Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Banyak yang bilang harga Xiaomi Mi Mix di Indonesia keterlaluan... karena bahkan lebih mahal dari iPhone 7 Plus. Padahal kualitasnya sebanding lho dengan harganya. Bahkan, kualitasnya lebih baik dibandingkan seri termahal merk lainnya.

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Selain Mi Note 2, smartphone lainnya yang diungkapkan Xiaomi akhir Oktober 2016 lalu adalah Xiaomi Mi Mix. Android yang sejatinya berupa konsep Mi Phone, namun pada akhirnya dikomersilkan, serta langsung disambut antusias oleh para Mifans di seluruh dunia berkat desainnya yang revolusioner. Xiaomi yang bekerjasama dengan desainer terkenal dari Perancis, Philippe Starck untuk Mi Phone baru mereka ini, berhasil menempatkan layar LCD IPS yang masif berukuran 6.4-inchi, dalam sebuah tubuh yang minim bezel (bingkai di sekeliling layarnya).

[read_more id="275258"]

Klaim Xiaomi, layar tersebut berhasil menguasai keseluruhan panel depan dengan rasio hingga 91.3%. Yup, tidak ada smartphone lain di dunia ini yang mampu mencapainya. Xiaomi Mi Mix sudah dijual mulai 4 November lalu di Cina dengan harga sekitar Rp6.7 jutaan untuk varian RAM 4GB, dan Rp7.7 jutaan untuk varian Mi MIX berlapis emas 18 karat. Sudah dijual di Indonesia? Sudah! Dan tentu saja, tidak resmi, karena sejatinya Android ini eksklusif Cina saja. Berapa harga Xiaomi Mi Mix? Fantastis! Desainnya yang unik dan ketersediaannya yang sangat terbatas (saat ini dalam status sold out) membuat banyak oportunis menjualnya dengan harga tinggi, mulai Rp10 jutaan untuk varian terendah, hingga Rp15 jutaan! Penulis mendapatkan harga ini melalui banyak toko di Bukalapak dan Tokopedia.

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Harga yang menurut sebagian kalangan, cukup mahal (bahkan lebih mahal dibandingkan Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak KemahalanKemudian material keramik yang digunakan untuk mayoritas tubuh Mi Mix ini juga jelas terlihat. Ciri khas keramik, terlihat glossy seperti kaca, namun kekerasannya setara metal. Dibandingkan aluminium alloy yang banyak digunakan untuk smartphone metal Xiaomi sebelumnya, keramik dalam Mi Mix ini mampu menahan goresan sampai level 6 dan bahkan 7, atau menempatkannya setara dengan iPhone 7 dan Galaxy Note 7 / S7 edge. Material keramik tersebut juga ditemui sampai pada bagian sensor sidik jari. Bahkan kameranya juga berpelindung kaca. Ya, sampai ke bagian tombolnya juga berbahan keramik. Hanya lampu kilat LED-nya saja yang menggunakan lapisan plastik.

[read_more id="266967"]

Temuan ini jelas makin makin menambah nilai Mi Mix, dan tidak seperti Android mereka sebelumnya, Mi Mix pun tidak mudah dibengkokkan (bagian belakangnya memang sedikit terbuka, namun bisa dikembalikan dengan mudah), dan layarnya juga tahan pada api, setidaknya sampai 10 detik (lebih baik dibandingkan Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 yang hanya 8 detik saja), menyisakan efek menghitam. Namun efek burn-in tersebut tidak lama kemudian menghilang.

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan Xiaomi sebelumnya jarang ada yang selamat dari uji ekstrem ini...[/caption]

Zack Nelson dari channel Jerry Rig mengatakan, sangat penting mengenal sebuah smartphone, apalagi ketika gadget tersebut harganya sampai puluhan juta Rupiah. Dan uji daya tahan yang dilakukannnya menunjukkan satu fakta penting, jika ternyata material keramik dalam Xiaomi Mi Mix ini memang sangat kuat, sesuai klaim Xiaomi.

Lanjut ke halaman 2... untuk detail spesifikasi Xiaomi Mi Mix!

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 

  • Layar 6.4-inchi tanpa batas atau dengan bezel yang sangat minim. Menguasai 91.3% panel depannya, dan menjadi rasio layar dengan tubuh terbesar pada smartphone hingga saat ini.
  • Material full keramik, mulai dari panel belakang, framenya, dan juga tombol utamanya, dan diproduksi hingga mencapai tingkat kekerasan 8 MoHs. Casingnya unibody menyatu tanpa adanya perekat eksternal. Material keramik jelas bakal membuat sidik jari mudah melekat. Namun juga jelas, lebih kuat dari bahan kaca, atau bahkan, plastik polycarbonate seperti tipikal smartphone lainnya.

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

  • Teknologi akustik cantilever piezoelectric ceramic yang menggantikan speaker earpiece tradisional, memungkinkan kalian mendengarkan suara panggilan tanpa melalui earpiece, namun suara dihasilkan melalui frame metal di sisi atas layarnya.
  • Sensor proximity Ultrasonic tersembunyi di balik layar, dan menggantikan sensor proximity berbasis infra merah seperti pada tipikal sensor ini yang berada di atas layar
  • Aspect Ratio kustom 17:9, yang lebih lebar dibandingkan yang jamak kita kenal, 16:9 membuat layar lebih maksimal menampilkan konten, bahkan rasio tersebut juga didapatkan walaupun tombol Mi ix ini berupa tombol soft key yang terletak pada layar. Disediakan juga fitur UI Quick Ball yang dengan mudah disembunyikan untuk navigasi mudah, serta juga membuat Mi Mix ini tetap minimalis area depannya

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

  • Kamera depan yang kompak, 50% lebih kecil dibandingkan modul kamera tradisional, dan diposisikan di bawah layar, tepatnya di sisi kanan-bawah (bukan di atas layar seperti tipikal kamera selfie sebuah smartphone). Tinggal putar saja smartphone ini ketika kalian mau melakuka selfie.
  • Bagian pinggir di sisi depan juga dibuat sedikit melengkung, memberi kesan memang tidak ada bezel di sini
  • Prosesor Snapdragon 821, quad-core dengan kecepatan 2.35GHz
  • Memory 4GB LPDDR4 RAM + 128GB UFS 2.0 storage; atau 6GB + 256GB (khusus untuk varian Mi Mix yang kameranya berlapis emas 18 karat)

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

  • Baterai 4400mAh, mendukung fast charging Quick Charge 3.0
  • Ada konektivitas NFC dengan teknologi terkini: Read, write, card emulation, P2P, Mi Pay
  • Kualitas audio HD, 192kHz / 24-bit yang mendukung format lossless melalui prosesor audio khusus
  • Juga sama seperti Mi Note 2, GPS dengan sensitifitas tinggi
  • Kamera utama 16MP dengan fokus PDAF, dan juga auto-focus. Di bawahnya ada sensor sidik jari.
  • Menjalankan Android 6.0 Marshmallow yang dikustom dengan MIUI 8

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

  • Khusus Mi MIX 18k ada lapisan emas 18-karat di sekitar sensor kameranya, dan juga di sekitar sensor sidik jarinya (ini varian dengan RAM 6GB + 256GB storage)
  • Harganya sekitar Rp6.7 jutaan untukvarian RAM 4GB, dan Rp7.7 jutaan untuk varian Mi MIX 18k di negara asalnya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU