Ini 5 Spesifikasi Xiaomi Mi6 yang Bakal Bikin Geger Dunia Smartphone Android 2017

Spesifikasi Xiaomi Mi6

Tahun segera berganti, dan itu artinya vendor smartphone sudah menyiapkan seri baru untuk meramaikan pasar setahun ke depan. Seperti Xiaomi, yang tidak akan menahan terlalu lama usia flagship mereka di pasaran. Walaupun mereka baru beberapa bulan lalu mengenalkan Xiaomi Mi5S dan Mi5S Plus yang menjadi upgrade Xiaomi Mi5 yang sudah hadir pada Februari 2016, namun ternyata justru mengecewakan para MiFans karena ada fitur yang hilang dari seri sebelumnya.

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan

Dijual Rp15 Juta, Ini Bukti Harga Xiaomi Mi Mix Ternyata Gak Kemahalan, harga Xiaomi Mi Mix Indonesia, cara root Xiaomi Mi Mix benchmark
Baca Juga

Xiaomi pun tidak menunggu lama sampai akhir Oktober 2016 mengenalkan Xiaomi Mi Note 2 dan Xiaomi Mi Mix, menawarkan spesifikasi tertinggi tahun ini, desain yang unik serta harga yang masuk kelas Android papan atas. Walaupun penjualannya di Indonesia tidak akan menandingi fenomenalnya Redmi 4 Prime dengan spec tinggi namun harga sangat murah, namun untuk kelas flagship Xiaomi selalu punya rencana khusus. Sudah sejak beberapa bulan lalu tersiar kabar jika Xiaomi Mi6 yang menjadi ujung tombak tahun 2017 nanti akan dibuat sekuat Galaxy S8.

Beberapa kabar spesifikasi Xiaomi Mi6 yang sudah kami ketahui antara lain sebagai berikut:
1

Menggunakan Prosesor Tercanggih Sejagat


Bukan Xiaomi jika mereka tidak memilih “meminang” CPU paling gahar dari produsen silikon papan atas, Qualcomm. Spesifikasi Xiaomi Mi6 dikabarkan semakin gahar berkat pemilihan chipset Qualcomm Snapdragon 835 (yang juga akan digunakan Samsung untuk Galaxy S8). Chipset Snapdragon 835 ini menjadi yang paling canggih dimiliki Qualcomm saat ini. Baru diumumkan 17 November 2016 lalu, dan menjanjikan banyak perubahan dibandingkan Snapdragon 821.

Diantararanya adalah penggunaan prosesor jenis baru, Kryo 200 dengan delapan inti prosesor (yang sayangnya, kecepatannya belum diungkapkan), mendukung format storage eMMC 5.1 atau UFS 2.1 (sebelumnya hanya eMMC 5.1 atau UFS 2.0 saja), kemudian prosesor Snapdragon 835 ini juga dibangun pada manufaktur berteknologi terkecil pada saat ini: proses CPU 10 nm, memungkinkan prosesornya dirancang di atas silikon yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

Spec DEWA, Harga IMBA! Pakai CPU 4 Jutaan, Harga Xiaomi Redmi 4 Hanya 900 Ribuan!

Spec DEWA, Harga IMBA! Pakai CPU 4 Jutaan, Harga Xiaomi Redmi 4 Pro Hanya 900 Ribuan, spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Pro, cara root Xiaomi Redmi 4 Spec
Baca Juga

Mereka juga menggunakan desain yang revolusioner Fin Field Effect Transistors (FinFET), yang notabene teknologi milik Samsung. Hasilnya, membuatnya lebih efisien hingga 30%, memberikan kinerja penuh dengan perkiraan 27% lebih baik dari prosesor sebelumnya, sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 40% dibandingkan Snapdragon 821.

2

Didukung Quick Charge 4, Pengisian Baterai Super Cepat


Snapdragon 835 juga menjadi yang pertama mendukung pengisian baterai super cepat Quick Charge 4.0 (QC4) yang berbasis pada USB Power Delivery (USB-PD milik Google yang digunakan pada smartphone Pixel) dan USB Type-C. QC4 ini merupakan salah satu fitur terbaik Snapdragon 835, yang bahkan diklaim lebih baik dari USB-PD. Menurut Qualcomm, mekanisme fast charging yang mereka terapkan untuk QC4 kali ini menggunakan sistem yang disebut Intelligent Negotiation for Optimum Voltage (INOV).

Maksudnya, QC4 secara cerdas bisa mengatur kecepatan pengisian baterai lebih efisien, sambil mempertimbangkan juga suhu baterai. Dengan demikian bisa dicapai suhu baterai yang lebih dingin, setidaknya 5 derajat di bawah tipikal baterai yang mendukung QC3. Penjelasan ini tentu bisa lebih “mendinginkan” suasana pasca musibah meledaknya Galaxy Note 7 yang diindikasikan pada adanya kesalahan produksi baterai.

Lebih lanjut, Qualcomm mengatakan jika QC4 lebih cepat 20% dibandingkan QC3 dalam hal pengisian baterai, meskipun menggunakan charger QC3 yang mampu mengakomodasi daya hingga 18W. Efisiensi QC4 ini juga diklaim meningkat 30%, yang artinya, kalian bisa mengisi baterai lebih cepat dibandingkan QC3, dengan gambaran lima menit pengisian baterai nampu memberi waktu pengoperasian hingga 5 jam. Perlu dicatat, figur tersebut, seperti tipikal mekanisme fast charging lainnya, hanya akan mengeluarkan kecepatan pengisian tertinggi saat kondisi baterainya nyaris habis.

Benarkah Mi Mix, Android Berlapis Emas 18K, Desainnya Bukan Asli Xiaomi?

Xiaomi Umumkan Mi Mix, Android Berlapis Emas 18K! Apakah Ini Asli Desain Xiaomi? Harga Xiaomi Mi Mix, Spesifikasi Xiaomi Mi Mix Spec
Baca Juga

Semua perangkat yang dilengkapi Snapdragon 835 bisa memanfaatkan tiga tingkatan kecepatan QC4 (sama seperti pada QC3). Chipset ini sendiri baru tersedia awal tahun depan, sehingga juga tidak heran jika Xiaomi Mi6 diperkirakan baru akan dijual Maret-April 2017 mendatang, karena tingginya permintaan atas CPU ini, sehingga vendor smartphone pun harus anrti mendapatkannya.

3

Graphic Card Mobile Terbaru, Mendukung Vulkan 1.0


Ini bukan yang pertama, sudah ada beberapa GPU Adreno yang digunakan Qualcomm mendukung Vulkan API (khususnya Adreno seri 5xx). Adreno 540 yang digunakan pada Snapdragon 835 ini melengkapi jajaran pengolah grafis mobile Qualcomm yang siap bekerja beriringan dengan Vulkan 1.0.

Vulkan API merupakan Application Programming Interface grafis masa depan yang digadang-gadang bakal menggantikan peran OpenGL ES. Vulkan bakal fokus menangani grafis 3D dan game, dan memberikan kinerja yang tinggi sembari mendistribusikan kebutuhan komputing secara merata pada semua core CPU. Pendek katanya, kalian bisa memainkan semua game yang membutuhkan grafis tinggi lebih lama (baca: lebih hemat beterai untuk bermain game / olah grafis 4D).

Vulkan sendiri merupakan API grafis 3D yang pertama kali diumumkan selama Game Developers Conference 2015 oleh Khronos Group. Vulkan mengambil basis dari AMD Mantle API, yang didonasikan AMD ke Khronos sebagai bagian pondasi pengembangan low-level API agar bisa menjadi standar industri seperti halnya OpenGL.

Gregetnya Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2, Bikin Lupa Note7, Harga Separuh iPhone 7!

Gregetnya Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2, Bikin Lupa Galaxy Note7, Harga Separuh iPhone 7! Harga Xiaomi Mi Note 2 Spec, benchmark Xiaomi Mi Note 2
Baca Juga

Seperti OpenGL, Vulkan menarget aplikasi grafis 3D berkinerja tinggi seperti game dan media interaktif di semua platform (baik Android, Windows dan Linux), serta menawarkan kinerja yang lebih tinggi namun dengan kebutuhan CPU yang rendah. Semacam Direct3D 12 dan Mantle. Selain penggunaan CPU yang lebih rendah, Vulkan juga mampu mendistribusikan kebutuhan komputasinya pada semua core CPU dengan merata, berbeda dengan OpenGL, yang selama ini hanya menggunakan pemrosesan satu core CPU saja. Padahal, prosesor pada perangkat mobile saat ini sudah multi-core, sehingga akan lebih ringan dan hemat daya jika kebutuhan komputasinya didistribusikan ke semua core yang ada.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleTernyata, Sleeping Dogs 2 Hampir Jadi Game Paling Ambisius yang Pernah Ada!
Next article8 Foto Selfie Terbaik di Tahun 2016 yang Sempat Mengguncang Jagat Internet
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.