5 Ciri Khas Ponsel Nokia dan Hape Jadul yang Tak Mungkin Ada di Nokia 6

Spesifikasi Nokia 6

Banyak pengemar Android yang menantikan kembalinya Nokia ke pasar smartphone, dan harapan tersebut diwujudkan dengan dikonfirmasikannya Nokia 6 oleh HMD Global, induk Nokia di Finlandia, yang diproduksi oleh Foxconn di Cina. Tidak heran, Nokia 6, smartphone Android Nokia pertama yang diungkapkan kemarin bakal dipasarkan pertama kali di Cina.

 

Walaupun belum ada kabar apakah juga akan masuk ke negara lainnya, namun sebelumnya kita sudah mendapatkan bocoran, jika HMD Global sudah bertemu dengan distributor lokal di Malaysia, yang mengindikasikan mereka akan memasarkan smartphone Nokia 6 ini di luar Cina.

Meskipun banyak yang menganggap langkah “come back”-nya Nokia ini terlambat, namun smartphone baru Nokia ini diyakini mampu mengembalikan nama besar mereka yang sempat hilang beberapa tahun belakangan. Mereka masih memiliki penggemar yang sangat loyal, dan pengguna ponsel lama juga masih susah berpaling dari merk Nokia, karena beberapa ciri khas ponsel jadul mereka yang akan sangat susah digantikan oleh smartphone modern, bahkan mungkin, oleh Nokia 6 itu sendiri.

Resmi! Android Nokia 6 dengan CPU Snapdragon, RAM 4GB, ROM 64GB, Hanya 3 Jutaan!

Akhirnya, Nokia resmi mengkonfirmasikan smartphone Android pertama mereka. Nokia 6 mengusung mesin Snapdragon, memory 4GB super lega, dan juga storage 64GB + micro SD, serta desain yang begitu mewah!
Baca Juga

Berikut 5 ciri khas ponsel Nokia jadul yang tidak mungkin diterapkan pada smartphone modern:

1

Baterainya Tahan Sebulan


Tidak perlu jauh melihat ke belakang, Agustus 2015 lalu Nokia merilis feature phone Nokoa 222. Meskipun sebatas feature phone yang identik fungsinya hanya untuk telepon dan SMS saja, namun ponsel ini juga dapat menyimpan ribuan foto dan lagu MP3, karena memiliki slot microSD yang maksimal menerima kapasitas hingga 32GB, juga ada akses internet, pemutar videp MP4, kamera digital, dan yang menjadi daya tariknya, kapasitas baterai jumbo 1.100mAh, yang menurut klaimnya mampu membuatnya bertahan hingga satu bulan.

hape jadul

Meskipun belum diungkapkan berapa besar kapasitas baterai Nokia 6, namun kami yakin dengan profil tubunya yang tebalnya hanya 8mm, tidak akan lebih dari 4000mAh. Tipikal smartphone Android dengan baterai sebesar itu pun setidaknya hanya selamat dari deraan penggunaan selama maksimal dua hari saja!

Smartphone yang Paling Dinanti di Tahun 2017: Dari iPhone 8 Sampai BlackBerry Terbaru

Tahun segera berganti, dan vendor smartphone sudah menyiapkan seri baru untuk meramaikan pasar setahun ke depan. Yuk, meneropong ke depan, apa saja smartphone yang paling menarik ditunggu kehadirannya di sepanjang 2017 mendatang.
Baca Juga
2

Lolos Uji Drop Test, Bahkan Banting Test


Salah satu ketakutan pengguna ponsel / smartphone modern adalah ketika gadget mereka entah sengaja, atau tidak sengaja, terjatuh dan membentur permukaan yang keras. Walaupun banyak pihak yang merasa melakukan uji drop test (sengaja menjatuhkan smartphone untuk mengetahui ketahanan casing dan layarnya) itu macho dan keren, namun percayalah, ketika kalian membelinya dengan harga jutaan, menjatuhkan smartphone dan menyisakan baret atau banhkan dent di casingnya itu bisa bikin dada nyesek!

Salah satu hape jadul sekalihus ponsel Nokia yang tidak diragukan lagi ketahanan fisiknya adalah Nokia 3310 atau 3210. Seri ini dianggap sebagai ponsel yang paling tahan lama dalam sejarah, lolos dalam banyak uji drop test (dan bahkan uji dibanting), serta memiliki baterai yang awet dan bisa digunakan selama berhari-hari. Lihat ketahanan fisik legendaris Nokia 3310 yang dijatuhkan dari ketinggian 250 meter berikut ini:

Bahkan ketika digilas menggunakan forklift:

Dan berikut video yang memperlihatkan bagaimana Nokia menguji ponsel mereka sebelum dipasarkan. Pantas ya, tahan banting:

Sementara untuk Nokia 6, dengan dengan bidang layar 5,5-inchi yang cukup lebar, kami sangsi smartphone tersebut bisa selamat ketika terjatuh beberapa kali. Layarnya pasti retak, dan casingnya yang katanya full-metal berbahan aluminium juga pasti menyisakah bekas luka yang parah.

Sebelumnya Nokia tidak terlalu dikenal dengan konsep casing full-metal. Desain mereka sederhana, menggunakan bahan polycarbonate namun sangat kokoh, dan pilihan warna-warna beragam untuk semua kalangan. Semoga saja pilihan beralih ke desain full-metal ini bukan karena mengikuti tren semata.

3

Desain yang Unik Tiada Duanya


Sebagai salah satu vendor ponsel terpopuler pada era 1990 hingga 2000-an, kiprah perusahaan asal Finlandia ini sangat sukses dalam menghadirkan tipe ponsel untuk berbagai kalangan. Mau anak muda, orang tua, khusus wanita, mereka yang gemar main game, sampai mereka yang mau tampil beda dengan ponsel berdesain unik, dan bahkan saat ini bisa masuk pada kategori antik!

The Empire Strikes Back, Total 7 Nokia Android Akan Dirilis Sepanjang Tahun 2017

Diprediksi bakal dikenalkan akhir Februari 2017, bakal ada banyak Android Nokia yang siap dipilih sepanjang tahun ini. Bahkan bukan hanya smartphone, Nokia baru masih akan menjual feature phone untuk generasi tua yang ga mau move-on!
Baca Juga

Sebut saja, Nokia 7280 yang lebih mirip lipstick, Nokia 3250 dengan bagian tombol yang bisa diputar untuk memunculkan tombol kontrol musik, Nokia 7600 yang stylish berbentuk daun dengan keyboard berjajar vertikal di kiri-kanan layar, hingga untuk kalangan pebisnis yang butuh keyboard QWERTY untuk mengetaik cepat ada Nokia 6800 dengan keyboard lipatnya yang fungsional.

Apakah desain-desian unik, aneh, dan antik tersebut bisa diterapkan pada ponsel, atau smartphone masa kini? Pasti susah! Dengan smartphone modern lebih mengandalkan layar lebar untuk interaksi pada antar mukanya, maka bidang di sisi depan pasti akan dikuasai oleh layar. Hasilnya, desainer akan susah menerapkan bidang yang bisa dilipat, digeser, diputar, atau bahkan mendesain smartphone berbentuk persegi yang nyaman.

Bagaimana dengan Nokia 6? Well, sebenarnya kalian kehilangan dengan ciri khas Nokia di sini. Lebih mirip merk Korea, atau banyak smartphone Android asal Cina.

Lanjut ke halaman 2

1
2

SHARE
Previous article7 Karakter Anime Berkepribadian Sederhana Pilihan Fans. Kamu Setuju?
Next articleDari Mr. Gepeng Sampai Pulpen Wangi, Inilah 8 Mitos Tahun 90an yang Melegenda Sampai Sekarang
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.