Ini Perbedaan Pedang Noctis dalam Final Fantasy XV dan NieR Automata

NieR Automata

Terpaut tiga bulan setelah Final Fantasy XV dirilis 29 November besok, Square Enix memiliki Action RPG lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu NieR Automata, yang direncanakan rilis di Jepang pada 23 Februari 2017, serta Globalnya pada Juli 2017. Game yang menjadi spin-off serial Drakengard ini memang sempat diperdebatkan karena gameplay-nya yang berubah drastis dibandingkan seri sebelumnya, apalagi, kini ditangani pengembang spesialis game action PlatinumGames, serta eksklusif konsol di PlayStation 4, selain juga untuk PC Windows.

nier-automata-2
Engine Blade, pedang Noctis dalam NieR Automata…

NieR Automata, Seperti Perpaduan Bayonetta dan Metal Gear Rising!

Cewek berbadan ramping, dengan pedang berukuran jumbo... yang jelas ini bukan Final Fantasy!
Baca Juga

Akan ada banyak unsur action yang cepat di sini, selain lingkungannya yang lebih terbuka, yang merupakan pengaruh langsung dari hadirnya PlatinumGames. Namun keseluruhan, proyek NieR Automata yang dimulai sejak 2014 lalu ini masih ditangani orang lama dari Square Enix untuk menjaga agar nuansa game ini masih tetap seperti Nier yang kita kenal sebelumnya.

nier-automata-1

NieR Automata sendiri mengambil latar di tengah perang proxy antara mesin yang diciptakan oleh musuh penjajah dari dunia lain, melawan sisa-sisa peradaban manusia. Cerita digambarkan dari mata seorang (atau sebuah) android petarung yang memiliki kode 2B (YoRHa No. 2 Model B), serta pendampingnya yang berkode 9S (YoRHa No. 9 Model S), dan juga A2 (YoRHa Model A No. 2), yang merupakan android purwa rupa yang belum sempurna.

nier-automata-4

Karena datang dari satu penerbit, dan mungkin saja karena gameplay-nya juga sama-sama action RPG, tdak heran jika Square Enix memberikan kolaborasi antara NieR Automata ini dengan Final Fantasy XV dalam bentuk Engine Blade, pedang yang bisa digunakan hanya  dengan sebelah tangan oleh YoRHa No.2 Model B (salah satu jenis senjatanya, selain two handed sword dan senjata melee). Senjata ini menjadi simbol karakter utama Final Fantasy XV, Noctis.

Bumi Dikuasai Alien Dalam NieR Automata, Manusia Pun Kabur ke Bulan!

Tahi lalat memang bikin wajah terlihat manis... tapi jika ada dua orang dengan tahi lalat yang posisinya nyaris sama, apa itu cuma kebetulan?
Baca Juga

Engine Blade sendiri memiliki statusnya sendiri, seperti efek evasion. Square Enix mengaku, mereka mengimpor langsung data senjata tersebut dari Final Fantasy XV, sehingga penampilannya, dan juga efek serta jumlah damage yang ditampilkan pun sama. Senjata ini juga memiliki kisahnya sendiri nantinya dalam game.

Seperti ini Engine Blade dalam Final Fantasy XV, yang sepertinya, sedikit lebih besar ukurannya ya. Kalau 2B menggunakan dengan ukuran yang sama, sepertinya agak tidak proporsional ukurannya.

engine-blade-ff-xv-2 engine-blade-ff-xv-1 engine-blade-final-fantasy

Sebaliknya untuk Final Fantasy XV juga akan mendapatkan kolaborasi NieR Automata. Sayangnya, belum dikonfirmasikan. Semoga saja bentuk kolaborasinya itu adalah kalian bisa menggunakan android seksi yang kalian kendalikan dalam NieR Automata ini dalam Final Fantasy XV.

Lihat di bawah bagaimana jadinya jika Noctis masuk ke dalam dunia NieR Automata.

Sebelumnya Square Enix juga mengabakarkan jika NieR Automata, bakal mendukung kekuatan PlayStation 4 Pro. Memainkan game ini menggukanan konsol terkuat tersebut, kualitas visualnya bakal terjaga pada 60 FPS selama permainan. Pengembang juga berusaha mengoptimalkannya untuk kualitas 4K.

Sedangkan mengenai wacana versi Xbox One, memang sudah ada rencananya, namun semuanya bergantung pada kesuksesan versi PS4 dan PC-nya. Produsernya, Yosuke Saito juga sempat mengatakan untuk menyelesaikan game ini, setidaknya kalian membutuhkan waktu sekitar 25 hingga 30 jam permainan.

Oh ya, ada bonus menarik ketika kalian membeli game ini dari PlayStation Store. Yaitu mendapatkan skin Game Machine untuk pod.“Pod sendiri sebutan untuk robot mungil yang selalu menemani karakter, dan mendukung dengan serangan jarak jauh, atau membantu ketika karakter butuh dibawa terbang ke lokasi yang tidak bisa mereka jangkau dengan cara biasa. Bonus ini membuat pod kalian menjadi seperti PlayStation One.

nier-automata-18

Berikut detail gameplay lainnya yang diberikan selama event TGS 2016 lalu:


SHARE
Previous articleDaftar 6 Hantu Menakutkan yang Berasal dari Dunia Game
Next articleDari SAO Movie Sampai Cars 3, Inilah 6 Film Animasi 2017 yang Paling Dinanti-Nantikan Para Fans!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.