Brace Yourself, Ini Alasan Anime Favoritmu Tidak Mendapatkan Season Baru

shirobako-116501

Setiap musim ada banyak anime baru yang tayang (musim gugur 2016 memiliki sekitar 80 anime baru). Beberapa ada yang bagus, beberapa ada yang buruk, dan ada juga yang mengerikan, dan beberapa, entah bagaimana, melekat dalam hati kita, dan membuat kita selalu berharap akan adanya season baru. Tapi, untuk membuat kelanjutan sebuah anime tidaklah mudah. Jadi, tanpa basa-basi, mari kita bahas kenapa, tidak peduli seberapa populer anime itu, tidak peduli seberapa banyak orang yang membaca light novel/manga, tidak peduli seberapa populer anime favoritmu di medsos, anime favoritmu kemungkinan besar tidak akan mendapatkan season baru.

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Jangan Ngaku Otaku Kalau Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini!, Anime, Manga, Osamu Tezuka, Gundam, Anime Pertama, Anime Episode Terbanyak
Baca Juga

Bagaimana Anime Lahir

shirobako-meeting

Kita akan membahas banyak hal disini. Bagaimana anime dibuat kira-kira seperti ini. Perusahaan produksi membentuk komite setelah mereka memilih untuk mengubah sesuatu menjadi anime. Komite ini kemudian mencoba untuk menemukan investor untuk berinvestasi ke komite agar mereka bisa memproduksi anime. Berbagai perusahaan akan mencoba untuk memiliki saham di anime. Mereka biasanya dari berbagai macam perusahaan, dari merchandising, beberapa dari manga atau perusahaan penerbit light novel, dan ada juga dari media online.

Alasan dan Fakta Ini Membuktikan Jika Carrot Cocok Menjadi Nakama Baru Luffy!

Carrot, One Piece,Inilah Alasan dan Fakta Kalau Carrot Cocok Menjadi Nakama Baru Luffy!, Nakama Baru, Minks, Anggota Ke-9 Topi Jerami
Baca Juga

Seperti yang kita semua tahu, anime yang mereka buat bisa menjadi hit besar. Namun, ini adalah bisnis yang berbahaya dan beresiko. Membuat anime sangat mahal. Studio, staff, animator, editor, tim PR, dan segala sesuatunya harus dibiayai. Kemudian mereka harus membuat anime yang bisa menghabiskan waktu beberapa bulan sampai tahun tergantung pada studio dan berapa banyak uang dan waktu yang diberikan komite kepada mereka.

tumblr_o9sun94k251vu80cvo3_1280

Setelah anime selesai diproduksi dan sudah dijadwalkan, hampir selalu ada pre-screening dimana mereka kan menunjukkan satu atau dua episode. Dan kemudian biasanya diadakan pertunjukan live dengan staf dan seiyuu. Berikutnya, merchandise harus dipesan dan dibuat, seperti DVD dan Blu-ray. Jika ada restoran atau kafe yang akan melakukan kolaborasi, atau sebuah perusahaan game mobile akan membuat adaptasi gamenya, perusahaan-perusahaan itu harus mengajukan proposal. Akhirnya ketika acara selesai, ada acara live wrap-up. Kadang-kadang jika mereka sukses, mereka akan mengumumkan akan adanya season kedua.

Uang Menentukan Segalanya

show-azusa-the-money

Mengapa Kawaki Ingin Melenyapkan Semua Shinobi? Mungkin Ini Jawabannya

Mengapa Kawaki Ingin Melenyapkan Shinobi? Mungkin Ini Jawabannya!, Keluarga Kawaki Terbunuh Saat Perang?, Kawaki Menginginkan Revolusi, Boruto, Kawaki
Baca Juga

Kita tahu hal ini juga. “Uang adalah yang membuat dunia ”berputar””. Ini tidak berlebihan. Sekitar satu  tahun yang lalu, Marina Sasaki, seorang produser anime yang terlibat dalam Barakamon dan Parasytes mencurahkan isi hatinya di twitter. Dia memberi penjelasan penting tentang mengapa anime tidak mendapatkan season baru.

Dia berkicau:

Manga/materi lainnya dipilih untuk menjadi anime → anime ini menjadi populer → penjualan manga naik → namun, anime Blu-ray disc tidak terjual.

Inilah apa yang dirasakan perusahaan anime ketika mereka membayar hampir 200 juta yen, tetapi manga atau light novel, yang tidak membiayai pembuatan anime, mulai meroket penjualannya. Kami kemudian berpikir, “apakah kitas membuat anime sehingga sumber materialnya bisa terjual dengan baik?”

Kemudian, sumber materialnya semakin laris terjual dan tentu saja akan menjadi pendapat umum kalau animenya akan mendapatkan season baru. Tetapi, walaupun manga atau light novel terjual dengan baik, perusahaan anime tidak mendapatkan sepeser pun. Kembali lagi, jika blu-ray tidak terjual, maka tidak mungkin ada season baru.

Mengungkap Identitas Kawaki, Benarkah Dia “Anak” Naruto dan Sasuke!?

Kawaki Adalah "Anak" Naruto dan Sasuke!? Inilah Sedikit Teori Tentang Kawaki dan Boruto!, Kawaki, Boruto, Naruto, Teori Tentang Identitas Kawaki dan Boruto
Baca Juga

“Tapi bagaimana jika merchandisenya laku keras?” Royalti untuk merchandise hanya beberapa persen dari pendapatan aslinya, bahkan jika merchandise menghasilkan penjualan sebanyak 10 juta yen, hanya beberapa ratus ribu yen yang didapatkan oleh perusahaan anime. Pada akhirnya, jika anda tidak menjual banyak, anda tidak akan menghasilkan pendapatan yang banyak. Oleh karena itu, jika blu-ray tidak terjual, maka itu akan benar-benar menyulitkan.

Lanjut ke halaman 2..

1
2

SHARE
Previous articleTrailer Terbaru Film Assassin’s Creed Dirilis, Tampilkan Aksi Memukau ala Game-nya!
Next articleGrand Launching MSI Store Hadirkan Berbagai Promo Menarik!
Penggemar berat One Piece. Penikmat game RPG, anime and manga lover, dan mulai masuk ke dunia superhero. Fans Suikoden series dan seorang Interisti.