Dari Plot Cerita sampai Tempat, Inilah 5 Fakta Kimi no Na Wa yang Harus Kamu Tahu

kimi-no-nawa-layoutKimi no Na wa adalah fenomena baru di industri animasi Jepang belakangan ini. Bagaimana engga, film garapan animator Makoto Shinkai ini sukses menghipnotis para pecinta film baik di Jepang ataupun negara luar. Lewat alur cerita yang menarik serta grafis yang memanjakan mata, tak mengherankan jika Kimi no Na wa pun berhasil menembus puncak box office Jepang selama sembilan minggu berturut-turut.

Nah selain menonton filmnya, kamu juga harus tahu nih deretan fakta Kimi no Na wa yang enggak kalah seru berikut ini.


1

Terinspirasi dari Cerita Kuno Jepang


kimi-no-na-wa-awardSiapa sangka saat membuat cerita Kimi no Na Wa, Makoto Shinkai terinspirasi dari kisah kuno Jepang. Tepatnya cerita Torikaebaya Monogatari di abad ke-12. Pada saat itu terdapat seorang anak laki-laki yang dibesarkan sebagai perempuan, dan begitupun sebaliknya.

Makoto juga menggabungkan kisah Tenkousei (1982) yang menceritakan remaja laki-laki dan perempuan saling tertukar tubuh ketika terjatuh di kuil.


2

Plot Bertukar Tubuh


kimi-no-na-wa-1Kimi no Na wa mengetengahkan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Meskipun tak disebutkan di dalam film, plot bertukar tubuh ini sebenarnya merupakan kemauan dari dua tokoh utama yang sering berfantasi dan berkeinginan hidup menjadi orang lain. Hal tersebut dijelaskan pada novelnya.


3

Menggambarkan Dilema yang Dialami Remaja Masa Kini


kimi-no-na-wa-2Fakta Kimi no Na wa selanjutnya adalah film ini benar-benar menginterpretasi tingkah remaja masa kini. Kelabilan yang ditunjukkan oleh Taki dan Mitsuha menggambarkan bagaimana anak-anak remaja dalam menemukan jati diri yang sesungguhnya.

Bukan tak mungkin, jika salah mengambil keputusan, mereka akan jatuh dalam bayang-bayang masalah di masa depan. Itu juga yang dialami oleh Taki dan Mitsuhi dalam pencarian jati diri yang digambarkan lewat tertukarnya kedua tubuh mereka ketika tertidur.


4

Setting Tempat yang Benar-Benar Ada


danau-realita

jalan-realita

Makoto Shinkai tak sembarangan dalam menciptakan tempat yang ada di film Kimi no Na wa. Pasalnya, beberapa tempat dalam film tersebut ternyata diambil dari tempat yang benar-benar ada di dunia nyata. Sebut saja seperti tanjakan yang dilalui oleh Taki atau desa Imotori tempat tinggal Mitsuha. Bahkan danaunya pun benar-benar mirip dengan apa yang ada di dunia nyata.


5

Tonggak Baru Industri Animasi Jepang


fakta kimi no na wa

Banyak yang menyebut jika kesuksesan film Kimi no Na wa bakal menggeser film masterpiece Spirited Away karya animator legendaris Hayao Miyazaki. Kesuksesan Kimi no Na wa pun terbukti lewat pendapatan yang luar biasa dan beberapa penghargaan seperti terpilih sebagai  film animasi terbaik di Sitgas Film Festival 2016. Sitgas sendiri merupakan ajang bergengsi untuk festival film yang diadakan di Spanyol.

Tak mengherankan jika banyak fans Jepang berharap jika Kimi no Na wa bisa menjadi tonggak baru industri animasi Jepang, seperti yang sudah dilakukan oleh film Spirited Away dulu.

5 Alasan Kenapa Kimi no Na wa Layak Disebut Film Animasi Terbaik Mengalahkan Spirited Away

Bukanlah hal mustahil, jika melihat deretan alasan kenapa film Kimi no Na wa merupakan film animasi terbaik yang pernah ada.
Baca Juga

Nah tentunya pengetahuan kamu semakin bertambah setelah mengetahui deretan fakta Kimi no Na wa tadi. Punya fakta lainnya? share di kolom komentar ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleWow, Trailer Film Full Metal Alchemist Live Action Telah Dirilis!
Next articleIkuti BEKRAF Game Prime 2016, Startup-mu Bisa Dapat Insentif BizSpark Senilai Hampir Rp400 Juta!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca