Attack on Titan 88 Tunjukkan Efek Buruk Kekuatan Eren

Attack on Titan 88

Selain menjelaskan lebih lanjut penutup kisah Grisha Yaeger, Attack on Titan 88 juga menunjukkan efek buruk kekuatan titan Eren! Seperti apa?

Berhubung plot di Attack on Titan 88 ini – jelas – belum disampaikan di anime, mungkin ada pembaca yang belum mengikuti alur manganya hingga sejauh ini. Untuk yang belum ingin kena bocoran, maka peringatan besar-besar di bawah ini sebaiknya jangan diabaikan.

SPOILER ALERT!!

Sebelum Trailernya Rilis, Tonton Dulu Teaser Spider-Man Homecoming Ini!

Teaser Spider-Man Homecoming dirilis mendahului trailer penuhnya. Walau singkat, rasanya video ini sudah bisa membuat penonton bersemangat!
Baca Juga

Di Attack on Titan 87 terungkap siapa sebenarnya Owl yang secara diam-diam membantu pemberontakan kelompok Grisha. Namun pasti ada alasan kenapa Owl tidak pernah terlihat sebelum ini. Apakah dia dibunuh oleh tentara Marley?

Ternyata tidak. Owl yang bernama asli Eren Kruger ini memang mati… tapi dia menyerahkan nyawanya kepada Grisha. Di sini terungkap kalau Eren Kruger adalah pemilik pertama kekuatan Rogue Titan, yang sekarang dimiliki oleh Eren Yaeger. Eren sendiri, seperti sudah terungkap sebelumnya, mewarisi dari Grisha.

Alasan Eren Kruger harus mewariskan kekuatannya juga ternyata cukup pahit. Setiap shifter titan mungkin dapat beregenerasi dari berbagai macam luka, namun itu bukan berarti mereka akan hidup selamanya. Malah mereka memiliki usia maksimum yang sudah ditetapkan: 13 tahun.

Attack on Titan 88

Armin yang baru saja memakan Berthold memiliki kira-kira 13 tahun. Sementara itu Eren yang telah dijadikan ayahnya titan lima tahun lalu hanya memiliki kurang-lebih 8 tahun saja.

Ini memberi alasan yang lebih jelas kenapa Grisha begitu memaksa Eren untuk menjadi titan di usia muda. Mengingat usia Eren saat itu, sepertinya Grisha pun sudah hampir menjelang ajal. Tentunya proses perubahan Eren pun menyebabkan tragedi tersendiri bersama keluarga Reiss yang berkumpul saat itu.

attack-on-titan-88-revelation-2

Jadi jangan heran Mikasa smapai mencoba menolak kenyataan ini. Bayangkan saja rasanya mendengar satu-satunya keluarga yang tersisa (Eren) dan sahabatnya sejak kecil (Armin) hanya memiliki maksimal 13 tahun untuk hidup. Pastinya sama sekali tidak mengenakkan.

Terungkap juga kalau salah satu shifter titan tewas tanpa sempat mewariskan kekuatannya kepada siapa pun, maka kekuatan itu akan secara magis berpindah ke pemiliki darah Eldia, tak peduli jarak.

attack-on-titan-88-revelation-3

Ngomong-ngomong, tahukah kamu apa nama sejati dari Rogue Titan yang dimiliki Eren Kruger dan Eren Yaeger? Terjemahan fan yang beredar sejauh ini menyebutnya sebagai Attack Titan. Namun kalau melihat versi Jepangnya, yang tertulis adalah… Shingeki no Kyojin.

Yep, ternyata Attack on Titan bukan terjemahan judul yang tepat. Seharusnya terjemahannya sejenis dengan Attack Titan. Kenapa? Karena sejak awal, judul ini bukan mengacu kepada upaya Survey Corps menghabisi para titan saja, tapi juga identitas Rogue Titan itu sendiri!

Kilas balik ke masa lalu Grisha Yaeger tampaknya sudah berakhir. Apa yang akan terjadi setelahnya? Mari kita nantikan bersama di Attack on Titan 89!


SHARE
Previous article5 Karakter Danganronpa V3 Lainnya yang Tak Kalah Penting untuk Dikenal
Next articleGuide Final Fantasy XV: Cara Farming Gil dan Gapai Level Maksimal

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.