8 Karakter Dynasty Warriors Ini Ternyata Merupakan Tokoh Fiktif!

sejarah Dynasty Warriors

Sebagai game adaptasi dari kisah novel epik, Romance of The Three Kingdom, cerita sejarah Dynasty Warriors pastinya sangat seru untuk diikuti. Memang game-nya sendiri lebay dan nggak bisa dijadikan rujukan untuk mengerjakan tesis atau skripsi, tetapi ternyata tidak semua tokoh yang muncul dalam game tersebut merupakan tokoh asli dalam sejarah pertempuran tiga kerajaan — Shu, Wei, dan Wu. Hal ini merupakan hasil analisis dari seorang netizen dengan nama The-ArchLich.

Postingan Tumblr The-ArchLich mengumpulkan informasi dari beberapa sumber berbeda, untuk sebisa mungkin menghindari bias terhadap Kekaisaran Shu yang terlihat jelas dari novel Romance of The Three Kingdoms. Di antaranya adalah:

  • Sanguozhi atau “Catatan Tiga Kerajaan” yang ditulis oleh Chen Shuo, yang merupakan kompilasi catatan-catatan resmi pemerintahan Tiga Kerajaan tersebut.
  • Tafsiran Catatan Tiga Kerajaan dari sejarawan Pei Songzhi, untuk memberikan klarifikasi pada detail-detail yang terlewatkan.
  • Buku-buku dan esai buatan Rafe de Crespigny, yang dianggap sebagai salah satu pakar Tiga Kerajaan terbaik di dunia Barat.
  • Zizhi Tongjian atau “Cermin Komprehensif untuk Bantuan dalam Pemerintahan” yang ditulis oleh Sima Guang, mengandung informasi yang banyak mengenai Dinasti Han, Tiga Kerajaan, dan Jin dari tahun 1046 BC hingga 960 AD.
  • Dan terakhir, jinshu alias “Buku Jin” yang berisi sejarah resmi dari Dinasti Jin. Meski dianggap tidak bisa diandalkan oleh sejarawan, tapi cukup penting sebagai gambaran kasar Dinasti Jin paling lengkap.
1

Diao Chan

sejarah Dynasty Warriors Diao Chan

Kisah cinta antara Lu Bu dan Diao Chan cukup menarik untuk diikuti, dengan salah satu moral yang bisa dipetik adalah, “kecerdasan bisa mengalahkan kekuatan.” Atau jangan mudah percaya dengan wanita. Yang mana yang mau kamu pilih, terserah.

Kembali ke sejarah Dynasty Warriors, tokoh Diao Chan sendiri hanya muncul dalam novel Romance of The Three Kingdoms. Tidak ada catatan sejarah yang mengakui keberadaannya kecuali adanya seorang selir Dong Zhuo yang memiliki hubungan dengan Lu Bu. Tapi sebatas itu saja.

Dalam kisah sejarah Dynasty Warriors aslinya, upaya pembunuhan Dong Zhou hanya diupayakan oleh seorang menteri bernama Wang Yun, yang muak atas kebengisan yang dilakukan oleh Dong Zhou sebagai seorang pemimpin. Wang Yun berusaha sebisa mungkin memilki hubungan yang dekat dengan Dong Zhou untuk mencari celah, dan akhirnya mendapat kesempatan saat Lu Bu dan Dong Zhou bertengkar.

Di cerita fiktifnya, Wang Yun meminta bantuan Diao Chan untuk menggoda Lu Bu dan Dong Zhou sehingga mengakibatkan pertengkaran tersebut. Aslinya, penyebab konflik mereka tidak jelas tapi itu hanyalah hal sepele.

Wang Yun pun berhasil menghasut Lu Bu, dan bersama dengan beberapa pengikut, menjebak serta menghabisi nyawa Dong Zhou saat dia keluar dari persembunyiannya.

2

Zhurong

sejarah Dynasty Warriors Zhurong

Pertama-tama, harus dicatat dan diingat kalau pertempuran yang dipimpin oleh Zhuge Liang di daratan selatan Cina melawan kaum Nanman sebagian besarnya adalah rekayasa. Jadi, ya, dalam sejarah tokoh-tokoh seperti Meng Huo, Zhurong, ataupun Ahui Nan (entah kenapa nama Ahui Nan nyantol di kepala saya) wujud dan keberadaannya bisa dibilang patut dipertanyakan. Nanman sendiri memiliki arti “kaum barbar [Cina] selatan” dan tergabung dari beberapa suku yang berbeda etnis.

Tapi meski Zhurong aslinya tidak ada, tampaknya Omega Force terinspirasi oleh dua pemberontak wanita yang memang hidup semasa Perang Tiga Kerajaan: Zhiyuanduo and Triệu Thị Trinh.

Zhiyuanduo adalah seorang wanita dari salah satu suku non-Cina yang disebut sebagai Barbarian Sungai Lu dan tinggal di provinsi Liang. Zhiyuanduo memimpin pemberontakan melawan Dinasti Wei dan sempat membuat kekacauan.

Sementara Triệu Thị Trinh merupakan wanita yang melawan Kerajaan Wu dan berasal dari daerah yang sekarang menjadi Vietnam. Triệu sendiri dikenang sebagai pahlawan rakyat dan memiliki beberapa kuil yang dibuat untuk mengenang jasanya.

3

Guan Suo

sejarah Dynasty Warriors

Keberadaan Guan Suo dalam kisah asli sejarah Dynasty Warriors juga dipertanyakan, karena namanya hanya muncul dalam beberapa cerita rakyat. Bahkan koleksi terbesar mengenai dirinya terdapat dalam buku berjudul “Kisah Hua Guan Suo.”

Kamu sendiri bisa membaca Kisah Hua Guan Suo secara gratis di sini, kalau kamu penasaran.

Dynasty Warriors 9 Diumumkan, Bakal Jadi Game Open World!

Wow, akhirnya Koei Tecmo umumkan Dynasty Warriors 9! Bakal jadi game open-world, yuk lihat teaser trailer Dynasty Warriors 9 di sini!
Baca Juga

Siapa lagi karakter Dynasty Warriors yang tidak ada dalam sejarah? Yuk lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleLewat 5 Animanga Ini, Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kehidupan Seorang Mangaka yang Sebenarnya!
Next articleRambah Bisnis Ojek Aplikasi, Lyto Siap Luncurkan Layanan LYTOJEK!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.