Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi

Android Lenovo, Gionee, Hisense, Mediatek, Helio, dan bahkan ZTE diduga menjalankan software Adups yang memiliki backdoor mengumpulkan dan membocorkan data pengguna smartphone. Bagaimana cara membersihkannya?

Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi

Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi

Pertengahan November 2016 lalu, perusahaan keamanan Kryotowire mengidentifikasi jika beberapa perangkat Android mungkin terinfeksi software yang mampu melacak data-data pribadi penggunanya, seperti history panggilan telepon, SMS dan data lainnya, dan kemudian mengirimkannya ke China.

Skandal kebocoran data ini memanfaatkan backdoor (mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, melalui mekanisme logon atau proses autentikasi lainnya), yang menurut Kryptowire, berpotensi berbahaya dan bisa membuat perangkat yang terinfeksi dengan mudah mengirimkan data pribadi pengguna smartphone Android ke Cina tanpa sepengetahuan pengguna perangkat Android.

Menurut Kryptowire, Perusahaan Cina Shanghai Adups Technology (Adups), mengembangkan software ini yang dipasang ke dalam banyak perangkat Android, dan bisa mengumpulkan informasi seperti salinan SMS, daftar contact, call log, serta data pribadi lainnya untuk dikirimkan secara otomatis ke Adups setiap 72 jam. Software ini juga bisa digunakan untuk meng-install software secara remote tanpa sepengetahuan penggunanya.

Adups mengembangkan firmware, jenis perangkat lunak yang smartphone produsen menggunakan untuk memperbarui perangkat dari jarak jauh. Di situsnya, Adups mengatakan ia bekerja dengan lebih dari 400 produsen, pembuat smartphone, dan perusahaan lain di seluruh dunia.

Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi

Kryptowire mengatakan jika teknologi Adups berjalan di dalam lebih dari 700 juta perangkat Android di seluruh dunia. Sebagian besar klien Adups adalah produsen perangkat Android kecil di Cina, namun mereka juga memiliki klien besar seperti ZTE dan Huawei. Namun dalam penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan oleh Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga Terinfeksi Skandal Kebocoran Data Adups Berlanjut! Hisense hingga Mediatek Diduga TerinfeksiSetelah aplikasi tersebut ter-install di PC kalian, hubungkan smartphone dengan mode USB Debugging menyala, dan cari software Adups (com.adups.fota, com.adups.fota.sysoper) dalam perangkat kalian. Jika ditemukan, tinggal nonaktifkan saja. Beres!

Sumber: Adups, Trustlook

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU