Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

World Electronix Sport Games menjadi ajang kuat-kuatan negara di dunia dalam kancah eSport internasional. Negara apa yang menyita perhatian di WESG 2016?

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik? WESG 2016[/caption]

World Electronic Sport Games menjadi ajang para tim-tim eSport dari berbagai negara untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Apalagi, setiap tim datang membawa kebanggaan membawa nama negara mereka. Turnamen ini pun dimulai sejak tahun lalu, dengan tajuk WESG 2016.

[duniaku_baca_juga]

Di awal tahun ini, WESG 2016 akhirnya memasuki puncaknya yang diselenggarakan di Changzhou, China. Turnamen yang digelar sejak Maret 2016 ini mempertandingkan empat cabang eSport - Dota 2, Counter Strike:Global Offensive, Starcraft 2, dan Hearthstone. Penulis pun mencoba mengurutkan ranking negara dengan perhitungan poin sesuai dengan peringkat mereka, dengan poin peringkat yang mirip dengan yang digunakan di IESF Esport World Championship.

Ranking Negara Dota 2

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

Kita mulai dari cabang pertama yang mungkin paling populer - Dota 2. Di cabang ini cukup banyak kejutan yang terjadi - dimulai dengan timnas Ukraina yang berisi pemain bintang harus kandas di babak grup. Beberapa tim yang awalnya tidak diunggulkan ternyata malah mampu menunjukkan permainan yang luar biasa.

Di cabang ini, Filipina berhasil menjadi kampiun lewat performa mengejutkan TnC Pro Team. Denmark berada di peringkat kedua, lagi-lagi lewat performa gemilang dari Cloud9Alliance mampu menunjukkan kapasitas diri mereka meskipun hanya menjadi peringkat ketiga dan membawa Swedia mendapat poin.

Poin negara di cabang Dota 2 berdasarkan peringkat akhir :

  1. Filipina (TnC Pro Team) - 100
  2. Denmark (Cloud9) - 60
  3. Swedia (Alliance) - 40
  4. Peru (Infamous) - 25
  5. China (DUOBAO YoungTo.be.or.not.to.be), Brazil (SG e-sports), Peru (Team DileCom) - 10

Ranking Negara CS:GO

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

Counter Strike:Global Offensive (CS:GO) juga menghadirkan pertarungan yang menarik - yang juga terdapat timnas dari Ukraina dan Rusia. Keduanya - sayangnya, ternyata juga kandas cepat di fase grup meskipun berisi pemain bintang dari negara tersebut.

Salah satu tim terbaik di kancah CS:GOTeam EnvyUs, berhasil membawa Prancis sebagai kampiun di cabang ini. Tim kejutan asal Polandia, Team Kinguin, harus puas di peringkat kedua setelah dikalahkan di final. Tim kat asal Polandia lainnya, Virtus.pro berhasil membawa negaranya berbangga hati dengan mencapai peringkat tiga.

Poin negara di cabang CS:GO berdasarkan peringkat akhir :

  1. Prancis (Team EnvyUs) - 100
  2. Polandia (Team Kinguin) - 60
  3. Polandia (Virtus.pro) - 40
  4. Turki (Space Soldiers) - 25
  5. China (Tyloo), Swedia (Epsilon eSports), Finlandia (iGame.com), Turki (Dark Passage) - 10

[duniaku_adsense]

Ranking Negara Starcraft 2

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

WESG 2016 juga menghadirkan satu cabang eSport dengan genre Real Time Strategy - Starcraft 2. Cabang yang dimainkan individual ini memang lebih ke arah membawa pribadi dan negara langsung - tanpa mempertimbangkan di tim apa pemain tersebut bergabung.

Korea Selatan yang digdaya di cabang ini kembali menunjukkan diri sebagai yang terbaik lewat final sesama perwakilannya, yaitu antara Jun "TY" Tae Yang dan Cho "Maru" Seong Ju. Alex "Neeb" Sunderhaft menjadi perwakilan Amerika yang berhasil meraih peringkat ketiga.

Poin negara di cabang Starcraft 2 berdasarkan peringkat akhir :

  1. Korea Selatan (TY) - 100
  2. Korea Selatan (Maru) - 60
  3. Amerika Serikat (Neeb) - 40
  4. Jerman (ShoWTimE) - 25
  5. China (XY), Kanada (Scarlett), Polandia (Nerchio), Prancis (Stephano) - 10

Masih ada ranking negara untuk Hearthstone dan juga WESG 2016 secara keseluruhan di halaman kedua!

Ranking Negara Hearthstone

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

Cabang WESG 2016 yang terakhir juga merupakan permainan individual, Hearthstone. Cabang eSport yang satu ini menjadi unik karena merupakan satu-satunya cabang eSport di dunia yang berupa Deck Building Battle, berkat pengembangan komunitas dari sang pengembang Blizzard Entertainment.

[duniaku_baca_juga]

Cabang ini kembali menjadi ajang pamer kekuatan Filipina melalui Euneil "Staz" Javiñas yang berhasil menjadi juara. Dia berhasil mengalahkan perwakilan Swedia, Jon "Orange" Westberg di final. Jerman berhasil mengamankan peringkat ketiga dan keempat berkat pertemuan sesama perwakilan mereka, Raphael "BunnyHoppor" Peltzer dan Sebastian "Xixo" Bentert.

Poin negara di cabang Hearthstone berdasarkan peringkat akhir :

  1. Filipina (Staz) - 100
  2. Swedia (Orange) - 60
  3. Jerman (BunnyHoppor) - 40
  4. Jerman (Xixo) - 25
  5. Swedia (Fluffy), China (CLHUang), Ukraina (Neirea), Argentina (pnc) - 10

Ranking Negara WESG 2016

Penasaran dengan hasil akhirnya? Yuk kita urutkan!

  1. Filipina - 200
  2. Korea Selatan - 160
  3. Swedia - 120
  4. Prancis, Polandia - 110
  5. Jerman - 90
  6. Denmark - 60
  7. China - 50
  8. Amerika Serikat - 40
  9. Peru, Turki - 35
  10. Brazil, Finlandia, Kanada, Ukraina, Argentina - 10

Menilik Ranking Negara di Akhir WESG 2016 - Siapa Negara Terbaik?

[duniaku_adsense]

Ternyata meski hanya muncul di dua cabang, Filipina berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang WESG 2016 dengan 200 poin! Kedua cabang yang menaikkan nama Filipina memang berhasil direbut juaranya oleh mereka. Korea Selatan berada di peringkat kedua dengan 160 poin, bahkan meskipun perwakilan mereka hanya muncul di satu cabang saja.

Swedia berada di peringkat ketiga dan menjadi satu dari dua negara yang berhasil mendapat poin di setiap cabangnya. Negara lainnya adalah China yang berhasil mendapat poin di setiap cabang, meski sang tuan rumah ternyata hanya mampu mendapat peringkat 5-8 di setiap cabang.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU