Meizu M3X, “iPhone Wannabe” dengan Prosesor MediaTek Terbaru dan Teririt

meizu-m3x-11

Meizu resmi mengkonfirmasikan Android terbarunya, Meizu M3X melalui sebuah event di Cina kemarin malam. Smartphone ini menarik, karena diposisikan masuk kelas menengah, dan mungkin yang menjadi identitasnya adalah desain yang lebih berkelas dibandingkan seri “M” yang kita kenal selama ini.

Ini yang Perlu Diketahui dari Meizu X dan Meizu PRO 7, Android Pertama dengan Mediatek Helio X30

Ini yang Perlu Diketahui dari Meizu X dan Meizu PRO 7, Android Pertama dengan Mediatek Helio X30, spesifikasi Meizu X price, spesifikasi Meizu PRO 7 price
Baca Juga

Ciri khas vendor ini, spesifikasi Meizu 3X kembali ditawarkan dalam dua varian. Ada yang memory RAM-nya 3GB, dengan ROM 32GB, yang harganya nanti ditawarkan 1699 yuan, atau sekiar Rp3.3jutaan. Sedangkan yang 4GB dengan internal storage 64GB meningkat menjadi 1999 yuan, atau sekitar Rp3.9 jutaan. Dari pengalaman penulis, seandainya ada distributor lokal yang membawanya ke Indonesia, bisa dipastikan harganya membengkak menjadi Rp3.8 dan 4.5 jutaan.

meizu-m3x-2

Juga seperti seri Meizu M3 yang baru-baru ini mulai dijual di Indonesia, Meixu M3X ini ditawarkan dengan banyak pilihan warna. Ada Phantom Blue (yang membuatnya sempat disebut sebagai Blue Charm X), Streamer Gold, Obsidian Black, dan Pearl White. Semuanya dengan casing berbahan perpaduan metal aluminium dan lapisan kaca yang membuatnya tampak mewah, sama sekali tidak terlihat kesan HP murahan di sini. Meizu sudah membuka pemesanan awalnya sejak kemarin, serta tersedia di negara asalnya mulai 8 Desember 2016 mendatang.

meizu-m3x-13

Meizu M3 Max, Pesaing Xiaomi Mi Max yang Tampangnya Mirip dengan Oppo F1 Plus!

Meizu M3 Max, Pesaing Xiaomi Mi Max yang Tampangnya Mirip dengan Oppo F1 Plus! Spesifikasi Meizu M3 Max spec harga Meizu M3 Max price
Baca Juga

Untuk detail spesifikasi Meixu M3X, seperti tipikal seri note mereka selama ini, bidang layarnya 5.5-inchi IPS dengan resolusi Full HD (1920 x 1080-pixel dan 401-ppi) dari Sharo dengan teknologi TDDI (Touch and Display Driver). Berlapis kaca 2.5D, yang seperti pada smartphone lain berlayar 2.5D, semua sisinya sedikit melengkung. Selain tampak lebih menarik, juga nyaman dalam genggaman. Meskipun, kalian akan kesulitan mencari produk pelindung layar tambahan yang pas!

meizu-m3x-4

Apalagi Meizu tidak berterus terang mereka menggunakan lapisan perlindungan apa untuk layarnya. Biasanya sih tipikal Meizu menggunakan perlindungan dari AGC Dragontrail/NEG T2X-1 Glass.

Dengan layarnya yang besar, ternyata keseluruhan dimensinya juga tidak terlalu masif. Data resminya menuliskan 153.8 x 76 x 7.4 mm, sangat tipis bukan. Kemudian beratnya 165 gram, yang kami rasa, berbobot karena banyaknya material metal yang digunakan di sini.

Spesifikasi Meizu M3X

Kemudian di sisi dapur pacunya, disematkan chipset baru Mediatek MT6757, atau yang bakal lebih jamak dikenal sebagai MediaTek Helio P20. Meizu M3X ini menjadi yang pertama menggunakannya, karena merupakan chipset terbaru pabrikan silicon asal Cina tersebut. Dipastikan bakal irit juga, karena diproses dengan fabrikasi 16 nm, ada delapan core proesor ARM Cortex-A53 2.3 GHz, serta GPU Mali-T880MP2 (dengan dua core) pada kecepatan 900 MHz.

meizu-m3x-6

Kalian juga ga perlu merasa ketinggalan, karena OS-nya sudah berjalan di versi Android 6.0 Marshmallow, yang dibalut dengan versi terbaru antar muka FlyMe UI 6.0. Sayangnya, kapasitas baterai hanya 3,200-mAh saja, atau lebih kecil dibandingkan tipikal seri M Note. Namun dengan prosesor yang lebih “adem” dan “irit,” kami rasa hal ini bisa dimaklumi, selain untuk mengejar profil tubuh yang tipis (hanya 7.4 mm). Selain itu, baterainya juga bisa diisi cepat, karena mendukung teknologi fast charging mCharge (18W, yang standarnya sama dengan Qualcomm Quick Charge 3.0, 60% bisa terisi dalam waktu 30 menit saja).

meizu-m3x-1

Seperti Meizu sebelumnya, tombol Home-nya yang fungsional karena bisa merespon sentuhan dan tekanan tersebut, juga memiliki sensor fingerprint. Penempatan sensornya menurut kami sangat pas, karena ketika smartphone diposisikan di atas meja, kalian tidak perlu harus mengangkatnya seperti ketika sensor sidik jari diposisikan di punggung smartphone, hanya ketika ingin membuka kunci layar. Bicara tombol Home, seandainya dibuat berbentuk bulat, bakal makin susah membedakan fisik smartphone Android ini dengan iPhone. Gak percaya, coba lihat gambar di bawah!

meizu-m3x-9

Meizu M3E, Android Cina Terbaru Pesaing Terberat Xiaomi Redmi Pro

Meizu M3E, Android Cina Terbaru Pesaing Terberat Xiaomi Redmi Pro, spesifikasi Meizu M3E benchmark, beli Meizu M3E, harga Meizu M3E
Baca Juga

Pada sektor fotografi, Meizu menyerahkan sepenuhnya salah satu kemampuan dasar sebuah smartphone ini melalui kamera 12-megapixel dari sensor Sony Exmor RS IMX386, yang sudah mereka gunakan untuk seri flagshipnya yang dijual sejak Juli 2016 lalu, Meizu MX6. Kamera kelas atas tersebut meskipun hanya 12-megapixel, namun ukuran sensornya cukup besar, mencapai 1/2.9-inchi, dengan besar pixel 1.25 μm.

meizu-m3x-8

Melengkapinya, ada lampu kilat LED dual-tone, teknologi fokus phase-detection auto-focus (PDAF), mampu merekam video 4K, lensanya memiliki aparture f/2.0, serta ada kamera selfie 5-megapixel dengan bukaan lensa f/2.0.

Di sisi konektivitas, selain opsi dual SIM 4G LTE, spesifikasi Meixu X dilengkapi dengan opsi VoLTE (voice over LTE), Bluetooth 4.1, GPS, dan juga sudah mengadopsi USB Type C.

meizu-m3x-12

Spesifikasi Meizu M3X

  • OS: Android 6.0.1 (Marshmallow)
  • UI: Flyme UI 6.0
  • Prosesor: 64-bit Mediatek MT6757 Helio P20 berteknologi fabrikasi 16 nm, dengan CPU octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz Cortex-A53)
  • Memory: 3GB atau 4GB RAM LPDDR4
  • GPU: Mali-T880MP2 dengan kecepatan 900 MHz
  • Layar: 5.5-inchi IPS LCD, 1080 x 1920-pixel, 401-ppi
  • Dimensi: 153.8 x 76 x 7.4 mm
  • Berat: 165 gram
  • Storage: 32GB / 64 GB internal storage, tanpa slot micro SD
  • Kamera Depan: 5MP dengan bukaan lensa f/2.0, ukuran pixel besar 1.4 µm
  • Kamera Belakang: 12MP, sensor Sony Exmor RS IMX386, ukuran sensornya 1/2.9-inchi, besar pixel 1.25 μm, lampu kilat LED dual-tone, fokus phase-detection PDAF, mampu merekam video 4K, lensa aparture f/2.0, berlapis lensa 6-elemen
  • Konektivitas: 3G/4G LTE (mendukung VoLTE), Bluetooth v4.1, WiFi a/b/g/n, GPS (A-GPS + GLONASS), microUSB 2.0 (mendukung OTG dan USB Host), jenis port USB Type-C
  • Baterai: 3,200-mAh, fast charging, 60% dalam 30 menit
  • SIM: Dual nanoSIM
  • Fitur: Sensor sifik jari pada tombol Home di bawah layar
  • Warna: Phantom Blue, Streamer Gold, Obsidian Black, dan Pearl White

meizu-m3x-7

Sumber: Meizu


SHARE
Previous articleTak Hanya Megazord, Wujud Alpha Power Rangers 2017 Juga Jadi Aneh!
Next articleSaingi Galaxy S7 edge, Meizu PRO 6 Plus Ajukan Spec Sama dengan Harga Murah
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.