Ini yang Perlu Diketahui dari Meizu X dan Meizu PRO 7, Android Pertama dengan Mediatek Helio X30

Meizu X

Tanggal 30 November besok Meizu berencana mengungkapkan Android terbarunya, yang saat ini disebut sebagai Meizu X. Walaupun nama tersebut belum resmi, namun banyak yang mengaku itu adalah julukan finalnya nanti. Tentu saja berbeda dengan tipikal penamaan Android mereka selama ini, yang menggunakan huruf M, dan mengindikasikan adanya perubahan dan fitur baru yang akan diterapkan di sini. Dan seperti Android lainnya, sebelum resmi dikonfirmasikan sudah ada banyak bocoran mengenai spesifikasi Meizu X.

spesifikasi-meizu-x-3

Lampu Kilat Model Cincin

Ini menjadi salah satu identitas barunya. Meizu X nantinya memiliki kamera yang unik, karena lampu kilat yang digunakan di sini seperti pada Motorola Nexus 6, mengelilingi lensa kameranya. Kemudian desainnya mengikuti tren yang muncul mulai awal tahun ini, dengan Zenfone 3 sebagai pelopornya, yaitu punggungnya yang terbebas dari garis antena. Padukan dengan keseluruhan casingnya yang berbahan metal, Meizu X ini bakal terlihat bersih dan berkelas.

spesifikasi-meizu-x-2

Chipset Mediatek Helio Terbaru

Spesifikasi Meizu X juga dipastikan akan menggunakan chipset Mediatek terbaru, dengan slogannya “Make Helio Great Again.” Slogan tersebut memang terasa familiar pasca selesainya pemilihan presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Walaupun kesannya “gak kreatif,” namun kami lebih penasaran Helio tipe apa yang akan digunakan untuk melengkapi spesifikasi Meizu X ini.

Sejauh ini dikabarkan Meizu bakal memilih chipset antara Mediatek helio P20 atau Helio X30. Untuk Helio X30 merupakan chipset jenis baru dari Mediatek, dengan sepuluh core prosesor / deca-core, yang terbagi menjadi tiga cluster. Chipset dengan kode Mediatek MT6799 ini sangat menarik, karena menjadi yang pertama di tengah keluarga prosesor Mediatek yang dibuat dengan fabrikasi 10 nm, yang pastinya sangat irit baterai.

Meizu M3 Max, Pesaing Xiaomi Mi Max yang Tampangnya Mirip dengan Oppo F1 Plus!

Meizu M3 Max, Pesaing Xiaomi Mi Max yang Tampangnya Mirip dengan Oppo F1 Plus! Spesifikasi Meizu M3 Max spec harga Meizu M3 Max price
Baca Juga

Kemudian untuk sepuluh core prosesornya, terbagi menjadi Dual-core ARM Cortex-A73 2.8 GHz pada satu cluster, Quad-core ARM Cortex-A53 2.3 GHz pada cluster kedua, dan Quad-core ARM Cortex-A53 2.0 GHz yang pastinya berfungsi sebagai cluster penghemat daya. Prosesor tersebut ditandemkan dengan GPU PowerVR 7XT Plus yang kecepatannya 820 MHz. Kabar mengenai Helio X30 ini memang masih simpang-siur, namun jika benar Meizu X yang pertama kali menggunakannya, Android ini dipastikan menjadi salah satu yang terkencang di awal tahun 2017 nanti.

Sedangkan untuk Meidatek MT6757 Helio P20, juga merupakan chipset terbaru pabrikan silicon asal Cina tersebut. Dipastikan bakal irit juga, karena diproses dengan fabrikasi 16 nm, ada delapan core proesor ARM Cortex-A53 2.3 GHz, serta GPU Mali-T880MP2 pada kecepatan 900 MHz.

spesifikasi-meizu-x-4

Konfigurasi Dual Camera

Meizu X juga dikabarkan akan menggunakan konfigurasi dual camera, walaupun fitur ini membantah rumor mengenai lampu kilat berbentuk cincin. Mengikuti tren Android masa kini, Meizu X menggunakan dua kamera utama untuk mengakomodir kalian penggemar fotografi yang gemar menciptakan foto boleh dengan DoF yang dalam, bisa dipermudah dengan hadirnya sensor kedua seperti ini. Selain dua kamera, pada punggungnya juga terlihat jelas ada sensor sidik jari, yang seperti Meizu lainnya, bisa digunakan bukan sekadar untuk membuka kunci layar saja.

spesifikasi-meizu-pro-7

Meizu Pro 7

Selain Meizu X, vendor ponsel asal Cina ini juga berencana mekuncurkan flagship tergaharnya Meizu PRO 7 akhir bulan ini. Beberapa hal menariknya sudah diketahui, seperti layar yang sedikit melengkung pada kedua sisinya, seperti Galaxy S7 Edge, atau rekan terdekatnya, Xiaomi Mi Note 2.

Meizu M3E, Android Cina Terbaru Pesaing Terberat Xiaomi Redmi Pro

Meizu M3E, Android Cina Terbaru Pesaing Terberat Xiaomi Redmi Pro, spesifikasi Meizu M3E benchmark, beli Meizu M3E, harga Meizu M3E
Baca Juga

Apa yang menarik, berbeda dengan tipikal Meizu, tidak ada tombol fisik Home di bawah layar ciri khas Meizu. Kemudian chipsetnya dikabarkan bakal menggunakan mesin terkuat dari Samsung, Exynos 8890 (seperti Galaxy S7 dan Galaxy Note 7). Bukan kali ini saja mereka bekerjasama dengan Samsung, sebelumnya Meizu Pro 5 juga memilih Exynos 7420, seperti yang kalian temukan dalam keluarga Galaxy S6. Selain itu, spesifikasi Meixu PRO 7 juga dikabarkan langsung menggunakan memory LPDDR4 6GB serta layar 5.5-inchi.


SHARE
Previous article5 Karakter Anime Ini Dianggap Remeh, Ternyata Kemampuannya LUAR BIASA
Next articleIni Spesifikasi Xiaomi Mi 5c! Teknologi Mi 5s, Desain iPhone 6, Harga Sekelas Redmi
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.