5 Kebiasaan Aneh Orang Jepang Saat Hari Natal

natal di jepang

Perayaan Natal di Jepang memiliki keunikan tersendiri.

Sebentar lagi Natal. Ini adalah hari dimana umat kristiani memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember.

Hari Natal dirayakan di seluruh penjuru dunia. Tentunya Jepang juga turut merayakan hari raya ini. Merujuk pada sejarah, Natal di Jepanh pertama kali diperkenalkan oleh misionaris Jesuit di Prefektur Yamaguchi pada tahun 1552. Tapi banyak yang meyakini sebenarnya perayaan Natal sudah ada di Jepang sejak tahun 1549, dibawa oleh Saint Francis Xavier saat datang ke Jepang

Presentasi umat Kristiani di Jepang sendiri masih menjadi minoritas, hanya 1% dari jumlah populasi di Jepang, namun bukan berarti perayaan Natal tidak meriah disana.

Orang Jepang merayakan Hari Natal bukanlah karena memeluk agama Kristen. Sebagai penyuka perayaan dan festival, mereka melakukannya karena menganggap hal itu menarik dan merupakan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku usaha.

Hal ini membuat perayaan Natal di Jepang memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah keunikan perayaan Natal di Jepang.

Makan di KFC

Ya, kalian tidak salah. Makan di salah satu fast food terkemuka -sebut saja namanya KFC- merupakan tradisi hari Natal di Jepang.

Hal ini dikarenakan branding yang berhasil dari KFC. Hal ini bermula dari iklan KFC yang menyiratkan bahwa orang-orang Amerika makan di KFC untuk merayakan Natal. Dan orang Jepang pun berpikir bahwa mereka juga harus melakukan hal yang sama. Hal ini membuat kesan bahwa makan di KFC saat Natal merupakan prestise. Bisa dilihat ada paket-paket spesial Natal di KFC Jepang dalam menyambut Natal.

Makan kue Natal

Tradisi menyantap kue tart stroberi juga rutin dilakukan orang Jepang tepat pada saat malam Natal. Ini juga menjadi musim dimana para penjual kue akan mendapatkan untung yang berlipat ganda.

Orang-orang Jepang akan membeli kue untuk mereka santap bersama dan sebagai hadiah kepada saudara ataupun teman mereka.

Tentunya kue Natal ini bisa berupa kue-kue berbentuk unik, dari rusa kutub hingga… Godzilla bertopi Natal.

Pohon Natal mini

Tidak seperti di negara-negara lain, pohon Natal di Jepang biasanya berukuran mini. Selain memang tidak populer, keberadaan pohon mini ini lebih ringkas dan dianggap mewakili.

Biasanya hadiah Natal tentunya tidak diletakkan di bawah pohon, tapi di samping bantal tempat anak-anak tidur. Untuk orang dewasa, kebiasaan berbagi hadiah Natal di Jepang justru tidak lazim, karena…

Natal bukan buat Jomblo

Di negara lain, Natal adalah waktu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, tetapi di Jepang sedikit berbeda. Malam Natal dianggap sangat romantis sehingga menjadi waktu bagi para pasangan bertukar hadiah layaknya hari Valentine.

Mengajak pasangannya berkencan, memberikan hadiah, menikmati hidangan makan malam, hingga memadu kasih menjadi kebiasaan saat Natal di Jepang. Jadi, tidak mengherankan jika semua kamar hotel penuh di tanggal 24 Desember.

Buat para jomblo, di Jepang mungkin Natal adalah hari yang mengenaskan!

Namun kebiasaan paling aneh saat Natal di Jepang adalah…

Masuk kerja saat Natal

Tidak ada hari libur pada tanggal 25 Desember. Orang-orang tetap bekerja seperti biasa. Kemeriahan akan lebih difokuskan pada perayaan tahun baru yang waktunya sangat berdekatan dengan hari Natal. Jadi jangan berharap suasana libur pada tanggal 25 Desember di Jepang, justru orang-orang akan tetap sibuk di kantor seperti hari biasanya!

sumber: Rocketnews


SHARE
Previous article5 Anime Movie yang Cocok Ditonton di Libur Panjang Ini
Next articleKeren, Kalian Bisa Kerjasama dengan King Mickey dalam Kingdom Hearts HD 2.8
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.