Munas AGI Hasilkan Narenda Wicaksono Sebagai Ketua Baru AGI

munas-agi-01_cr

Gelaran Bekraf Game Prime kini sudah memasuki hari kedua. Setelah kemarin berhasil mengundang banyak gamers yang ingin kenal GameDev Indonesia, Game Prime hari pertama berhasil selesai dengan lancar. Meski begitu, selesainya Game Prime hari pertama bukan berarti rangkaian acara telah selesai. Pada akhir acara Game Prime 2016, digelar juga acara Musyawarah Nasional untuk para GameDev Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Game Indonesia (AGI).

munas-agi-02_cr

Kehadiran Munas ini bisa dibilang jadi kelanjutan acara Game Prime yang membawa tema “Reality Check: Are we on the Right Direction”. Musyawarah Nasional ini digelar sebagai wadah untuk jadi ajang diskusi para GameDev Indonesia. Bagaimana pun, industri Game di Indonesia terbilang masih belia. Kehadiran acara Musyawarah Nasional bisa dibilang jadi angin segar bagi para GameDev lokal, baik untuk saling diskusi atau bahkan curhat perihal masalah dan tantangan bagi GameDev yang berada di luar daerah.

munas-agi-03_cr

munas-agi-05_cr

Acara ini dimulai dengan sesi saling curhat oleh para GameDev Indonesia. Mereka pun saling bercerita tentang berbagai hal yang jadi tantangan bagi para Game Dev Indonesia selama ini. Mulai dari permintaan transparansi data, sampai curhatan tantangan para GameDev asal daerah. Selain itu industri VR yang sedang melejit naik, memicu salah satu GameDev VR Indonesia untuk bercerita perihal tantangan menjadi developer VR di Indonesia.

munas-agi-07

munas-agi-06

Setelah sesi sharing dan disukusi, acara pun dilanjut dengan acara pemilihan ketua baru Asosiasi Game Indonesia diselingi dengan acara makan malam. Terdapat dua orang calon ketua AGI, yaitu Narenda Wicaksono dari web platform developer, dicoding.com, dan Andi Suryanto dari penerbit game kenamaan Indonesia, Lyto Game. Mereka lalu diminta untuk sedikit menceritakan tentang visi-misi mereka untuk AGI ke depannya dan lalu dilanjutkan dengan acara makan malam.

munas-agi-09

munas-agi-10

Sambil makan malam, para peserta dipersilahkan untuk mengambil kertas vote dan memilih ketua AGI untuk kepengurusan 2016 – 2019. Setelah acara makan malam selesai, penghitungan suara pun dimulai. Setelah momen-momen menegangkan pada akhirnya pun terpilih ketua baru Asosiasi Game Indonesia.

munas-agi-11munas-agi-12

Narenda Wicaksono dari dicoding.com akhirnya terpilih menjadi ketua Asosiasi Game Indonesia yang baru. Ia berhasil kalahkan Andi Suryanto dengan selisih suara yang cukup jauh. Setelah pemilihan selesai, acara pun dilanjutkan dengan sedikit pidato dari sang ketua, dilanjutkan dengan serah-terima jabatan ketua dari sang ketua lama, lalu diakhiri dengan sesi foto bersama para pengurus AGI sebelumnya juga foto bersama seluruh anggota AGI.

munas-agi-13 munas-agi-14

munas-agi-15-new