25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

tips final fantasy xv guide

Salah satu game PlayStation 4 (dan Xbox One) yang paling ditunggu bulan Desember ini adalah Final Fantasy XV. Penantian panjang selama sepuluh tahun akhirnya terbayar sudah. Final Fantasy XV hadir dengan sangat berbeda dibandingkan para pendahulunya. Saya harus angkat topi untuk keberanian Square Enix berinovasi, menghadirkan Final Fantasy generasi baru ini.

Slogan Final Fantasy XV adalah “This is a fantasy, based on reality”. Inilah Final Fantasy yang diracik untuk veteran maupun pemula. Menyambut dirilisnya game ini, saya menuliskan 25 Tips Final Fantasy XV. Ini adalah panduan awal bagi kamu yang ingin memulai game ini.

final-fantasy-xv-new-21

Tips Final Fantasy XV yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Memulai Game ini!

1. Mainkan Tutorial

Battle system Final Fantasy XV sangat berbeda dengan game-game pendahulunya. Kamu harus membiasakannya. Untuk itu mainkan dulu Tutorial di awal game ini. Tutorial ini akan mengajarkan beberapa hal basic terkait battle system, seperti cara menyerang dan menghindar/block yang cukup dengan menahan tombol (bukan klik berkali-kali), menarget lawan, mengganti senjata, mengeksploitasi kelemahan lawan, bahkan menggunakan magic dan Elemancy System juga diajarkan di sini.

2. Tidur dan Makan

Bukan hanya battle system-nya saja yang berbeda, Final Fantasy XV juga memiliki cycle leveling yang unik. Noctis dkk. mendapatkan experience point ketika mengalahkan musuh dan menyelesaikan quest, namun exp point tersebut tidak langsung ditambahkan ke karakter. Mereka harus tidur dulu agar exp point ini didistribusikan ke tiap karakter (untuk naik level).

Ada dua pilihan untuk tidur: camping dan tidur di penginapan (caravan, motel, hotel). Tidur di penginapan tentu lebih nyaman dibanding camping, oleh karena itu lebih mahal (sementara camping gratis). Kenyamanan tidur di penginapan ditukar dengan exp modifier.

Artinya jika camping, exp yang didapatkan oleh Noctis dkk adalah 1x, maka dengan tidur di penginapan, exp yang mereka peroleh bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kenyamanan penginapan tersebut. Di Caravan, exp modifier-nya 1.3x, di Motel 1.5x, dan di Hotel bisa 2x.

final-fantasy-xv-18-nov-22

Makan juga hal lain yang sangat esensial. Dengan makan, maka Noctis dkk. akan mendapatkan berbagai buff, seperti ATK/DEF UP, EXP UP, penangkal status buruk, mengingkatkan rate drop item, meningkatkan regenerasi, menambah kemungkinan critical, dsb. Makan ini bisa dilakukan di restoran, tentu saja dengan membayar sejumlah gil yang tidak murah.

Beruntung Noctis punya pelayan setia, Ignis, yang sangat jago memasak. Jika camping, tiap malam Ignis akan memasakkan sesuatu untuk Noctis dkk. Kemampuan memasak Ignis akan meningkat tiap kali camping, dan menu-menu yang dia masak akan lebih bervariasi seiring dengan seringnya Noctis dkk mencicipi makanan di restoran.

Guide Final Fantasy XV: Awas Perut Kosong, Ini Daftar Makanan Favorit Noctis dkk

Guide Final Fantasy XV: Awas Perut Kosong, Ini Daftar Makanan Favorit Noctis dkk, favourite food Final Fantasy XV makanan favorit, daftar makanan FF15
Baca Juga

3. Jangan Bergadang!

Seperti kebanyakan game open world lainnya, Final Fantasy XV memiliki cycle siang dan malam. Tips Final Fantasy XV kali ini terkait dengan cycle tersebut. Pada level-level awal, sebisa mungkin hindari eksplorasi saat malam hari. Pasalnya, monster-monster yang lebih kuat (Deamon) muncul di waktu malam hari. Tentu Noctis dkk akan sangat kerepotan jika harus menghadapi Iron Giant level 30 di awal-awal game. Seperti kata Bang Haji: “Bergadang, jangan bergadang, kalau tiada artinya…”

final-fantasy-xv-omen-20

4. Selalu Camping di Tempat Baru

Kamu akan menemukan banyak tempat camping baru bertebaran di seluruh dunia. Begitu menemukan, segera camping. Camping di tempat baru akan memberikan 1 AP (Ability Point) yang digunakan untuk membuka skill baru di Ascension Grid. Selain itu, terkadang anggota party (Gladio, Prompto, Ignis) akan meminta sesuatu ke Noctis (quest personal, yang sangat mudah), yang jika dikerjakan akan memberikan bonus AP lebih banyak lagi (hingga 20 AP per quest).

Final-Fantasy-XV-TGS-23

5. Hunting untuk Gil, Quest untuk EXP

Sebagai seorang putera mahkota, saya heran kenapa Noctis tidak punya banyak uang! Sulit sekali untuk membeli barang/stock Potion, Elixir, dan Phoenix Down di awal-awal game. Apalagi membunuh musuh tidak memberikan uang/gil seperti dalam game-game pendahulunya. Nah, tips Final Fantasy XV kali ini terkait dengan gil dan EXP. Untuk mendapatkan gil, pergilah ke restoran dan selesaikan hunting quest. Hunting tidak hanya memberikan exp (dengan mengalahkan musuh yang sedang di-hunt), namun reward-nya berupa gil juga sangat banyak.

Nah, jika kamu butuh EXP lebih banyak, selesaikanlah quest-quest yang lain. Cari tanda tanya kuning di peta yang menandakan adanya quest baru. Memang quest-quest awal game ini cukup membosankan (mencari kodok, mengantarkan barang, mencari mineral), namun lama-kelamaan quest-quest ini akan berkembang menjadi lebih menarik. Jangan lupa untuk tidur, setidaknya di motel (300 gil) untuk mendapatkan EXP modifier 1.5x.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk tips-tips Final Fantasy XV lainnya…

1
2
3
4
5

SHARE
Previous articleYuk Nonton, Inilah 10 Video Viral Terbaik 2016!
Next articleBertarung Pakai Pedang sampai Nembak Rudal, Ini Hebatnya “Naruto Masa Depan”

Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.