Inilah 10 Game Indonesia Terbaik 2016 yang Patut Kita Banggakan!

Manakah game Indonesia favoritmu selama tahun 2016 ini?

Inilah 10 Game Indonesia Terbaik 2016 yang Patut Kita Banggakan!

Inilah 10 Game Indonesia Terbaik 2016 yang Patut Kita Banggakan!

Berikut adalah daftar 10 game Indonesia terbaik 2016 versi redaksi Duniaku.net. Manakah yang menjadi favoritmu?

Tidak bisa dipungkiri, industri game Indonesia memang terus tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun. Bukan hanya dari segi jumlah game yang dirilis, akan tetapi dilihat juga dari segi judul-judul game yang memberikan dampak besar dan berjaya di dunia internasional. Ada game yang sukses mendapatkan jutaan download, ada yang berhasil menyabet berbagai penghargaan nasional dan internasional, ada juga game-game yang memiliki gameplay inovatif, dan berbeda dibandingkan game-game sebelumnya yang pernah ada.

Nah, kali ini Duniaku.net memilih sepuluh game indonesia terbaik 2016 dari berbagai platform. Oiya, kami tidak membuat daftar ini berdasarkan ranking yang terbaik. Jadi bukan berarti game yang bernomor kecil lebih baik dibandingkan game yang bernomor lebih besar. Apa saja game Indonesia terbaik 2016? Yuk kita simak!

[page_break no="1" title="Tahu Bulat (Own Games)"]

Bakal sangat aneh jika daftar game terbaik Indonesia 2016 ini tidak menyertakan judul Tahu Bulat di dalamnya. Yap, bisa dibilang ini adalah tahunnya Own Games dan Tahu Bulat-nya. Mengandalkan genre idle/clicker dengan tema lokal yang kental, game ini pun berhasil meraup jutaan download, bahkan sempat beberapa kali mengalahkan game-game buatan Supercell di peringkat Google Play Store. Selain itu, Tahu Bulat tahun ini juga menggondol banyak gelar di ajang nasional dan internasional seperti Game of The Year dalam Game Prime Awards 2016 dan juga gelar Guilty Pleasure dalam International Mobile Game Awards SEA 2016. Selamat!

Download Tahu Bulat: Google Play Store (Gratis)

[page_break no="2" title="Cute Munchies (Niji Games)"]

Baru kurang lebih satu tahun berdiri, Niji Games asal Yogyakarta langsung menggebrak lewat game keduanya, Cute Munchies ini. Mengusung genre puzzle yang adiktif dan juga karakter-karakter super imut, Cute Munchies pun laris manis di pasaran. Bahkan game ini pun menjadi game pertama dari Indonesia yang mendapatkan gelar Editor's Choice dari Google Play Store. Tugasmu dalam game ini adalah menyelesaikan level dengan cara menggerakkan kelinci (atau hewan imut lainnya) untuk melompati petak-petak dan juga memakan makanan yang tersedia.

Download Cute Munchies: Google Play Store (Gratis) / iTunes App Store (Gratis)

[page_break no="3" title="Monster Age (ArtLogic Games/Gimku)"]

Kamu penggemar berat Pokemon GO, namun tidak banyak waktu untuk bermain keluar rumah? Monster Age dari ArtLogic Games ini bisa jadi pilihan yang sangat menarik. Game ini memadukan unsur RPG layaknya game Summoners War dengan monster collecting ala Pokemon. Dalam game ini, kamu akan berpetualang menjelajahi sebuah dunia bernama Wild World, sekaligus mengumpulkan monster-monster untuk membantumu selama berpetualang. Kombinasi monster dari berbagai elemen akan menjadi salah satu kunci suksesmu untuk membentuk sebuah party yang kuat guna menjalani petualangan.

Download Monster Age: Google Play Store (Gratis)

[page_break no="4" title="Not a Simulator For Working-NSFW (Gamechanger Studio)"]

NSFW ini membuktikan, bahwa tidak perlu mengajukan sebuah gameplay yang kompleks agar disukai banyak orang. Konsep yang unik pun bisa menjadi nilai jual utama sebuah game. NSFW merupakan permainan bergenre kasual arcade simulator dimana kamu berusaha ber-“senang-senang” pada saat kamu bekerja di kantor. Gameplay dari game ini sangat simpel, namun cukup mensimulasikan “ketegangan” saat ingin beristirahat kala bekerja. Kamu bisa memainkan berbagai mini game untuk “memanjakan diri” saat bekerja. Namun kamu juga harus siaga karena sewaktu-waktu rekan kerja atau bahkan bosmu akan lewat. Jangan sampai, mereka memergokimu tengah nonton video porno di jam kerja!

Download NSFW: Steam (Rp24.999)

[page_break no="5" title="Number Rumble (Game5Mobile)"]

Lagi-lagi sebuah game dengan gameplay yang simpel, namun sangat adiktif. Yap, Number Rumble adalah sebuah game yang akan mengasah otakmu dalam melakukan perhitungan matematis. Gameplay utama dalam game ini adalah duel PvP secara realtime antar dua pemain untuk memainkan mini game bertema angka dan matematika yang tersedia. Duel terdiri dari tiga ronde, dan mereka yang mendapatkan skor tertinggi dari tiga ronde tersebut akan menjadi pemenangnya. Tidak heran jika saat peluncuran versi iOS-nya bulan November kemarin, Number Rumble sempat di-featured di lebih dari 129 negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat dan Korea Selatan!

Download Number Rumble: Google Play Store (Gratis) / iTunes App Store (Gratis)

Apa lagi ya game terbaik Indonesia 2016? Langsung buka halaman 2!

[page_break no="6" title="Infectonator: Survivors (Toge Productions)"]

Setelah pengembangan kurang lebih empat tahun, dimana dua tahun diantaranya rilis dalam format Early Access, akhirnya tahun ini Toge Productions meluncurkan mahakaryanya, Infectonator: Survivors di Steam. Toge Productions sendiri mendeklarasikan game ini sebagai “Randomized Permadeath Survival Simulator that combines RTS, Tower Defense, Roguelike, and Management-Simulation gameplay” yang artinya, mencampur adukkan beberapa genre sekaligus. Sejak awal perilisannya di Early Access lalu, tampak pondasi dari masing-masing genre ini sudah cukup solid, sehingga hanya perlu memperbaiki dan mempercantik saja. Dan benar saja, game ini sempat jadi game terpopuler di Steam saat perilisannya bulan Agustus 2016 kemarin.

Download Infectonator Survivors: Steam (Rp99.000)

[page_break no="7" title="Warung Chain: Go Food Express (Touchten Games)"]

Seri Chain dari Touchten Games memang tidak pernah mengecewakan penggemarnya. Termasuk Warung Chain: Go Food Express yang dirilis tahun ini. Game dengan konsep time management ini menghadirkan banyak masakan-masakan lokal khas yang sering kamu temui di warteg, seperti Bakso Malang, Tempe, Ikan Goreng, Ayam Goreng Spesial dan Martabak. Sama seperti game-game Touchten Games lainnya, dalam Warung Chain ini kamu pun bisa mengumpulkan Kado Poin yang bisa kamu tukarkan dengan hadiah di platform KadoSaku milik Touchten. Hadiah yang bisa kamu dapatkan bermacam-macam, mulai dari yang sifatnya digital seperti vouchermakan atau pulsa, hingga item fisik seperti berbagai macam gadget!

Download Warung Chain: Google Play Store (Gratis) / iTunes App Store (Gratis)

[page_break no="8" title="DreadOut: Keepers of The Dark (Digital Happiness)"]

Sukses dengan Act 1 dan Act 2, akhirnya Digital Happiness merilis versi DLC standalone yang bisa dimainkan secara terpisah ini. Dalam DLC DreadOut Keepers of The Dark ini, kamu masih akan memerankan Linda yang harus menyelesaikan puzzle dari kurang lebih 13 hantu baru yang muncul. Dalam DLC ini, kamu akan menemui area dan level-level yang sebelumnya kamu temui di Act 0, 1 dan 2, plus tambahan dua level baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kisah dari Keepers of The Dark ini sendiri bisa dibilang merupakan bagian yang hilang dari event DreadOut Act 2 lalu. Tentu saja, "puzzle" permainan DreadOut-mu akan semakin lengkap dengan kehadiran DLC ini.

Download Keepers of The Dark: Steam (Rp59.999)

[page_break no="9" title="Football Saga: Fantasista (Agate Studio)"]

Hampir setengah tahun dirilis secara terbatas untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura, akhirnya di bulan Desember ini Football Saga: Fantasista dirilis secara global. Digadang-gadang bakal meneruskan sukses Football Saga versi web, Fantasista menawarkan sebuah gameplay simulasi sepak bola yang berbeda dibandingkan yang banyak ditemui di pasaran. Kamu bukan mengatur strategi untuk satu tim sekaligus seperti Football Manager, melainkan berperan sebagai satu orang dan bergabung bersama pemain lain dalam satu klub untuk memenangkan pertandingan demi pertandingan.

Download Football Saga Fantasista: Google Play Store (Gratis) / iTunes App Store (Gratis)

[page_break no="10" title="Ultimate Tower (Wisageni)"]

Dari sekian banyak game yang ada di daftar ini, Ultimate Tower tampil "beda" karena merupakan satu-satunya game yang dirilis untuk web di portal Armor Games. Dalam Ultimate Tower, kalian perlu membangun menara vertikal dengan sumber daya yang sangat terbatas. Namun dengan pengaturan dan kombinasi yang tepat, kamu bisa membangun sebuah “ultimate tower,” seperti yang tergambarkan dalam judul game ini. Dalam game ini pertahanan kalian terfokus hanya pada 1 menara saja, sehingga membedakan dengan tower defense lain yang mengharuskanmu untuk membangun banyak menara di rute yang bakal dilalui musuh.

Ultimate Tower: Armor Games (Play Now)

Itulah 10 game Indonesia terbaik 2016 pilihan Duniaku.net. Kamu punya judul game Indonesia terbaik 2016 lainnya? Silakan share di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU