9 Gejala bahwa Kamu adalah Pecandu Gacha Kronis!

Jika kamu punya gejala di bawah ini, berarti kamu sudah kecanduan Gacha akut!

Apa sih maksudnya gacha? Gacha diambil dari kata Gachapon, sebuah mainan/aksesoris dalam bola yang diambil dari mesin penjual otomatis khas Jepang. Karena kita tidak tahu apa yang akan kita dapat secara acak, maka keberadaan mainan ini menjadi ciri khas tersendiri. Karena itu tidak heran jika ada yang kecanduan gacha entah untuk koleksi atau sebagai sensasi.

Baca Juga

Istilah gacha ini juga merembet ke dunia game, terutama game freemium. Game freemium memang menjanjikan game yang tak berbayar, namun jika kita ingin menjadi yang terhebat, maka tersedia item atau karakter yang hanya bisa didapat melalui konten berbayar. Namun saat ini banyak game freemium yang menyediakan konten berbayar tidak secara fix -seperti sistem item mall-, namun disediakan secara acak.

Sistem konten acak ini mengharuskan kita membeli konten berbayar, namun konten yang kita dapat akan diacak. Tentunya developer game akan membuat program berjenjang agar pemain mau membeli konten berbayar yang eksklusif misalnya melalui event-event khusus.

Namun kebiasaan bermain gacha ini bisa menimbulkan gejala kecanduan gacha. Sesuatu yang bikin penasaran memang bikin kecanduan. Sebagaimana player ingin mengetes tangan dewa RNG nya -atau malah terjerumus ke jurang tangan ampas, tapi tetap tidak mau menyerah-.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu telah kecanduan gacha

1

Punya Disposable Income yang Besar

Bagi para pecandu gacha, maka membutuhkan dana yang besar, untuk itu ia mesti punya disposable income (penghasilan yang bisa “dikorbankan”) yang besar. Entah itu dari penghasilan, atau memang ia punya passive income. Tapi bukan berarti orang yang gak punya disposable income bisa gak kecanduan, sih. Jika pemain tanpa disposable income telah kecanduan, maka nantinya akan terjadi…

2

Suka Khilaf

Uang bulanan habis untuk gacha. Perkara makan apa besok itu urusan nanti. Jika kamu telah berpikir begitu, artinya kamu telah menjadi pecandu gacha kronis.

3

Standby Setiap Event

Mobage (mobile game) biasanya rutin mengadakan event khusus -biasanya bulanan- agar player selalu menarik gacha-nya. Jika kamu sudah standby menanti event khusus, maka gejala pecandu gacha sudah ada pada dirimu.

4

Hunting Konten SSR

Jika kamu orang yang getol mendapatkan konten SSR – jika R merupakan konten Rare, konten SR merupakan Super Rare, maka konten SSR adalah konten yang lebih jarang dari di bawahnya- maka kamu bisa jadi merupakan pecandu gacha. Memang sih, biasanya memiliki konten SSR merupakan prestise sendiri -karena hanya orang-orang “terpilih” yang bisa mendapatkannya-, namun biasanya konten SSR tidak bisa didapat dengan biaya “murah.”

5

Hunting Waifu

Game seperti IDOLM@STER: Cinderella Girls, Love Live!, dan Fate/Grand Order menjual game mereka dengan konten waifu. Tentunya ini untuk menarik minat player-nya -yang umumnya adalah cowo- untuk memiliki waifu-waifu eksklusif ini. Dari SSR servant sampai SSR idol, memiliki mereka semua merupakan prestise tersendiri bagi pecandu gacha.

6

Pamer SSR

Mendapat konten SSR tentu merupakan prestise tersendiri. Tidak cukup untuk menikmatinya sendiri, lantas kamu mem-posting “hasil jerih payah” kamu ke forum-forum mobage -kalau perlu kamu merekamnya untuk di upload di YouTube.

7

Jual Jasa Tangan Dewa RNG

Kamu yakin punya tangan Dewa RNG. Gak cukup hanya pamer, sekalian saja kamu jual jasa tangan Dewa RNG. Perkara mujarab atau tidak belakangan, yang penting kamu punya pemasukan tambahan untuk mengakomodir hoki kamu.

8

Pamer Tangan Ampas

Terkadang, kamu tidak mendapatkan waifu keinginanmu. Kalau kamu jadi salty (marah, frustasi) gara-gara ini, tentunya kamu akan merana sendiri. Kepalang tanggung, daripada kamu merana sendirian, mendingan derita ini dibagi ke semua orang -dengan membagikan di forum atau upload di Youtube.

9

Suka Salty Sendiri -ataupun Bersama

Ada orang yang hoki, kamu jadi salty. Tidak terima, kamu pun mencak-mencak keberuntungan dia di forum. Jika kamu suka begitu, maka itu adalah kamu pecandu gacha akut.

Kira-kira apalagi ya tanda-tanda kecanduan gacha? Kamu juga bisa berbagi pengalamanmu mengenai gacha di kolom komentar ya!

Bintang tamu: GHOSTY’s comic


SHARE
Previous articleFlyFF Legacy Menghidupkan Kembali MMORPG Ke Genggaman Kita
Next articleHebat! Kolaborasi Puzzle Bubble dan RPG Terpadu dalam Oneiric Tales
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.