Ini yang Membuat FF XV Pantas Disebut Final Fantasy Paling Menyedihkan dalam Sejarah

Final Fantasy Paling Menyedihkan

Waktu Permainan Final Fantasy XV Ternyata Singkat!

Dibuat Selama 10 Tahun, Ternyata Waktu Permainan FFXV Hanya Beberapa Jam Saja! Guide FFXV Guide, rahasia FFXV secret, cheat FFXV cheat
Baca Juga

Final Fantasy XV akhirnya dirilis kemarin, 29 November 2016 untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Karena ini sebuah proyek besar yang dikerjakan selama satu dekade (ya, sepuluh tahun lamanya), tidak heran jika Square Enix sangat ambisius menyajikannya. Selain game utama Final Fantasy XV, juga ada versi anime dan CG movie-nya sendiri karena universe ceritanya yang cukup panjang.

Final Fantasy 15 BOCOR! Diproduksi 10 Tahun, Ternyata Hasilnya Mengecewakan

Ending Final Fantasy 15 BOCOR! Diproduksi 10 Tahun, Ternyata Hasilnya Mengecewakan, guide Final Fantasy 15 tips, panduan Final Fantasy XV guide
Baca Juga

Bicara kualitas grafis dan CG movie, Square Enix memang sangat serius memperhatikan kerealistisan para karakter Final Fantasy mereka. Khususnya, Final Fantasy XV ini. Nih, ada klip animasi singkat yang menunjukkan sedikit proses selama artis dan developer Square Enix membentuk rambut karakter dalam game.

Final Fantasy XV 1

Dan hasilnya seperti di bawah ini!

Final Fantasy XV

Betapa besar perhatian mereka terhadap kualitas CG-nya, untuk peluncuran game ini pun Square Enix memberikan dua video trailer keren. Satu live-action, menggabungkan adegan manusia dengan CG, serta satu lagi sebuah trailer seru yang menggambarkan beragam aksi, pemandangan, megahnya istana, dan karakter yang bakal kalian temui selama memainkan game ini di tengah dunia Eos.

Rambut Anggota Boyband Final Fantasy XV Ini Jadi Bukti Kekuatan Konsol Next-Gen!

Rambut anggota boyband Final Fantasy XV ini jadi bukti kekuatan mesin video game masa depan!
Baca Juga

Dan ya, menikmati videonya itu saja sepertinya sudah cukup ya, jika kalian memang tidak ingin memainkan game ini sampai ratusan jam (karena banyaknya side-quest). Berikut dua video yang dirilis Square Enix mengiringi perilisan game ini kemarin:

FINAL FANTASY XV – Ride Together

Dan juga video live-actionnya…

FINAL FANTASY XV – Stand Together (Official Live-Action)

Banyak yang menilai Final Fantasy XV tidak seperti Final Fantasy yang mereka kenal sebelumnya, meskipun, ada banyak hal yang mengingatkan kita dengan Final Fantasy — monster-nya, summon-nya, dan soundtrack-nya. Namun khusus untuk video peluncurannya di atas, kalian bisa melihat kembali video prekuelnya. Memang jelas terasa perbedaannya…

Lightning Returns: Final Fantasy XIII – Launch Trailer

FINAL FANTASY XIII-2 – Launch Trailer

FINAL FANTASY XIII – Launch Trailer

Yup, memang Final Fantasy XV sangat berbeda atmosfernya dibandingkan, misalnya, Final Fantasy yang dianggap juga kelewat modern, trilogi Final Fantasy XIII. Hanya saja jelas melihat dari perbandingan video tersebut, Square Enix terbukti berhasil menyaikan video CG yang hebat. Di sisi lain, developer ini juga termasuk paham dalam merangkai cerita yang bagus untuk sebuah RPG.

Meskipun banyak yang menilai keseluruhan jalan cerita Final Fantasy XV tidak disampaikan dengan baik, serta banyaknya plot hole (apalagi jika kalian tidak mengikuti versi anime, dan movie Kingsglaive), namun Final Fantasy XV layak disebut Final Fantasy dengan ending yang paling menyedihkan. Bahkan jauh lebih menyedihkan dari adegan kematian kematian Tidus di akhir permainan Final Fantasy X, yang banyak dianggap oleh para penggemar serial ini sebagai momen paling menyedihkan dalam sejarah Final Fantasy.

Final Fantasy X – Ending Scene

Dengan keseluruhan jalan ceritanya yang terfokus pada pengembangan cerita keempat karakter utamanya saja, kalian akan benar-benar merasa menjadi seperti Noctis, dan ketika mengetahui apa yang terjadi pada sanga pangeran di akhir permainan, imbasnya begitu dalam, dan pantas membuat seri ini disebut sebagai Final Fantasy paling menyedihkan. Lebih baik kalian siapkan tisu ketika melihat menit-menit terakhir game ini yang kami berikan melalui video di bawah.

Monster Final Fantasy XV Ini Bisa Mengubah Noctis Menjadi “Pangeran Kodok”

Monster Final Fantasy XV Ini Bisa Mengubah Noctis Menjadi "Pangeran Kodok", lokasi Monster Final Fantasy XV , daftar Monster Final Fantasy XV
Baca Juga

Bagi kalian yang mungkin tidak memiliki waktu lebih untuk memainkan gamenya, dan merasa sukup mengagumi game ini hanya dari cutscene dan animasi CG-nya, berikut video kompilasi sepanjang lebih dari 5 jam keseluruhan adegan yang terjadi selama permainan Final Fantasy XV, lengkap dengan pertarungan akhir dan endingnya. Yup, minus side-quest-nya yang banyak dikeluhkan karena ternyata sampai bisa memakan waktu lebih lama dari waktu penyelesaian cerita utamanya.

Oh ya, tidak ketinggalan… SPOILER ALERT! Video ini hanya untuk kalian yang sudah menyelesaikan gamenya, atau, memang hanya ingin mengetahui cerita Final Fantasy XV saja, tanpa perlu memainkan gamenya.

Final Fantasy XV Full Movie – All Cutscenes


SHARE
Previous articleSeminar BEKRAF Game Prime: Jangan Asal Masukkan Unsur Budaya ke Game-mu!
Next articleDibuat Selama 10 Tahun, Ternyata Waktu Permainan FFXV Hanya Beberapa Jam Saja!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.