah Jadi Patrick Star

Waduuh, ternyata sekarang Patrick Star menjadi "lambang" baru negara Rusia!

Waduh! Gara-Gara Vandalisme, Lambang Negara Rusia Berubah Jadi Patrick Star

Waduh! Gara-Gara Vandalisme, Lambang Negara Rusia Berubah Jadi Patrick StarMenurut kamus besar bahasa Indonesia, vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya). Vandalisme ini mungkin sudah menjadi tindakan yang tidak bisa dikontrol, sebab tangan-tangan jahil di luar sana senang membuat kerusakan.

Terlebih jika yang dirusak merupakan fasilitas umum atau benda-benda bersejarah yang ada di tempat wisata. Jadi tak mengherankan jika pemerintah pun sering turun tangan dan bahkan membuat peraturan tertulis mengenai aksi vandalisme yang belakangan ini kerap terjadi.

Namun apa jadinya jika aksi vandalisme tersebut nyatanya malah menambah unsur keindahan dari sesuatu?

Mungkin hal itu yang terjadi di Negara Rusia beberapa waktu lalu. Seperti dilansir oleh situs Bored Panda, sebuah aksi vandalisme yang cukup unik dan nyentrik terjadi di kota Voronezh, Rusia.

Aksi tersebut berupa perusakan lambang bintang Uni Soviet di sebuah gedung tinggi. Namun, bukannya terlihat rusak, lambang bintang Uni Soviet itu malah semakin menarik dan menjadi pusat perhatian orang-orang yang melintasi daerah tersebut.

Waduh! Gara-Gara Vandalisme, Lambang Negara Rusia Berubah Jadi Patrick StarPasalnya, si pelaku aksi vandalisme tersebut mengubah lambang bintang Uni Soviet itu menjadi Patrick Star dari serial kartun Spongebob Squarepants. Sontak saja, pemerintah setempat marah besar melihat prilaku tak terpuji itu.

Selain melecehkan lambang bintang Uni Soviet, pemerintah setempat membutuhkan biaya sebesar $1.000-$1.500 atau sekitar Rp13 juta hingga Rp20 juta untuk mengembalikan lambang bintang ke bentuk semula. Sedangkan untuk pelaku yang masih belum ditemukan, terancam mendapatkan hukuman tahanan selama 15 tahun.

Tidak jelas juga bagaimana pelaku bisa mengecat lambang bintang Uni Soviet yang tinggi itu. Seperti yang terlihat di foto, lambang bintang Uni Soviet itu terletak di sebuah gedung dan berada di puncak dari pilar megah. Sehingga siapa pun orang yang mengecat itu akan harus memanjat untuk bisa melukis.

[read_more id="277886"]

Meskipun aksi vandalisme ini merupakan bentuk dari pengrusakan lambang negara, namun nyatanya banyak orang yang tertarik akan aksi ini. Bahkan “lambang” Patrick Star ini sudah menjadi viral di dunia maya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU