8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaian

Cari tahu alasannya di sini!

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaian

Seperti yang kita tahu, karakter di anime tidak pernah melakukan pergantian baju dari satu episode sampai episode selanjutnya.

Hal ini menjadi menarik dan sekaligus memunculkan pertanyaan, mengapa karakter tersebut tidak pernah mengganti bajunya?

Kali ini Duniaku memberikan beberapa alasan mengapa karakter anime selalu mengenakan baju yang sama. Berikut 6 alasan mengapa karakter anime tidak pernah ganti baju.

1. Ikonik

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaianstudio pierrot/Naruto

Tentu saja alasan yang paling tepat adalah pakaian yang digunakan menjadi ciri khas karakter tersebut. Dengan baju itu-itu saja, orang akan mudah mengenali sosok penampilan yang khas dari karakter tersebut.

Contohnya saja Naruto. Mendengar nama Naruto, pasti kamu membayangkan karakter laki-laki memakai jaket oranye dan hitam bukan?

Itulah yang kita sebut ikonik dan mungkin hal itu adalah sebuah alasan mengapa kebanyakan karakter di anime tidak pernah mengganti bajunya.

2. Karakter hanya mempunyai satu jenis pakaian

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaianyoutube/AniplexUS

Alasan lain mengapa karakter anime tidak pernah ganti baju adalah memang karakter tersebut hanya mempunyai satu jenis pakaian yang sangat banyak.

Mungkin mereka tidak ingin membuang waktu mereka untuk memilih pakaian yang akan dipakai dan membeli pakaian satu jenis yang sangat banyak.

Kemungkinan mereka juga telah membeli pakaian lusinan yang sedang diskon besar-besaran, kenapa tidak?

3. Memudahkan pengarang dalam menggambar

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaianstudio pierrot/Naruto

Tentu saja, dengan hanya menggunakan satu jenis pakaian, menggambarnya akan menjadi sangat mudah karena hanya mengulang hal yang sama. Pengarang juga tidak harus memikirkan pakaian baru yang akan dikenakan oleh karakter tersebut.

Hal ini hampir sama dengan kita memilih baju yang akan kita kenakan ketika mau pergi atau pada saat terdapat acara tertentu.

Mungkin kalau memilih baju yang sudah ada untuk dikenakan tidak terlalu lama, tetapi jika harus memilih, memikirkan, dan menggambar? Pastinya akan memakan cukup banyak waktu dan pastinya pengarang akan menghindarinya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Natal, Cocok Jadi Tontonan Libur Akhir Tahun!

4. Tidak berganti baju sudah mainstream

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaiancrunchyroll/naruto-shippuden

Industri anime kebanyakan sudah mainstream dengan tidak bergantinya pakaian. Hal ini memicu industri anime lainnya juga malas untuk membuat karakter bergonta-ganti pakaian.

Selain itu mereka juga mendapatkan keuntungan seperti 2 hal di atas yaitu karakter yang ikonik dan memudahkan pengarang dalam menggambar.

5. Hemat Waktu

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaiancrunchyroll.com/narutoshippuden

Untuk mengejar jadwal release anime atau juga manga, maka pengarang tidak mungkin sempat untuk memikirkan dan membuat pakaian baru untuk karakter-karakternya. Biasanya, anime memiliki perilisan setiap seasonnya yang berjalan cukup cepat.

6. Menghemat biaya merchandising

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti PakaianGoku dan Arale, dua tokoh utama karya Akira Toriyama ( Dok. Toei Animation / Dragon Ball Super )

Karakter dalam anime pasti memiliki daya jual yang tinggi. Nah, bagi produsen mainan atau merchandise, hal ini menjadi sangat menguntungkan. Mereka tidak perlu membuat berbagai macam karakter dengan berbagai macam pakaian. Dengan kata lain, dengan hal ini mereka dapat menekan biaya mereka. 

7. Menjadi ciri khas kelompok tertentu

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti PakaianShueisha/Naruto

Dalam anime, terkadang ada kelompok-kelompok yang memiliki pakaian yang serupa. Pakaian ini menjadi penanda kelompok tersebut agar bisa mudah dibedakan juga dengan kelompok lainnya.

Contoh kelompok anime yang memiliki pakaian serupa adalah Akatsuki di anime Naruto.

8. Penonton kurang memerhatikan pergantian pakaian dari karakter anime

8 Alasan Mengapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti PakaianTanjiro di The Hinokami Chronicles. (Dok. CyberConnect2, SEGA/Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles)

Penonton anime biasanya kurang memerhatikan pergantian busana yang dilakukan oleh karakternya. Justru, penggunaan pakaian yang sama dapat memudahkan penonton dalam memerhatikan karakter utama dan berfungsi agar cepat mengenalinya.

Itulah delapan alasan mengapa karakter anime tidak pernah menggantikan pakaian mereka. Apakah kamu memiliki alasan lainnya?

Baca Juga: 10 Lagu Anime Terbaik 2022, Sayang Jika Dilewati Saat Nonton!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU