F.C. Copenhagen Berencana Membuka Divisi eSport, Mengambil Tim Dota 2-CS:GO-FIFA

F.C Copenhagen
F.C Copenhagen

Bertambah lagi jumlah klub bola profesional yang ingin berekspansi ke eSport. Baru-baru ini, salah satu klub bola asal Denmark, F.C. Copenhagen, mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membuka divisi eSport dalam organisasinya. Hal ini dikemukakan dalam laporan oleh salah satu situs berita ekonomi Denmark, finans.dk.

Dalam laporan tersebut, perusahaan yang menaungi F.C. Copenhagen sedang mempersiapkan puluhan jutaan dollar untuk berinvestasi di bidang eSport. Parken Sport & Entertainment yang merupakan perusahaan tersebut akan menjadikan F.C. Copenhagen sebagai salah satu tim eSport dunia melalui tiga cabang game – Dota 2, Counter Strike:Global Offensive (CS:GO), dan FIFA.

Astralis, tim Denmark yang mendapat pendanaan cukup besar
Astralis, tim Denmark yang mendapat pendanaan cukup besar

Investasi puluhan juta dollar ini akan menjadi investasi paling besar yang pernah terjadi di dunia eSport Denmark. Ini juga akan menjadi kali pertama satu perusahaan di Denmark melakukan investasi besar-besaran di dunia eSport Denmark secara mandiri. Sebagai perbandingan, tim CS:GO terkenal Denmark, Astralis, mendapatkan kucuran dana dari milyuner IT Denmark bernama Tommy Ahlers yang berkerja sama dengan Sunstone Capital pada Januari.

Schalke 04 Mengadakan Turnamen Penyaringan untuk Tim LoL Mereka
Schalke 04 Mengadakan Turnamen Penyaringan untuk Tim LoL Mereka

Meskipun sudah dikabarkan akan mengucurkan dana besar-besaran untuk tiga cabang eSport, baik Parken Sport & Entertainment maupun F.C. Copenhagen belum mengumumkan tentang bagaimana mereka merekrut tim. Apakah mereka akan membuka rekrutmen seperti tim League of Legends dari Schalke 04, atau langsung mengakuisisi tim League of Legends seperti yang dilakukan oleh Paris Saint Germain, hal tersebut masih menjadi misteri.

Namun apabila menarik dari apa yang sedang terjadi di kancah eSport Denmark, besar kemungkinan mereka akan merekrut pemain-pemain yang sudah tergabung terjun ke dunia profesional. Beberapa spekulasi di bawah bisa menjadi hanya sekedar “kebetulan”, atau bisa juga ternyata memang sudah menjadi rencana.

Roster Dignitas yang dilepas
Roster Dignitas yang dilepas

Spekulasi yang pertama adalah mengenai tim CS:GO. Pengumuman divisi eSport F.C. Copenhagen ini hanya berselang beberapa jam setelah salah satu tim besar CS:GO asal Denmark, Dignitas, melepas seluruh pemainnya. Pemain Dignitas dikabarkan tidak ingin kembali bermain dengan organisasi tersebut, dan berkumpul dengan nama ex-Dignitas. Rasa-rasanya jeda waktu berita yang berdekatan ini terlalu aneh untuk dibilang kebetulan.

The Imperial saat Memenangi WESG Eropa+CIS
The Imperial saat Memenangi WESG Eropa+CIS

Spekulasi yang kedua adalah tentang tim Dota 2 yang akan menggunakan bendera F.C. Copenhagen. Lagi-lagi, pengumuman divisi eSport klub sepakbola yang memegang tujuh kali Danish Cup ini tidak berselang lama setelah tim Dota 2 Denmark, The Imperial, membubarkan roster-nya. Mereka juga mengalami masalah yang sama – para pemainnya menolak kembali bermain bersama organisasi tersebut.

Dua spekulasi tersebut memang belum bisa dipastikan, namun tidak bisa juga dibilang hanya sebatas kebetulan. Apabila F.C Copenhagen benar-benar mengakuisisi kedua tim tersebut – atau setidaknya salah satu dari dua tim tersebut, ini akan menjadi salah satu akuisisi yang besar di Denmark, bahkan Eropa.

Kira-kira kalau menurut kalian, hal ini bakal terjadi di Indonesia gak ya?

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleSpesial Hari Ibu: 5 Karakter Ibu Terbaik di Anime yang Ajarkan Berharganya Sosok Ibu
Next articleGokil! Lagu Dangdut Telolet Akhirnya Dirilis. Penasaran Seperti Apa Lagunya?
e-Sports Enthusiast, Game Connoisseurs. Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.