Klub Sepakbola Yunani Ikut-ikutan Bikin Divisi eSport! Siapa mereka?

“Wabah” organisasi olahraga konvensional yang membuka divisi eSport nampaknya semakin meluas. Selama setahun terakhir tercatat banyak sekali organisasi olahraga konvensional, dengan sebagian besar di antaranya klub sepakbola profesional yang membuka divisi eSport di dalam organisasi mereka. Hal ini ternyata turut “menjangkiti” Panathinaikos FC, yang di akhir tahun 2016 mengumumkan membuka divisi eSport.

Klub sepakbola asal Yunani ini mengumumkan telah membuka divisi eSport mereka secara resmi per tanggal 30 Desember 2016. Hal tersebut diumumkan dalam laman resmi mereka dengan pengumuman berbahasa Yunani. Tidak tanggung-tanggung, Panathinaikos FC menyatakan siap terjun ke banyak cabang eSport populer di dunia.

Salah satu klub sepakbola yang tertua di Yunani ini memutuskan untuk turut terjun dalam persaingan di cabang Dota 2, League of Legends, Starcraft 2, CS:GO, FIFA, dan NBA2K. Jika melihat dari rencana Panathinaikos FC ini, mereka akan menjadi divisi eSport di dalam organisasi olahraga konvensional yang akan menampung banyak sekali cabang eSport.

Selain karena banyak, Panathinaikos FC juga terhitung cukup unik dalam memilih cabang eSport yang akan mereka ikuti. Sampai saat ini belum pernah tercatat ada klub sepakbola profesional di seluruh dunia yang ikut terjun dalam persaingan di kancah Starcraft 2. NBA2K juga merupakan cabang yang sangat unik, karena bahkan cukup banyak organisasi eSport yang justru tidak tertarik untuk terjun di sana.

Dalam pengumuman di laman resmi mereka, Panathinaikos FC menyebutkan alasan kenapa mereka akhirnya turut terjun ke dunia eSport. Selain karena sudah banyak klub sepakbola profesional di dunia yang terjun ke kancah yang sama, mereka juga menyatakan sangat tertarik dengan potensi jumlah pemain, penggemar, serta perkembangan bisnis yang terjadi di dunia eSport selama ini.

Presiden Panathinaikos FC, Dimitris Baltakos menyatakan bahwa mereka ingin membuka suatu inovasi baru dengan benefit yang sangat besar. Benefit yang dimaksud adalah tentang perkembangan organisasi mereka dan juga perkembangan dari kancah eSport di Yunani. Diharapkan dengan ikut terjunnya Panathinaikos FC, mereka dapat ikut membantu menggali potensi para pemain profesional di Yunani untuk bersaing di kancah dunia.

Meskipun mereka belum merekrut siapapun untuk bergabung di dalam divisi eSport mereka, Panathinaikos FC sudah membuat banyak sekali rencana untuk perkembangan divisi baru mereka tersebut. Mereka akan memulainya dengan masuk di persaingan level domestik dan Eropa, dimana mereka akan siap untuk membangun dengan potensi yang ada di Yunani.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleAir dan Bikini yang Basah, Senran Kagura Baru Ini Mengancam Para Jomblo di 2017
Next articleAsyik dan Serunya Bermain Tembak Menembak Air di Battle Splash
e-Sports Enthusiast, Game Connoisseurs. Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.