Bukan Hanya Desainnya Mempesona, Huawei Mate 9 Juga Punya Dua Kamera Leica

huawei-mate-9-pro-12

Setelah bulan lalu Huawei mengumumkan Android kelas menengah Honor 6X, dan berlanjut awal November ini mereka memperkenalkan keluarga baru Huawei Mate 9, lengkap dengan varian pro dan edisi terbatas. Berlanjut minggu ini mereka meresmikan Huawei Mate 9 Pro melalui event di Cina berserta varian ekskslusif yang diproduksi terbatas, membedakan dengan varian standar, keduanya memiliki layar melengkung pada kedua sisinya, serta ada satu yang dilabeli merk fashion ternama, Porsche Design.

Honor 6X + Messi Bisa Jadi Duet Terbaik Huawei! Dual-Camera, RAM 4GB, Dijual 1 Jutaan!

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, Honor 6X bisa meruntuhkan dominasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Redmi Note 4 dan bahkan Redmi Pro di kelas Android murah 2 jutaan yang memiliki dual-camera...
Baca Juga

Versi standarnya memang lebih besar ukurannya (layar 5.9-inchi) dibandingkan Huawei Mate 9 Pro, yang memiliki dimensi layar 5.5-inchi, namun tetap lebih baik mengigat resolusinya mencapai Quad HD 2K. Sedangkan untukm Huawei Mate 9 Pro dilengkapi sensor sidik jari di bawah layar, RAM 4GB atau 6GB RAM, ROM 64GB atau 128GB untuk storage, chipset HiSilicon Kirin 960, kamera utama dengan konfigurasi dual-camera 20MP dan 12MP yang dilengkapi lensa Leica, kamera selfie 8MP, dan kapasitas baterai 4000mAh.

huawei-mate-9-pro-1

Masuk kelas premium, Huawei menawarkannya dengan banderol harga yang fantastis, seperti seri-seri Mate mereka sebelumnnya. Harga Huawei Mate 9 dan Mate 9 Pro dengan RAM 4GB RAM dan ROM 64GB sekitar Rp 9.1 jutaan. Sedangkan Huawei Mate 9 Pro dengan RAM 6GB dengan ROM 128GB bakal membuat kalian merogoh kocek lebih dalam, karena mencapai Rp10.5 jutaan. Pilihan warnanya, untuk Mate 9 ada Space Gray, Moonlight Silver, Champagne Gold, Mocha Brown, Ceramic White, dan Black. Sedangkan versi pro ada Space Gray, Moonlight Silver, Champagne Gold, dan Rose Gold.

Huawei Mate 9 Porsche Design

Sementara ini Huawei Mate 9 dan Huawei Mate 9 Pro baru tersedia di Cina, dan menyusul kemudian 15 Desember 2016 nanti mereka bakal menjual yang varian terbatas edisi Porsche, yang dibanderol dengan harga hingga Rp20 jutaan, dengan hanya perbedaan dari versi Pro pada ROM-nya yang mencapai 256 GB, pilihan warna eksklusif Graphite Black, plus ada label desain Porsche tentunya!

Huawei Mate 9 – a new era in smartphones

Seperti Xiaomi yang langsung menawarkan beberapa tipe smartphone premium akhir tahun ini memanfaatkan momen Galaxy Note 7 yang mundur dari pasaran, Huawei Mate 9 ini juga memberi kalian pilihan melalui dua tipe berbeda, atau yang eksklusif, edisi Porsche. Huawei Mate 9 sendiri berlayar 5.9-inchi, dengan resolusi Full HD. Layarnya juga datar, meskipun dilapisi kaca 2.5D untuk memberi efek sedikit melengkung pada semua sisinya.

Huawei Mate S, Android Cantik yang Bakal Merespon Setiap Sentuhan

Selain sensitif pada sentuhan jari dan persendian tangan kalian, Huawei Mate S ini juga bisa bikin foto selfie menjadi lebih cakep!
Baca Juga

Sedangkan Huawei Mate 9 Pro dan edisi Porsche, layarnya mengecil, 5.5-inchi dengan resolusi aduhai, mencapai Quad HD, 1440×2560-pixel, dan menghasilkan kerapatan pixel 534-ppi. Material layarnya pun juga AMOLED, bukan IPS seperti pada Mate 9 standar. Cukup padat, apalagi dibandingkan 373-ppi varian yang lebih besar layarnya. Dan berkat dimensi layar yang mengecil, Huawei bisa menempatkan tombol fisik Home di bawah lengkap dengan sensor sidik jari. Sementara sensor yang sama harus diposisikan pada punggung Mate 9 standar.

huawei-mate-9-pro-6

Meskipun identitas utamanya dari dimensi dan jenis layar, Huawei memilih satu mesin yang sama, yaitu chipset HiSilicon Kirin 960, yang saat ini menjadi mesin terkuat racikan Huawei sendiri. Chipset yang diproduksi dengan proses 16 nm dan konfigurasi big.LITTLE ini memiliki delapan core prosesor yang terbaik menjadi empat core Cortex-A73 (yang lebih hemat energi dibandingkan Cortex-A72) pada kecepatan 2.4GHz dan pada cluster yang berperan untuk kecepatan dan tugas yang berat, dan cluster kedua dengan empat core Cortex-A53 pada kecepatan 1.8 GHz yang berfungsi untuk efisiensi daya.

Prosesor garang tersebut juga dipadukan dengan GPU ARM Mali-G71 MP8 (ada delapan core dengan kecepatan 900MHz). Tidak bisa ditinggalkan, memory-nya juga sudah DDR4, dan untuk ROM-nya menggunakan jenis UFS2.1.

huawei-mate-9-pro-16

Huawei Band B0, Asisten Pribadi Terbaik Pengguna Android dan iOS

Asisten Pribadi Terbaik? Dengan dibayar kurang dari sejuta, dia selalu siap ingatkan kalian jika lupa beristirahat, bahkan siap sedia menemani sampai mau diajak mandi! Masih kurang apa untuk sebutan "asisten pribadi terbaik"?
Baca Juga

Selain chipset yang sama, Huawei meneruskan juga konfigurasi dual-camera seperti pada Huawei P9 dan P9 Plus, juga tetap menggandeng Leica untuk merancang dual-cameranya, namun dengan resolusi yang lebih besar. Dual-camera pada keluarga Mate 9 ini dilengkapi dengan sensor kamera monochrome 20 MP (dengan fungsi Hybrid Zoom, 2x magnification, dual-tone LED flash), untuk menemani sensor utamanya yang berwarna RGB dengan besar 12MP.

huawei-mate-9-pro-5

Ada optical image stabilizer, fokus phase-detect, fokus laser, fokus kontras dan juga fokus kedalaman ruang, untuk mendukungnya dalam menghasirkan opsi kontrol lebih lanjut seperti pada tipikal kamera profesional, dan mempermudah kalian menghasilkan foto dengan depth of field dalam, atau melakukan refocus (focus objek lain setelah pemotretan). Pada sisi depan, sensornya masih sama seperti pada Huawei P9 dan P9 Lite, ada sensor 8MP dengan bukaan lensa f/1.9.

huawei-mate-9-pro-3

Beberapa bagian spesifikasi lainnya ketiganya identik. Mulai dengan material casing metal unibody, baterai dengan kapasitas 4.000 mAh (non-removable) dengan fungsi pengisian cepat SuperCharge melalui port USB Type-C (yang juga mendukung USB OTG), pengisian cepatnya hanya membutuhkan 30 menit untuk mengisi baterai hingga 50%, sensor fingerprint, NFC, Bluetooth 4.2, port inframerah, slot dual SIM nano (ada slot micro SD hingga 256GB yang hybrid, menggunakan slot SIM 2), internet kecepatan 4G LTE yang mendukung VoLTE (Voice over LTE), serta speaker stereo yang diposisikan di bagian bawah.

Huawei Mate 9: Introducing EMUI 5.0

Juga membuatnya menarik, Huawei Mate 9 langsung menjalankan sistem Android 7.0 Nougat yang didukung dengan antarmuka EMUI 5.0. Penulis sendiri menilai antarmuka EMUI ini walaupun tidak sefleksibel MIUI misalnya (rival senegaranya) kustomisasinya, namun sangat halus dan ringan, serta tidak rakus RAM (seperti MIUI).

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleBisa Jadi Alternatif, Inilah Deretan Anime yang Cukup Mirip dengan Kimi no Na wa
Next articleHati-Hati Sakit Perut, Inilah Webtoon Paling Kocak yang Siap Mengocok Perutmu!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.