5 Alasan Watch Dogs 2 Lebih Bagus dari Game Perdananya

Watch Dogs 2 lebih bagus

Ternyata Watch Dogs 2 lebih bagus dari game perdananya dulu. Kenapa bisa begitu? Perubahan apa yang Ubisoft lakukan? Ini dia alasannya!

1

San Francisco > Chicago

watch-dogs-2-10

Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Hacker dalam Watch Dogs 2

Aksi hacker "pahlawan" ini dirilis minggu depan... Ini yang perlu kalian ketahui sebelum mulai meng-hack target, memberantas korupsi, dan alasan kenapa menjadi hacker itu gak butuh sekadar geek saja!
Baca Juga

Hal pertama yang akan kamu rasakan setelah misi perdana berakhir adalah kualitas latar gamenya. Dari sisi ini saja Watch Dogs 2 lebih bagus dari game perdananya.

Masalahnya bukan hanya soal peningkatan grafik. Chicago di Watch Dogs 1 pun bukan kota yang buruk, terutama karena Ubisoft Montreal menyajikan kota nyata itu dengan lumayan mendetail. Tapi perbedaan antara Chicago Watch Dogs 1 dan San Francisco Watch Dogs 2 terasa seperti perbedaan Liberty City Grand Theft Auto 4 dengan Los Santos Grand Theft Auto 5.

Secara keseluruhan, San Francisco di game kedua ini terasa jauh lebih hidup, lebih cerah, dan lebih asyik untuk dijelajahi. Kalau kamu tidak menjalankan misi, membuat kekacauan di seluruh kota besar ini memanfaatkan skill hacker benar-benar pengalaman yang tak ada duanya.

Satu lagi: Watch Dogs 2 menampilkan area-area besar San Francisco, termasuk Silicon Valley yang tersohor itu. Kalau kamu tidak bisa ke Amerika (apalagi Trump lagi jadi presiden) game ini minimal bisa memberi kamu gambaran seperti apa Silicon Valley.

2

Karakternya Lebih Terbangun

Watch-Dogs-2-19

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Aiden Pearce. Motivasinya untuk balas dendam cukup bisa menjadi pendorong gamer untuk tetap memainkan Watch Dogs hingga tamat. Tapi dari segi kualitas karakter, Marcus Holloway dan geng DedSec terasa terbangun lebih bagus.

DedSec yang adalah geng hacker dengan kepribadian unik bisa mengingatkan penonton Who Am I kepada tim CLAY. Selain kepribadian, geng ini juga memiliki motivasi yang mudah untuk menarik simpati pemain. Penampilan mereka pun bisa dibilang keren. Dan ada daya tarik tersendiri merasakan bergabung dalam komunitas, bukannya pejuang yang lebih sering bergerak solo seperti Aiden.

Sebagai karakter utama, Marcus juga bisa dibilang menarik. Ubisoft menyajikan Marcus sebagai seorang hacker muda genius dan jago berkelahi, namun juga memiliki sisi manusiawi. Bahkan ia lebih terasa sebagai seorang manusia normal, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ketimbang karikatur karakter kulit hitam.

3

Pelampiasan Fantasi yang Lebih Menyenangkan

game hacker Watch Dogs

DedSec adalah geng hacker yang memerangi ctOS (Central Operating System). Sistem operasi ini menginvasi seenaknya setiap perangkat di San Francisco, mulai dari PC, kamera, mobil, dan ponsel. Mengingat situasi itu sebenarnya tak terlalu jauh dari dunia nyata, gamer rasanya akan memperoleh kenikmatan sendiri memanfaatkan skill hacker Marcus untuk melawan Blume – perusahaan besar di balik ctOS.

Ya, Watch Dogs 2 memberi kamu kesempatan untuk memerangi kejahatan, penindasan dari pemerintah, dan bahkan korupsi dari institusi berwenang. Geng DedSec sendiri ditampilkan seperti kelompok Annonymous di dunia nyata, namun lebih terstruktur, terorganisir, dan memiliki tujuan jelas.

Motivasi DedSec juga membuat mereka lebih relatable ketimbang motivasi Aiden di Watch Dogs pertama.

4

Misi Lebih Bervariasi

watch-dogs-2-14

Kelemahan utama Watch Dogs pertama adalah misi yang lambat laun terasa monoton. Watch Dogs 2 lebih bagus dari game perdananya karena Ubisoft Montreal sepertinya memang fokus menangani persoalan tersebut.

Variasi misi di game ini lumayan banyak. Kalau kamu hanya mengikuti misi utamanya saja, kamu akan merasakan selalu disuguhi sesuatu yang baru dan heboh. Kalaupun misinya hanya pengulangan  – dan itu sangat mungkin mengingat banyaknya misi offline dan online di game ini – penyajiannya ditampilkan dengan unik, hingga kamu tetap ingin melihat bagaimana akhirnya.

Terkadang, sentuhan kecil seperti itu saja sudah cukup untuk menjaga minat pemain dari awal hingga misi akhir.

5

Co-op

Watch-Dogs-2-6

Multiplayer sih sudah ada sejak Watch Dogs 1, tapi sifatnya di sana hanya PvP. Kali ini ada twist baru yang akan membuat kamu lebih doyan main Watch Dogs 2: co-op!

Ya, sekarang ada misi kerja sama di mana kamu bisa menyelesaikan satu pekerjaan dibantu oleh pemain lain. Misi-misi ini pun tak kalah menarik dari misi yang khusus single player. Berantem PvP mungkin asyik, tapi co-op juga bisa menyajikan banyak momen seru yang bisa membuat kamu nagih ingin mencoba misi lain lagi.


 

Selain lima faktor di atas, tentunya juga ada penambahan yang tak perlu disebut-sebut lagi: peningkatan grafis dan gameplay yang sudah lebih dipoles. Semua faktor ini bergabung, membuat Watch Dogs 2 lebih bagus dari yang pertama. Pengalaman yang disajikan pun sangat menarik. Memang ada unsur GTA clone, sama saja seperti game sebelumnya. Namun unsur hacking yang disajikan Watch Dogs 2 ini jelas tidak ada duanya sejauh ini.

Jadi, siap bergabung dengan DedSec untuk memerangi Blume?

 


SHARE
Previous articleTernyata Begini Beda Antara Carry MMR 2k dengan 5k di Dota 2
Next articleFitur Final Fantasy XV Ini Bakal Membuat FB dan Twitter Penuh dengan Foto Noctis
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.