Hadiah Dota 2 Resmi Memecahkan Guiness Book of Records!

Guninness World Record secara resmi mengumumkan hadiah Dota 2 sebagai hadiah esport terbesar di dunia dan tim Wings sebagai penerima hadiah esport terbesar.

Hadiah Dota 2 Resmi Memecahkan Guiness Book of Records!

Hadiah Dota 2 Resmi Memecahkan Guiness Book of Records!

Dota 2 kembali mengukir sejarah. Guinness World Records secara resmi mengumumkan Dota 2 sebagai Esport dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah dan tim Wings sebagai pemenang hadiah esport terbesar sepanjang sejarah. Game MOBA ini berhasil mengumpulkan uang senilai $20.770.460 untuk kompetisi internasional terakhirnya, The International 2016.

Hadiah ini dikumpulkan melalui sebuah sistem yang disebut sebagai Prize Pool, di mana sebagian penjualan produk Battle Pass dimasukkan dalam pool tersebut dan diberikan kepada pemenang kompetisi. Sekitar setengah dari total pool diberikan kepada juara pertama. Valve juga menyumbang uang sejumlah $1.500.000 sebagai starter pool di awal pengumpulan.

Hadiah Dota 2 Resmi Memecahkan Guiness Book of Records! Wings Gaming, pendatang baru yang mendominasi di Dota 2 TI6[/caption]

Tim yang beruntung mendapatkan jumlah uang yang luar biasa itu adalah Team Wings dari Tiongkok, dengan total hadiah $9.139.002 setelah bertanding secara fantastis di Key Arena, Seattle, Washington.

Tim yang belum lama dibangun ini tampil memukai dan menakjubkan. Tak ada yang menyangka mereka akan menang ketika itu, khususnya ketika melawan tim kawakan Evil Geniuses - pemenang The International 2015 - di semi-final dan Digital Chaos di final. Kemenangan ini secara otomatis membuat kelima pemain sebagai miliuner. Sebagai juara kedua Digital Chaos menerima hadiah total $3,4 juta.

Metode pengumpulan uang melalui Prize Pool ini telah dijalankan semenjak tahun 2013. Ketika itu, hadiah total berjumlah $1.600.000. Seiring dengan berjalannya waktu, hadiah semakin membesar, bersamaan dengan semakin membesarnya animo publik terhadap esport dan Dota 2. Kini, total hadiah yang telah diberikan sejak kompetisi The International 1 mencapai $52.468.382.

[read_more id="263162"]

Ini bukan pertama kalinya Dota 2 memecahkan rekor. Guiness World Record book pertama kali mencatat nama dota sebagai game dengan jumlah pengguna bulanan terbanyak, yaitu sebanyak 3 juta pengguna yang bermain dalam satu bulan.

Hadiah Dota 2 Resmi Memecahkan Guiness Book of Records! Penonton yang membludak pada event The International 2015, menggambarkan tingginya animo publik terhadap esport.[/caption]

Selain mencatat hadiah terbesar, Guinness World Records juga mencatat beberapa pencapaian, antara lain mengenai live stream, sesi marathon game, cosplay, dan beberapa rekor terkait game lainnya.

Pencapaian ini tentu merupakan berita baik bagi dunia esport. Apalagi munculnya pengakuan dari sumber-sumber yang banyak dikenal umum, seperti Guiness World Records, yang tentunya akan semakin memopulerkan ranah olahraga terbaru ini.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU