13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayang

Bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayang

Ibu adalah sosok yang wajib kita hormati. Untuk menjadi seorang ibu, tentu bukan pekerjaan yang mudah. Ibu adalah sosok hebat yang mampu melakukan tugas-tugasnya tanpa mengenal lelah.

Seorang ibu tidak bisa dianggap remeh karena harus memikul beban dan tanggung jawab yang sungguh berat. Tak mengherankan mengapa disebutkan jika surga berada di telapak kaki ibu.

Nah, bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember ini, Duniaku telah memilih delapan karakter ibu terbaik di anime yang sosoknya sangat berjasa membimbing anaknya menjadi pribadi yang baik.

Penasaran siapa saja? Berikut ini 13 karakter ibu terbaik di anime.

1. Yor Forger (Spy x Family)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. WIT Studio/ Spy x Family

Yor Forger merupakan istri Loid Forger di anime Spy x Family yang menjadi ibu angkat Anya Forger. Dalam kegiatan sehari-hari, ia berprofesi sebagai pembunuh bayaran.

Meski begitu, ia tak ingin suami dan anaknya tau akan pekerjaannya. Ia hanya menjalani hidupnya dengan nyaman untuk selalu melindungi Anya Forger.

2. Midoriya Inko (Boku no Hero Academia)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Boku no Hero Academia Fandom

Izuku Midoriya atau Deku memiliki seorang ibu bernama Midoriya Inko. Deku merupakan anak laki-laki yang hidup di dunia penuh kekuatan super atau Quirk.

Namun, Deku tidak memiliki Quirk sama sekali. Hal ini membuat ibunya khawatir. Midoriya Inko selalu menyemangati Deku apa pun yang terjadi. Ia yakin Deku akan menjadi orang hebat.

3. Fueguchi Ryoko (Tokyo Ghoul)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. NA Viz Media

Bukan manusia, Fueguchi Ryoko merupakan seorang Ghoul yang sering memangsa manusia. Namun, ia tetap menyayangi anaknya. Ia bahkan mengorbankan nyawa demi anaknya agar selamat dari kejaran agen CCG.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Natal, Cocok Jadi Tontonan Libur Akhir Tahun!

4. Bulma (Dragon Ball)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Shuiesha/Bulma

Bulma adalah ibu dari Trunks. Sebagai karakter yang sudah muncul sejak awal di anime Dragon Ball, kita bisa meliat perubahan drastis karakter Bulma yang kekanak-kanakan menjadi seorang ibu rumah tangga yang mencintai keluarganya.

Pada awal kemunculannya, Bulma digambarkan sebagai seorang gadis ceroboh yang sangat terobesi mengumpulkan bola naga yang terpencar di berbagai pelosok bumi. Namun, seiring berjalannya waktu dan pertemuannya dengan Vegeta, kita bisa melihat perubahan sifat Bulma menjadi lebih dewasa.

Terlebih ketika ia meresmikan pernikahannya dengan Vegeta dan melahirkan Trunks. Meskipun tak memiliki kekuatan super layaknya orang saiyan, tetapi ibu terbaik bukanlah ibu yang kuat, melainkan sosok ibu yang selalu melindungi dan mencintai keluarganya.

5. Bell-Mere (One Piece)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Toei Animation/One Piece

Meskipun Bell-mere hanyalah ibu angkat dari Nami dan Nojika, namun hal tersebut tak mengurangi kecintaannya pada kedua anak angkatnya tersebut. Pertemuan Bell-mere dengan Nojika dan Nami terjadi ketika Bell-mere dikirim ke sebuah pulau untuk melawan bajak laut yang membuat masalah di sana.

Namun, saat pertarungan akan berakhir, Bell-mere menemukan tubuh Nojiko dan Nami yang terancam mati. Atas dasar belas kasihan, Bell-mère mengambil mereka berdua dan membawanya kembali ke desa.

Kisah tragis pun terjadi ketika pasukan Arlong menemukan rumah Bell-mere dan mengancam membunuh Nojiko dan Nami jika tak membayar sejumlah uang. Demi menyelamatkan kedua anak adopsinya itu, Bell-mere rela mati dan Arlong menembaknya tepat di depan mata kedua anak adopsinya.

6. Misae Nohara (Shin-Chan)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih SayangShin-Ei Animation/Crayon Shinchan

Siapa yang tak kesal kalau punya anak super bandel dan sulit diatur? Itulah yang menimpa Misae Nohara, ibu dari Shinosuke Nohara dan Himawari Nohara. Ya, meski punya dua orang anak yang kelakukannya bikin naik darah, tapi tak membuat Misae menjadi ibu yang buruk.

Di animenya, kita bisa melihat bahwa Misae Nohara adalah sosok ibu idaman yang rela bekerja keras mengurus segala urusan keluarga dan anaknya, mulai dari belanja, menggosok pakaian, memasak dan masih banyak lagi.

7. Kushina Uzumaki (Naruto)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangcrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Istilah itu mungkin yang paling tepat menggambarkan hubungan ibu dan anak antara Kushina Uzumaki dengan Naruto Uzumaki. Tumbuh dewasa menjadi sosok perempuan menawan, tak lama setelah menikah dengan Minato Namikaze, ia pun hamil.

Demi melindungi Naruto yang baru lahir dari Madara, Minato menyarankan menggunakan Dead Demon mengkonsumsi Seal pada Sembilan-ekor dan penyegelan ke Naruto sebagai gantinya.

Akibatnya, Kushina dan Minato harus menemuai ajalnya. Sebelum meninggal, Kushina mengatakan ia sangat mencintai Naruto dan berharap suatu saat nanti Naruto menjadi ninja terhebat.

8. Trisha Elric (Fullmetal Alchemist Brotherhood)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Netflix/Fullmetal Alchemist

Jika harus memilih ibu terbaik di anime yang punya kisah tragis, mungkin Trisha Elric adalah salah satu orangnya. Suaminya, Van Hohenheim, sering keluar rumah karena tuntutan pekerjaan sebagai seorang alkemis (ahli alkimia).

Akibatnya, kedua anaknya, Ed dan Al hanya tinggal bersama Trisha Elric. Trisha pun jatuh sakit karena terlalu sibuk mengurusi keluarga dan kedua anaknya. Pada akhirnya, ia meninggal. 

9. Hana (Wolf Children)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Studio Chizu/Wolf Children

Selanjutnya adalah Hana dari film anime Wolf Children.

Hana merupakan ibu tunggal bagi kedua anaknya yang sejatinya adalah setengah serigala, yaitu Yuki dan Ame. Dia harus berjuang seorang diri demi menghidupi kedua anaknya setelah suami werewolf-nya meninggal.

Hana bahkan mengorbankan kehidupan damainya di kota. Dia membawa serta Yuki dan Ame ke sebuah desa terpencil demi tumbuh kembang anak-anaknya tersebut.

10. Ojiya (Dororo)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. MAPPA/ Dororo

Keluarga Dororo harus melalui sejarah yang sulit dalam hidup mereka. Kedua orang tua Dororo harus merelakan kehidupan yang makmur akibat teman terdekat mereka yang berkhianat.

Setelah sang ayah meninggal, ibu Dororo yang bernama Ojiya berjuang seorang diri demi keberlangsungan hidup Dororo yang masih begitu belia. Dia rela menerima semua perlakuan jahat hanya demi menafkahi sang anak.

Salah satu momen paling menyayat hati ialah ketika Ojiya menggunakan telapak tangannya sebagai wadah sup mendidih untuk makan Dororo.

11. Hinata Hyuuga (Boruto: Naruto Next Generation)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangcrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Memasuki era Boruto, Hinata Hyuga lebih banyak disorot sebagai istri Hokage sekaligus ibu dari 2 anak, yakni Boruto dan Himawari.

Hinata adalah pribadi yang lembut dan penyayang. Dia mengambil alih tangguh jawab penuh untuk mengasuh kedua anaknya, sembari berusaha mengajarkan Boruto dan Himawari untuk tetap memaklumi kesibukan Naruto yang merupakan ayah mereka.

Hinata begitu peduli pada kehidupan rumah tangganya. Dia adalah sosok istri dan ibu yang sangat mencintai keluarganya, siap melakukan apapun demi kebahagiaan bersama.

12. Ai Hoshino (Oshi no Ko)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. Doga Kobo/ Oshi no Ko

Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, idol yang tengah naik daun, yaitu Ai Hoshino justru mengandung anak kembar. Meski keberadaan anak tersebut bisa jadi akan membawa kehancuran bagi kariernya, Ai bersikeras untuk melahirkan dan merawat mereka.

Sayangnya, kebenaran bahwa Ai memiliki anak harus tetap dirahasiakan. Namun, Ai selalu berusaha membagi waktunya. Kedua anaknya, Aqua dan Ruby, benar-benar tak kekurangan kasih sayang.

Sayangnya, akhir hidup Ai begitu tragis. Dia dibunuh oleh fans fanatiknya sendiri.

13. Fortuna (Re:Zero)

13 Karakter Ibu Terbaik di Anime, Penuh Kasih Sayangdok. White Fox/ Re:Zero

Terakhir, ada Fortuna, sosok yang disapa Bunda Fortuna oleh Emilia, yang sebenarnya bukanlah ibu kandung dari protagonis Re:Zero tersebut.

Meski Emilia tak memiliki hubungan darah secara langsung dengannya, Fortuna tetap menjaga Emilia layaknya anak sendiri. Dia berusaha menjadi sosok ibu yang baik bagi Emilia.

Tragisnya, Bunda Fortuna justru tewas selama upayanya untuk melindungi Emilia.

Nah, apakah kamu punya pendapat lain mengenai karakter ibu terbaik di anime? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Artikel diperbarui dan dirilis ulang pada 19 Desember 2023 dengan tambahan 5 karakter ibu terbaik di anime.

Baca Juga: 20 Anime Terbaik 2023, Jajaran Top Anime Wajib Tonton!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU