Daftar Game PS4 dan PC Terbaik yang Rilis November 2016

Menjelang akhir tahun, hanya ada sedikit judul game yang wajib kamu mainkan. Yuk lihat judul apa saja yang masuk ke daftar game terbaik November 2016 berikut!

Daftar Game PS4 dan PC Terbaik yang Rilis November 2016

Daftar Game PS4 dan PC Terbaik yang Rilis November 2016

Menjelang akhir tahun ini, tidak begitu banyak game yang rilis. Ini membuat saya lebih mudah memilih game untuk kategori tertentu, tapi di sisi lain saya agak kesulitan juga menentukan genre dan game apa yang patut masuk ke dalam kategori Game Terbaik November 2016! Dilematis sekali.

Ya, tanpa banyak basa-basi lagi, saya persembahkan daftar game November 2016 terbaik untuk PC dan konsol dari Duniaku.net. Coba kita lihat, kira-kira game apa saja yang menjadi pilihan pada November 2016.

[page_break no="1" title="Shooter Terbaik - Call of Duty Infinite Warfare"]

  • Platform: PC, PS4, Xbox One

Bulan ini Call of Duty tidak mendapat banyak perlawanan. Satu-satunya judul yang menghadapinya hanyalah Killing Floor 2. Meski menyajikan kualitas visual yang cukup apik dan sistem target="_blank">gore yang kompleks, sayangnya secara keseluruhan masih terasa memiliki kekurangan konten bila dibandingkan dengan game pertamanya. Sementara itu, Call of Duty masih memberikan pengalaman bermain yang sama secara konsisten -- bisa baik dan buruk, tergantung sudut pandangmu. Tapi saya penganut paham, "If it ain't broke, don't fix it."

Dengan memakai sistem dan mekanika permainan yang sangat familiar, Call of Duty: Infinite Warfare tetap memberikan pengalaman bermain yang unik berkat latar luar angkasanya yang menceritakan pertempuran kubu pemerintah dunia SCAR melawan para kaum pemberontak SDF yang kejam. Pertempuran luar angkasanya pun semakin dinamis, di mana kamu bisa menempel ke sisi-sisi pesawat, menarik musuh dengan grappling hook, dan melakukan beragam manuver menggunakan jet pack.

Ditambah, Activision juga mengeluarkan Call of Duty 4 Modern Warfare remaster bersamaan dengan Infinite Warfare. Waktunya bernostalgia, nih!

[read_more id="278530"]

[page_break no="2" title="RPG Terbaik - Tyranny"]

  • Platform: PC

RPG populer Final Fantasy XV ternyata dinilai mengecewakan untuk skala dan waktu pengembangannya. 10 tahun lamanya menunggu, tapi hasil akhirnya terasa biasa saja. Secara keseluruhan, game tersebut tidak jelek hanya saja terasa terlalu ambisius dan gagal menyampaikan visi terdahulunya -- terutama perihal kompilasi "Fabula Nova Crystallis."

Mengingat tidak banyak juga RPG yang rilis pada bulan November ini, jadi gelar RPG terbaik saya berikan kepada Tyranny. Digarap oleh Obsidian Entertainment yang sukses besar dengan Pillar of Eternity-nya, Tyranny kembali memakai gaya permainan RPG komputer jadul melalui sudut pandang isometris dan dialog bercabang. Game ini juga mengangkat tema yang unik, yaitu menjadi seorang penguasa jahat yang berusaha menghabisi sisa-sisa pasukan lawan. Selama permainan bisa saja kamu akan bersimpati dengan musuh-musuhmu dan kamu bebas menentukan nasib kerajaanmu dengan membantu atau menghabisi mereka.

Selain Tyranny, Pokemon Sun dan Moon mengekor dengan sangat tipis di belakang sebagai RPG terbaik November 2016, berkat fitur-fitur baru seperti Z-Moves, Alolan Types, serta dareah barunya yang sangat menawan dan penuh fanservice untuk penggemar lama yaitu Alola.

[read_more id="282081"]

[page_break no="3" title="Action Terbaik - Dishonored 2"]

  • Platform: PC, PS4, Xbox One

Dishonored 2 kembali membawakan gameplay action dan stealth, memperbaiki -- dan meningkatkan -- segala aspek dari game pertamanya. Disediakannya dua protagonis, Corvo dan Emily, memberikan pengalaman yang lebih seru, karena keduanya memiliki kemampuan yang berbeda.

Corvo masih sama dan lihai dalam stealth sementara Emily lebih mantap dalam melakukan crowd control. Setiap pilihan yang kamu buat di game juga akan dikomentari oleh mereka berdua. Tidak hanya skill dan karakter, map pun dikembangkan dengan desain yang lebih terbuka dan memiliki banyak jalan untuk menyelesaikan misi. Jelas harus dimainkan bagi penggemar game stealth maupun penyuka game petualangan.

[read_more id="269544"]

Apa lagi ya game terbaik selama November 2016? Langsung buka halaman 2!

[page_break no="4" title="Strategi Terbaik - Football Manager 2017"]

  • Platform: PC

Ini maksud saya soal "susah menentukan genre dan game apa" yang saya sempat bilang tadi. Secara umum, Football Manager lebih cocok masuk ke dalam genre simulasi, tapi menurut saya sistem sebagai pelatih klub sepakbola di mana kamu harus menyesuaikan strategi, pemain, dan mengatur dana klub membuat game ini cocok disebut sebagai game strategi.

Yang membuatnya terasa spesial, bukan hanya kembalinya AI yang lebih mantap dari Football Manager 2015, tetapi juga adanya "simulasi Brexit" yang sangat mempengaruhi kemungkinanmu merekrut pemain dari luar Inggris atau sebaliknya karena urusan politik.

[page_break no="5" title="Indie Terbaik - Owlboy"]

  • Platform: PC

Yang terakhir adalah Owlboy. Sebenarnya saya memilih ini bukan (cuma) karena saya kehabisan ide, tetapi setengahnya juga didorong karena grafis pixel-art-nya yang sangat cantik. Saya rasa cukup langka untuk sebuah game indie memiliki pixel-art sebagus ini -- bahkan mengalahkan pixel-art sekelas Metal Slug.

Digarap sejak 2007 (ada apa dengan game nggak rilis-rilis dan 2016?), Owlboy menceritakan petualangan manusia-setengah-burung bernama Otus yang berusaha menyelamatkan desanya yang diserang oleh sekumpulan bandit. Selama permainan Otus bisa terbang dan menjatuhkan barang ke musuh-musuhnya, dan kemudian dia bisa mendapatkan teman-teman yang memiliki senjata dan kemampuan berbeda.

[read_more id="283212"]


Itulah lima judul game PC dan konsol yang menjadi game terbaik November 2016. Apakah ada game lain yang menurutmu lebih pantas disebut game terbaik bulan lalu? Sampaikan opinimu di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU