Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal!

Nggak cuma Watch Dogs lho satu-satunya game yang mengangkat dan memiliki fitur hacking. Berikut adalah beberapa judul game hacker lainnya yang tak kalah keren.

Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal!

Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal!

Tema hacker memang sangat memikat bagi kaum muda yang gemar bermain dan mengutak-atik komputer. Dan beberapa hari lalu, dahaga gamer dipuaskan melalui game bertema hacker garapan Ubisoft Watch Dogs 2.

Watch Dogs 1 memang mendapat kritikan pedas dari berbagai pihak setelah target="_blank">terbukti memiliki banyak masalah dan bug serta mendapatkan target="_blank">penurunan kualitas grafis besar-besaran dibanding trailer awal game-nya. Dan belajar dari kesalahan tersebut, Ubisoft mampu memperbaiki kerangka kerja yang sudah mereka buat sebelumnya dan dikembangkan menjadi game yang lebih menyenangkan.

[read_more id="268391"]

Fitur hacking sudah lebih dimatangkan dan lebih fleksibel. Satu benda akan bisa memiliki beberapa fungsi. Contohnya kotak sekring bisa kamu langsung ledakkan untuk menyerang, membuatnya korslet untuk mengalihkan perhatian, atau dijadikan ranjau yang baru aktif saat ada yang mendekat. Sayangnya sistem pengendalian mobil masih terasa sangat tidak memuaskan, tapi itu hanyalah isu minor dari keseluruhan paket yang ditawarkan.

Ubisoft juga tampaknya menyadari kalau tema hacker yang dibawa oleh serial ini membutuhkan jiwa yang lebih riang, sehingga Watch Dogs 2 tampak telah membuang drama dan dunia yang kelewat murung dari game pertamanya, membuat kota "San Francisco KW" menjadi penuh warna dan dibalut dengan unsur humor yang eksentrik.

Walau wajar bila kamu malah merasa janggal dengan tone game-nya kali ini. Di sini kelompok hacker Deadsec digambarkan sebagai sekumpulan orang-orang riang dengan sisi "rebel," tapi begitu memasuki misi kamu bisa dengan santainya menghabisi semua orang yang menghadang tanpa rasa bersalah. Jelas terasa ada yang tidak nyambung antara sifat karakter dan kebebasan/mekanika permainannya.

Kalau kamu memang masih belum puas, Watch Dogs bukanlah satu-satunya game yang memiliki tema dan fitur hacking di dalamnya, lho! Nah, mari kita simak daftar game Duniaku.net kali ini untuk melihat tujuh judul game hacker lain yang ada di pasaran.

[page_break no="" title="Deus Ex: Mankind Divided"]

  • Platform: PC, Xbox One, PS4

Berperan sebagai Adam Jensen, serial Deus Ex baru akan mengajakmu berpetualang di dunia futuristik fiksi ilmiah di mana teknologi sudah sangat maju dan memungkinkan orang-orang hidup sebagai cyborg -- manusia setengah mesin.

Meski dirancang sebagai RPG shooter penuh aksi, kamu bisa meningkatkan kemampuan Jensen agar dia lebih berspesialisasi pada teknik stealth serta kemampuan hacking komputer dan robot. Desain level pun juga dirancang dengan seksama oleh tim Eidos Montreal agar bisa diselesaikan tanpa kamu perlu membunuh atau menembakkan senjata sama sekali.

[page_break no="" title="Syndicate"]

  • Platform: PC, Xbox 360, PS3

Game shooter keluaran 2012 garapan Starbreeze Studios dan dirilis oleh Electronic Arts ini merupakan reboot dari serial tahun 1993 berjudul sama. Mengambil latar pada tahun 2069, kamu memerankan seorang agen sindikat raksasa Eurocorp bernama Miles Kilo. Selama ditugaskan menghabisi orang-orang dari perusahaan saingan, kamu akan menemukan rencana jahat yang dijalankan oleh EuroCorp sendiri.

Syndicate memiliki estetika cyberpunk distopia yang sangat kental, dengan bangunan-bangunan tinggi berwarna perak mengilat yang dikelilingi oleh daerah-daerah kumuh. Latar futuristik tersebut membuatmu tidak hanya bisa meretas komputer dan objek mati lain, tetapi juga pikiran musuh dan mengontrol gerakan mereka dengan chip khusus, DART-6.

[page_break no="" title="Enter the Matrix"]

Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal!

  • Platform: PC, Xbox, PS2, Gamecube

Ayo, kalau mengaku suka komputer kamu pasti akrab betul kan sama film The Matrix garapan Wachowski Bersaudara? Nah, di game hacker ini kamu akan memainkan dua karakter sampingan dari filmnya: Ghost dan Niobe, yang diperankan oleh Anthony Wong dan Jada Pinkett-Smith.

Walau Enter the Matrix memang utamanya adalah game action, tapi dunia Matrix sangatlah kental dengan nuansa komputer dan hacking. Ditambah adanya sistem hacking yang memungkinkanmu untuk membuka skill spesial, senjata, dan fitur rahasia seperti versus mode dua pemain.

[read_more id="278098"]

Yuk kita lihat ada game hacker keren apa lagi di halaman 2...

[page_break no="" title="Shadowrun: Hong Kong"]

Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal!

Mirip Syndicate, Shadowrun: Hong Kong adalah reboot dari game hacker RPG klasik yang mengambil latar masa depan penuh fantasi di mana bukan hanya sihir dan teknologi saja yang bisa hidup secara berdampingan, tetapi juga ras-ras unik macam gnome, minotaur, raksasa, bahkan naga.

Dalam serial Shadowrun umumnya karaktermu akan berperan sebagai seorang "shadowrunner," agen rahasia yang disewa oleh perusahaan, pemerintah, organisasi kejahatan, dan kaum elit untuk menangani berbagai masalah kotor -- tidak terkecuali melakukan penyusupan dan infiltrasi komputer.

Serial Shadowrun baru ini sendiri sudah memiliki beberapa judul, dengan Shadowrun Returns menjadi RPG modern pertama bertema Shadowrun yang rilis pada 2013 silam. Kemudian disusul oleh Shadowrun: Dragonfall. Sebelumnya sudah pernah ada upaya untuk menghidupkan kembali serial "sains fantasi" ini lewat game shooter cross-platform Xbox 360 dan PC, yang hanya berjudul Shadowrun, namun tidak laku di pasaran.

[page_break no="" title="Clandestine"]

  • Platform: PC

Berbeda dari empat game sebelumnya, latar yang dipakai oleh Clandestine realistis. Game yang dirancang sebagai permainan kooperatif dua orang ini mengambil waktu di tahun 1996 lima tahun setelah runtuhnya Uni Soviet, kamu bisa berperan sebagai seorang mata-mata dan temanmu menjadi hacker yang membantu suksesnya misimu, kalian akan bekerjasama untuk membongkar sebuah konspirasi yang mengejar agen-agen veteran Perang Dingin.

Sebagai karakter mata-mata, Katya Kozlova, kamu akan beraksi di daerah-daerah kunci untuk menghabisi musuh dan mencari informasi dalam mode third-person shooter seperti Splinter Cell. Sementara sebagai hacker Martin Symborski kamu bisa menyusupi sistem keamanan untuk mengakses kamera, peta lokasi, dan mencuri data dari komputer target.

[page_break no="" title="E.Y.E.: Divine Cybermancy"]

  • Platform: PC

Game hacker paling aneh yang ada dalam daftar game kali ini menurut saya. Dikembangkan oleh studio game asal Perancis Streum On Studio, kamu tidak akan mengerti apa yang harus kamu lakukan -- atau apa saja yang bisa kamu lakukan -- saat memulai permainan. Dialog bahasa Inggris yang agak amburadul dan malah jadi lucu pun makin membuat game ini sulit dipahami. Yang jelas, kamu cukup mengikuti perintah atasanmu, Commander Rimanah, serta mencari cara untuk menyelesaikan level dan misi yang sedang kamu hadapi.

Sebagai seorang "cybermancer," kamu dibekali berbagai kemampuan untuk menyelesaikan misi. Mulai dari skill menggunakan pedang, pistol, melompat tinggi, kekebalan tubuh, hingga skill hacking. Dan berbagai macam objek akan bisa kamu hack seperti pintu, musuh, robot penjaga, bahkan mesin ATM kalau butuh uang. Tapi awas, mereka bisa meretas balik seranganmu. Kalau hacking-mu gagal, maka kamu akan mengalami penurunan status dan terpampang pesan mengesalkan di layar komputermu selama beberapa saat.

Selain Watch Dogs, 7 Game Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Hacker Handal! Layarmu bakal begini kalau upaya hack-mu gagal[/caption]

[page_break no="" title="Hacknet"]

  • Platform: PC

Dari semua game barusan, kemungkinan besar Hacknet adalah satu-satunya game yang membuatmu merasa jadi seorang hacker tulen! Dikembangkan seorang diri oleh studio Team Fractal Alligator asal Australia, mereka menyebut Hacknet sebagai sebuah simulator hacking berbasis terminal dengan "menggunakan command prompt jadul dan proses hacking yang nyata."

Seperti yang bisa kamu lihat seklias dari trailer barusan, layar komputermu akan segera dipenuhi berbagai baris command saat memainkan game ini. Saya sendiri masih kurang pede buat nyobain game ini -- tapi kamu yang jago koding atau memiliki ketertarikan akan dunia gelap hacking pastinya harus mencoba game hacker yang satu ini.

[read_more id="254825"]


Itulah beberapa judul game yang mengusung tema hacker dalam pengembangan dan ceritanya. Apakah ada judul-judul game hacker lain yang terlewatkan? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU