Dibuat Selama 10 Tahun, Ternyata Waktu Permainan FFXV Hanya Beberapa Jam Saja!

Final Fantasy 15

Setahun lalu, Square Enix mengatakan jika Final Fantasy XV ini tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Menurut mereka saat itu, mode story utama game ini bisa kalian selesaikan dalam waktu sekitar 40 jam saja. Namun itu tidak termasuk konten lainnya. Berlanjut kemudian pertengahan tahun ini, sang sutradara Hajime Tabata mengatakan, jika kalian membutuhkan setidaknya waktu permainan hingga 50 jam untuk menyelesaikan mode story utamanya, tanpa melakukan side-quest.

Ini yang Membuat FF XV Pantas Disebut Final Fantasy Paling Menyedihkan dalam Sejarah

Ini yang Membuat FF XV Pantas Disebut Final Fantasy Paling Menyedihkan dalam Sejarah, adegan paling memorable dalam Final Fantasy
Baca Juga

Benarkah kalian membutuhkan waktu hingga 40 – 50 jam untuk menyelesaikan game ini? Tidak juga, karena ada yang bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu kurang dari 14 jam saja! Sesingkat itukah waktu permainan FFXV ini?

Seorang pengguna Twitter di Jepang, Kyosuke mengklaim dia sudah menyelesaikan game ini hanya dalam waktu 13 jam dan 57 menit. Selama memainkannya, Kyosuke tidak melewati semua cutscene, yang bisa kalian lihat keseluruhan cutscene tersebut pada artikel sebelumnya. Jika keseluruhan cutscene saja panjangnya mencapai 5 jam, maka seharusnya Kyosuke ini hanya membutuhkan waktu 9 jam saja untuk memainkan game ini, tanpa melakukan side-questnya. Sangat singkat untuk sebuah RPG Jepang sekelas Final Fantasy!

Kemudian ada juga pemain lainnya yang menyelesaikannya hanya dalam waktu 15 jam saja!

Itu sudah yang tercepat? Tidak juga, masih ada pemain lainnya yang menyelesaikannya hanya dalam waktu 10 jam dan 36 menit, namun dia memainkannya dengan melewati semua cutscene.

final-fantasy-xv-playtime

Sebuah game yang dikembangkan selama 10 tahun (atau, ada juga yang mengatakan 4 tahun saja, mengingat Tabata baru mengambil alih mulai tahun 2012), namun ternyata skenario utamanya hanya 5 jam saja, plus 10 jam lainnya untuk jalan dan bertarung / gameplay. Sangat singkat untuk sebuah RPG Jepang, apalagi, sebuah Final Fantasy.

Final Fantasy 15 BOCOR! Diproduksi 10 Tahun, Ternyata Hasilnya Mengecewakan

Ending Final Fantasy 15 BOCOR! Diproduksi 10 Tahun, Ternyata Hasilnya Mengecewakan, guide Final Fantasy 15 tips, panduan Final Fantasy XV guide
Baca Juga

Memang kalian bisa menghabiskan puluhan jam lainnya hanya untuk melakukan quest (banyak yang sudah memainkannya sampai 60 jam dengan tidak melewatkan quest yang ditemuinya), namun kenyataan game yang membuat kita menunggu lama ini hanya butuh waktu singkat menyelesaikannya terlalu susah untuk dipercaya. Sebagai perbandingan (kami menggunakan data dari situs GameLength), Final Fantasy XIII setidaknya masih membutuhkan waktu hingga 5 jam untuk menyelesaikannya dengan cepat (untuk seri pertama triloginya ini memang pendek).

Waktu Permainan FFXV

Sedangkan dua sekuelnya, XIII-2 dan Lightning Returns, setidaknya akan memakan waktu kalian hingga 20-60 jam. Kemudian beberapa Final Fantasy sebelumnya, juga membutuhkan waktu tercepat 20-40 jam untuk menyelesaikan cerita utamanya.


SHARE
Previous articleIni yang Membuat FF XV Pantas Disebut Final Fantasy Paling Menyedihkan dalam Sejarah
Next article5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball yang Pasti Belum Kalian Ketahui
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.