Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Ngaku otaku tapi ga tau dari mana asal nama Studio Ghibli? Ga tau asal nama Gundam? Berapa gaji animator Jepang? Kalau belum tahu kamu wajib baca artikel ini untuk menambah wawasanmu di dunia anime!

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Meskipun kamu sudah menonton lebih dari seribu anime, tentunya masih banyak yang mesti kamu pelajari tentang media populer ini. Anime memiliki sejarah yang kaya, banyak inspirasi dan latar belakang, dan banyak trivia yang bisa dieksplorasi. Disini, kita akan membahas fakta-fakta di dunia anime yang mungkin belum pernah kamu dengar. Berapa banyak fakta anime di bawah ini yang kalian tahu?

[read_more id="282659"]

[page_break no="1" title="Anime Awalnya Terinspirasi Gaya Disney"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Anime yang kita kenal sekarang bervariasi dalam style dan konten, tapi semuanya dapat ditelusuri kembali ke satu orang: Osamu Tezuka. Pencipta terkenal dari gaya anime yang mempengaruhi generasi-generasi selanjutnya ini banyak dipengaruhi oleh film-film Disney pada masa itu. Kartun Bambi dan Mickey Mouse adalah contohnya.

Dia menciptakan karyanya, Astro Boy, yang terlihat seperti kartun Disney. Seiring berkembangnya anime, mereka mengambil gaya yang lebih “cute”, dan kemudian berevolusi menjadi anime seperti yang kita kenal sekarang.

[page_break no="2" title="Anime Terpanjang Memiliki Lebih dari 7400 Episode!"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Apa kamu pikir One Piece sudah sangat hebat karena memiliki lebih dari 750 episode? Atau Detective Conan yang memiliki lebih dari 800 episode? Anime terpanjang di Jepang memiliki episode yang jauh lebih banyak dari kedua anime diatas. Anime itu adalah Sazae-san, dengan episode lebih dari 7400 dan masih tayang hingga saat ini!

[read_more id="280262"]

[page_break no="3" title="Nama Studio Ghibli Diambil dari Nama Pesawat"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Apakah kamu pernah bertanya-tanya darimana asal nama Ghibli dan apa artinya? Orang yang mempelajari Perang Dunia II mungkin mengenalinya sebagai Capronni Ca.309, sebuah pesawat dari era Perang Dunia II yang dimiliki Italia dan memiliki julukan Ghibli. Bagi kalian yang mengerti bahasa Arab mungkin juga mengenali makna kata Ghibli: Desert Wind (Angin Gurun). Mengingat kecintaan Hayao Miyazaki untuk pesawat dan terbang, bukan sebuah kejutan besar bahwa dia mendapat nama studionya dari sebuah pesawat.

[page_break no="4" title="Gundam Awalnya Bernama Gundom"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Sebelum Gundam meraih kesuksesan besar seperti yang kalian ketahui sekarang, Mobile Suit Gundam melewati beberapa iterasi. Apa yang awalnya dimulai dengan hanya anak laki-laki berkelahi satu sama lain untuk kebebasan berubah menjadi robot raksasa yang kita kenal dan gemari sekarang ini. Seperti halnya Studio Ghibli, kamu mungkin tidak pernah berpikir darimana asal kata Gundam itu.

Menurut Bandai South Asia, kata Gundam awalnya adalah “Gundom”, sebuah gabungan dari kata “gun” dan “freedom”. Yoshiko Tomino, sang pencipta Gundam, kemduian merubah nama “Gundom” menjadi Gundam untuk membangkitkan ide robot yang digunakan seperti bendungan untuk menahan musuh.

[read_more id="278601"]

[page_break no="5" title="Ada Satu Karakter Anime yang Memiliki 22 Seiyuu!"

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Mendapatkan pengisi suara baru di sebuah reboot atau season baru adalah hal yang tidak biasa untuk karakter anime. Tapi ada satu karakter anime yang memiliki seiyuu baru di setiap episodenya. Dia adalah Eucliwood Hellscythe dari anime Kore wa Zombie Desu Ka?. Eucliwood memiliki 22 seiyuu berbeda dari seluruh episode Kore wa Zombie Desu Ka?, termasuk juga OVA.

Mengingat karakter ini sangat jarang berbicara hal ini cukup aneh. Tapi kenapa dia memiliki 22 seiyuu? Itu karena dalam setiap episode, pasti ada scene dimana sang karakter utama berfantasi tentang suara Eucliwood ketika dia berbicara. Dan setiap kali hal ini terjadi dia memiliki suara yang berbeda, tergantung dari fantasi sang tokoh utama.

[page_break no="6" title="Anime Sudah Ada Sejak Awal 1900"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Saat kita bicara tentang Anime, kita biasanya menyebut Osamu Tezuka sebagai orang yang memulainya pada tahun 1950-an. Dan meskipun itu tidak salah jika kita mengacu pada anime modern, animasi Jepang sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum itu. Animasi kartun sudah ada sejak tahun 1907.

Di Jepang, animasi digunakan sebagai perpanjangan dari teater, seniman menciptakan, bereksperimen, dan menyempurnakan bentuk seni baru ini bertahun-tahun sebelum mencapai tangan dingin Tezuka. Katsudo Shashin, Junichi Kouichi, dan Seitarou Kitayama adalah tiga orang yang diperkirakan memulai animasi Jepang. Walaupun tidak setenar Tezuka, ketiga orang tersebut tetap berjasa dalam dunia anime.

[page_break no="7" title="Animator Jepang Banyak yang Bergaji Rendah!"]

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Untuk yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Menjadi animator untuk anime mungkin terdengar menyenangkan, tapi itu sangat melelahkan,pekerjaan berat yang bergaji rendah. Setiap tahunnya ada banyak anime yang diproduksi, tapi animator semakin sedikit. Hasilnya adalah animator yang bekerja hampir sebulan penuh tanpa istirahat dan mendapatkan gaji dibawah upah minimum.

Seberapa buruk hal itu? Artikel di [outbound_link text="Kotaku" link="http://kotaku.com/average-anime-industry-salaries-get-depressing-1774852881"] ini memiliki rincian dari gaji rata-rata untuk berbagai posisi di industri anime, dan jumlahnya benar-benar menyedihkan, diukur dari rata-rata gaji di Jepang. Kami tidak mencegah siapapun untuk mengejar karir sebagai animator di Jepang, tetapi realita lebih kejam daripada yang kamu pikirkan.

[read_more id="278588"]

Itulah 7 fakta anime yang mungkin kalian belum ketahui. Tentunya masih banyak fakta anime lainnya yang belum masuk di daftar ini. Jika kalian ingin menambahkan, silakan kalian tuliskan di kolom komentar yah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU