Setelah Galaxy J Prime, Samsung Siapkan Galaxy C5 dan Galaxy C7 Pro. Ini Spesifikasinya!

Spesifikasi Galaxy C9 Galaxy C7 Pro
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Tidak banyak yang mengetahuinya jika Samsung punya beberapa time smartphone Galaxy yang hanya dijual di Cina saja. Misalnya, seri Galaxy Folder. Kemudian pertengahan tahun ini, mereka juga mengenalkan satu seri smartphone Android baru, Galaxy C yang diwakili dengan Galaxy C5 dan Galaxy C7. Keduanya masuk kelas menengah, tubuh full-metal, serta spesifikasi yang sangat tinggi dengan harga yang seharusnya lebih pantas masuk kelas atas.

Jelas Samsung menawarkannya untuk melawan banyaknya Android Cina yang dari sisi spesifikasi sangat tinggi namun dengan harga terjangkau yang banyak bermunculan akhir-akhir ini. Tidak berhenti di sana, akhir Oktober kemarin mereka juga melanjutkannya dengan C Series ketiga, Galaxy C9 dan Galaxy C9 Pro.

Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Sukses C Series tidak terhenti, dan kini mereka dikabarkan menyiapkan seri C lainnya yang tidak lain menjadi varian Pro dari Galacy C7. Dengan strategi baru dalam setengah tahun menawarkan varian Pro atau Prime dari seri sebelumnya (baru-baru ini Samsung menjual seri Galaxy J Prime di Indonesia), tentu saja rumor ini tidak terlalu mengejutkan.

galaxy-c7-pro-1

galaxy-c7-pro-7

Muncul pertama kali melalui database benchmark Geekbench, Samsung baru berkode SM-C7010 ini diduga adalah nama lain Samsung Galaxy C7 Pro. Spesifikasinya juga terungkap di sana. Seperti bakal menggunakna chipset Qualcomm 8953 Pro (atau lebih dikenal sebagai Snapdragon 626), versi upgrade dari Snapdragon 625 (digunakan pada Galaxy C7) yang sudah dikenal dan teruji sangat adem dan irit baterai berkat teknologi proses 14 nm.

GPU-nya sendiri masih sama, Adreno 506, yang dari pengalaman penulis, tidak sampai kedodoran menjalankan game-game Android kelas atas, bahkan masih bisa dibandingkan kinerjanya dengan Adreno 530 pada Snapdragon seri 8xx.

Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Perbedaannya, ada kedelapan inti Cortex-A53-nya bisa dipacu hingga kecepatan 2.2 GHz, teknologi Bluetooth 4.2 serta WiFi yang mendukung MU-MIMO (Multiple User, Multiple-Input, Multiple-Output untuk memecah bandwith melalui jalur terpisah, yang sejatinya lebih cocok untuk sebuah WiFi router), serta juga adanya dukungan USB 3.0.

Galaxy C9 Pro Dikonfirmasikan! Snapdragon Terbaru, RAM 6GB, Lebih Murah dari Note7!

Harga Galaxy C9 Pro Dikonfirmasikan! Snapdragon Terbaru, RAM 6GB, Lebih Murah dari Note7! Benchmark Galaxy C9 Pro, spesifikasi Galaxy C9 Pro
Baca Juga

Selain itu, kemungkinan besar Samsung juga akan menggunakan memory berkapasitas 4GB (seperti terlihat pada data benchmark) agar upgrade-nya lebih worth-it, karena memang tidak terlalu tampak mata. Kapasitas RAM lega tersebut juga ditemani oleh ROM-nya yang mencapai 64GB.

Kabar lainnya menyebutkan jika Galaxy C7 Pro masih tetap menjaga dimensi layar 5.7-inch dengan resolusi Full HD dari material Super AMOLED, serta kombinasi kameranya bisa didongkrak menjadi 16MP/16MP, yang memposisikannya sama dengan kamera pada Galaxy C9 Pro. Fitur lainnya, kalian bisa berharap adanya sensor sidik jari pada tombol Home, baterai berkapasitas 3,000mAh (yang mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0), langsung menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow, serta tentu saja dual slot kartu SIM + micro SD (yang hybrid).

galaxy-c7-pro-2
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Menurut data dari situs Zauba, situs yang melacak produk ekspor dan impor yang masuk ke India, Galaxy C7 Pro ini nilainya sekitar $199, atau Rp2,7 jutaan. Bisa jadi itu harga dasarnya, dan ketika dijual bisa membengkak hingga Rp5 jutaan, mengingat saudaranya yang juga akan muncul, Galaxy C5 Pro, dikabarkan bakal dijual dengan harga sekitar Rp4 jutaan.

Kabar mengenai Galaxy C7 Pro ini juga melengkapi terungkapnya data-data mengenai Galaxy C5 Pro yang muncul minggu lalu, seakan Samsung memang akan segera meluncurkan keduanya dalam waktu dekat ini. Galaxy C5 Pro dengan kode SM-C5010 tidak lain menjadi versi mini Galaxy C7 Pro, dan yang membedakannya hanya layarnya yang masih bertahan pada dimensi 5.2-inchi, serta kapasitas baterai yang lebih kecil. Peningkatannya jelas yang paling kentara, karena sebelumnya Samsung hanya menggunakan Snapdragon 617 untuk Galaxy C5.


SHARE
Previous articleBegini Keseruan Pembukaan BEKRAF Game Prime 2016!
Next articleSeminar BEKRAF Game Prime: Alasan Dua Perantau Pulang ke Indonesia dan Menjadi Game Developer
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.