Bisa Jadi Alternatif, Inilah Deretan Anime yang Cukup Mirip dengan Kimi no Na wa

byousoku-5-centimeterTayang perdana di Jepang sejak 28 Agustus 2016 lalu, Kimi no Na Wa sukses menjadi fenomenal baru dalam industri animasi Jepang. Banyak juga yang berpendapat jika kesuksesan film Kimi no Na wa bakal mengulang keberhasilan film masterpiece Spirited Away karya animator legendaris Hayao Miyazaki.

Lewat alur cerita menarik serta grafis yang memanjakan mata, tak mengherankan jika Kimi no Na wa pun berhasil menembus puncak box office Jepang selama sembilan minggu berturut-turut.

Kimi no Na wa  mengetengahkan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Jika dicermati, Kimi no Na wa bukanlah film pertama yang mengangkat tema pertukaran tubuh antara tokoh satu dengan lainnya. Sebelumnya, ada beberapa film yang punya premis serupa. Kalau kamu enggak percaya, berikut ini deretan anime mirip Kimi no Na wa.


1

Byousoku 5 Centimeter


byousoku-5-cintimeterTak mengherankan jika banyak yang berpendapat jika Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeter per Second) termasuk anime mirip Kimi no Na wa. Pasalnya, Semua unsur Kimi no Na wa ada juga di Byousoku 5 Centimeter. Mulai dari genrenya, sutradara di belakangnya, sampai alur ceritanya pun cukup mirip.

Byousoku 5 Centimeter yang notabene karya Makoto Shinkai ini terbagi menjadi tiga bagian yakni Oukasho, Cosmonaut, Byousoko 5 Centimeter. Anime ini dimulai dari kisah dua orang sahabat bernama Takaki Tono dan Akari Shinohara yang bersekolah di sebuah sekolah dasar yang sama. Hubungan mereka terus berlajut sampai akhirnya Akari harus pindah ke Tochigi mengikuti ayahnya, dan Takaki pergi ke Kagoshima.

Hubungan jarak jauh Takaki dan Akari tentunya sangat mirip dengan apa yang terjadi dengan Taki dan Mitsuha di Kimi no Na wa.


2

Hoshi no Koe


hoshi-no-koeAlasan utama kenapa Hoshi no Koe dirasa pantas disebut anime mirip Kimi no Na wa karena ada nama Makoto Shinkai sebagai sutradara. Selain itu, Hoshi no Koe juga mengisahakan hubungan cinta jarak jauh antar tokohnya seperti yang terjadi di Kimi no Na wa. Gak tanggung-tanggung, hubungan jarak jauhnya antar galaksi!

Mikako, gadis cantik yang direkrut oleh armada luar angkasa AS untuk bertempur melawan alien yang disebut Tarsian. Semetara Mikako diharuskan menjelajah berbagai planet, Noburo yang merupakan kekasih Mikako terpaksa hanya bisa menetap di Bumi. Komunikasi hanya bisa dilakukan melalui email dan telepon seluler. Saking jauhnya jarak yang memisahkan mereka, untuk mengirim sebuah email saja memerlukan waktu setahun atau bahkan 8 tahun untuk sampai ke tujuan.


3

Punchline


punchlineBerbeda dengan anime mirip Kimi no Na wa yang sudah disebutkan di atas, Punchline merupaka anime bergenre komedi dan ecchi yang tayang sebanyak 12 episode.

Alasan kenapa Punchline layak disebut anime mirip Kimi no Na wa adalah plot bertukar tubuh yang terjadi pada sang tokoh utama, Yuta Iridatsu. Selain itu, aksi menjelajah waktu dan jatuhnya meteor semakin menambah unsur kemiripan dengan Kimi no Na wa.

Punchline sendiri meneceritakan perjuangan Yuta Iridatsu seorang siswa SMA untuk merebut kembali jiwa tubuhnya yang diambil oleh jiwa lain pasca insiden dengan kucing hantu.


4

Kokoro Connect


anime mirip kimi no na waDiangkat dari light novel dengan judul yang sama, Kokoro Connect menceritakan Yaegashi Taichi, Himeko Inaba, Nagase Iori, Kiriyama Yui, dan Aoki Yoshifumi yang tergabung dalam klub SMA bernama Culture Reseach Club. Semua berjalan normal sampai suatu ketika Aoki dan Yuki mengalami kejadian aneh, yaitu tubuh mereka tertukar. Ternyata fenomena ini pun menimpa teman-teman yang lainnya.

Lewat plot cerita yang cukup mirip, sudah jelas kenapa anime Kokoro Connect ada di daftar anime mirip Kimi no Na wa ini.

Dari Plot Cerita sampai Tempat, Inilah 5 Fakta Kimi no Na Wa yang Harus Kamu Tahu

Nah selain menonton filmnya di bioskop, kamu juga harus tahu nih deretan fakta Kimi no Na wa yang enggak kalah seru berikut ini.
Baca Juga

Nah jika kamu belum sempat menonton anime Kimi no Na wa, keempat anime mirip Kimi no Na wa di atas pun bisa menjadi alternatifmu.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari