Seminar BEKRAF Game Prime: Light Channeling Program dari LINE

Light Channeling Program

LINE sedang membangun kerja sama dengan studio-studio game Indonesia lewat Light Channeling Program. Apakah maksud dari program tersebut?

Penjelasan tentang Light Channeling Program disampaikan oleh Zulkahfi Hidayat selaku perwakilan LINE untuk sesi BEKRAF Game Prime 2016 yang satu ini. Program yang satu itu tercipta untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Fokusnya sudah tentu adalah para pengembang game. Melihat banyaknya game dari developer lokal yang memiliki kualitas bagus, LINE pun menggunakan Light Channeling Program untuk membantu.

Jadi, apa sebenarnya program ini? Program baru dari LINE ini memungkinkan para pengembang game Indonesia untuk menggunakan fitur LINE Login di aplikasi game mereka. Gamenya pun bisa terintegrasi dengan cara yang paling mudah dan cepat. Berbeda halnya dengan LINE Channeling maupun LINE Co Publishing.

20161130_102532__1480597915_139-228-49-226

Seminar BEKRAF Game Prime: Tips Kerja Sama dengan Penerbit Game Luar!

Adakah tips untuk kerja sama dengan penerbit game luar? Panel dari hari kedua BEKRAF Game Prime 2016 ini memberi jawabannya!
Baca Juga

Dengan mengikuti LINE Channeling Program, pengembang game akan mendapatkan sebuah library yang mengizinkan para pemainnya untuk login sebagai pengguna LINE. Kira-kira sama seperti kalau kamu menggunakan Facebook login untuk mengakses sebuah aplikasi.

Adapun informasi yang didapatkan oleh developer saat seorang pemain login dengan akun LINE adalah: ID unik sang pengguna LINE yang berbeda dari LINE ID; display name (Nama yang ditampilkan oleh pengguna LINE); status message (status yang ditampilkan oleh pengguna LINE); serta profile URL (URL gambar profil yang dipakai oleh pengguna LINE).

Adapun persyaratan untuk menggunakan Light Channeling Program ini adalah game atau apps yang didaftarkan haruslah dikembangkan tim lokal Indonesia, sesuai dengan misi LINE yang melatarbelakangi programnya sendiri.

Selain itu gamenya sudah harus tersedia di Apps Store (iOS/Android), ide jelas harus orisinil, minimal menggunakan versi Android 4.0, Unity 4.6.7, dan iOS 5.1.1. Dokumen game dan detail rinci sudah dipersiapkan berdasarkan form yang diberikan, lalu setiap game yang menggunakan LINE login haruslah menyiapkan item spesial sebagai bonus kepada pengguna LINE yang menggunakan fasilitas ini semasa promosi.

Satu lagi ketentuan yang mungkin akan mengganjal beberapa studio adalah keharusan studionya untuk memiliki badan hukum. Tapi pihak LINE memungkinkan studio yang tak berbadan hukum untuk menumpang dulu ke perusahaan yang memiliki badan agar bisa menggunakan Light Channeling Program ini.

Untuk saat ini, karena Light Channeling Program sendiri baru dimulai satu bulan sebelum artikel ini ditulis, LINE masih dalam tahap penyusunan dengan studio-studio game. Tapi jika kerja sama ini sudah resmi mulai berjalan dan dapat dinikmati pemain, informasi lebih lanjutnya tentu juga akan disampaikan.


SHARE
Previous articleLebih dari 3700 Orang Padati BEKRAF Game Prime 2016, Barometer Industri Game Indonesia
Next articlePerfect World Umumkan Open Beta dari Gigantic untuk PC dan XO
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.