Dari Wiro Sableng sampai Partai Komunis, Inilah Makna Tersembunyi Angka 212

angka 212Setelah sejumlah ormas Islam termasuk FPI melakukan demo besar-besaran di depan Istana Merdeka pada Jumat, 4 November lalu, hari ini sejumlah ormas Islam seluruh Indonesia kembali turun ke jalan demi mendesak gubernur nonaktif Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama untuk segara di tahan. Aksi demo yang dikenal dengan aksi damai 212 ini berlangsung di depan silang monas dengan agenda shalat Jumat bersama ribuan demonstran.

Tapi tahukah kamu, selain memiliki maksud “aksi damai 2 Desember”, angka 212 juga bisa dibilang cukup unik. Pasalnya, banyak sekali arti lainnya yang merujuk pada angka 212.


1

Wiro Sableng


superhero generasi 90anSeperti namanya, superhero generasi 90an ini punya sifat sableng atau gila yang membuat teman atau musuhnya sampai geleng-geleng kepala. Film Wiro Sableng diangkat dari novel fiksi yang ditulis oleh Bastian Tio, dan ditayangkan oleh RCTI kala itu.

Terlahir dengan nama Wira Saksana, dimana sejak bayi ia sudah dilatih oleh seorang guru paling terkenal di dunia persilatan bernama Eyang Sinto Gendeng. Dengan senjata pamungkasnya, kapak maut naga geni 212, Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya memberantas kejahatan. Selain itu, angka keramat 212 juga tertempel tepat di dada Wiro Sableng.

Angka 212 ini dimaksudkan memiliki makna  bahwa dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu tentang duniawi dan tuhan.


2

Titik Didih Air dalam Skala Fahrenheit


skala-fahrenheitSkala Fahrenheit adalah salah satu skala suhu selain celcius dan kelvin. Skala suhu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1724 oleh ilmuan Jerman bernama Gabriel Fahrenheit.

Nah yang unik, angka 212 merupakan titik didih air pada skala Fahrenheit. Teori menyebutkan jika Gabriel Fahrenheit membagi skala normalnya menjadi 12 divisi, dan kemudian ke-12 divisi masing-masing dibagi lagi atas 8 sub-divisi. Pembagian ini menghasilkan skala 96 derajat. Fahrenheit menyebut bahwa pada skalanya, titik beku air pada 32 °F, dan titik didih air pada 212 °F.


3

Manifesto Komunis


manifesto-komunisSelain 2 Desember, angka 212 juga bisa memiliki arti 21 Februari. Tahukah kamu, jika pada tanggal 21 Februari 1848,  Karl Marx dan Friedrich Engels, yang merupakan dua guru besar sosiologi dan pemimpin pergerakan kaum buruh modern, menerbitkan manifesto komunis atau disebut juga manifesto partai komunis. Bisa dibilang diterbitkannya manifesto komunis ini merupakan tonggak bersejarah bagi partai komunis di masa itu.


4

Agen Polisi


agen-polisi-212212 juga merujuk pada sebuah komik laris dari Belgia yang berjudul Agen Polisi 212. Mengusung genre humor, serial komik ini dengan cepat mendapat respon positif dari pembaca. Komik ini juga merupakan komik terlaris dalam bahasa Perancis, dengan 66.000 salinan cetak untuk album 25 tahun 2006.


5

21212 Mobil Warna


angka 212Ini bukan arti yang penting sih, tapi bagi kamu besar di tahun 90an, pasti kenal dengan joke receh ini, Yup “21212 MOBIL WARNA”. Jika kamu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, maka hasilnya akan terdengar kocak.

Benarkah Ada Hubungannya Antara Demo FPI dengan Film V for Vendetta?

Hanya berbeda sehari, apakah demo FPI yang dilakukan di depan Istana Merdeka ini akan mengulang keberanian Guy Fawkes dalam menggulingkan kekuasaan.
Baca Juga

Kamu punya opini lain mengenai arti dari angka 212? jangan sungkan untuk share opinimu di kolom komentar ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleBenarkah Ada Aiden Pearce di Watch Dogs 2? Ini Jawabannya!
Next articleSeminar BEKRAF Game Prime: Cara Menulis Review Game dengan Lebih Objektif
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca