Mengintip Tips & Trik Content Marketing dalam Hangout with FreakOut Jakarta!

hangout with freakout

Content is a king. Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah ini. Yap, dalam marketing digital, konten yang kita buat bisa menentukan sukses atau tidaknya pesan yang ingin kita sampaikan. Termasuk dalam menyampaikan iklan atau pesan, dimana penyampaian melalui konten seperti teks, video dan gambar lebih menarik dan sesuai sasaran dibandingkan menggunakan iklan biasa.

Baca Juga

Nah, materi marketing digital melalui konten inilah yang diusung dalam meetup HangOut with FreakOut! yang sudah digelar pada hari Rabu, tanggal 18 Januari 2017 kemarin. Bertempat di Cinemaxx FX Mall, acara ini menghadirkan beberapa praktisi marketing digital dari berbagai perusahaan, mulai dari e-Commerce, forum online, hingga perbankan.

hangout with freakout

Acara ini sendiri digelar oleh FreakOut Dewina Indonesia, sebuah Native Mobile Ad Platform yang berasal dari Jepang. FreakOut melihat bahwa mobile marketing adalah salah satu peluang dan strategi marketing yang paling efektif dalam menjangkau target audiens di Indonesia. Oleh karena itu, mereka menggelar acara ini di mana para expert diajak untuk sharing ilmu kepada para digital marketing enthusiast.

Format acaranya sendiri mirip dengan seminar, namun dikemas lebih santai karena mengambil tempat di sebuah studio bioskop. Materi utama yang dibawakan dalam meetup ini adalah content marketing, yaitu sebuah teknik pemasaran yang tidak secara frontal menawarkan produk, namun lebih kepada meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand atau produk tersebut.

hangout with freakout

Terdapat empat pembicara yang hadir dan memberikan pengetahuan mereka seputar digital content marketing. Pertama ada Zarona Izar dari Kaskus Networks yang merupakan salah satu forum online dan jual beli terbesar di Indonesia. Dalam presentasinya, Zarona menyebutkan bahwa User Generated Content (UGC) masih menjadi andalan dari Kaskus. Namun bukan berarti mereka tidak menyisipkan content marketing sama sekali di situs tersebut.

Salah satu contohnya, mereka terkadang membuat sebuah konten yang khusus untuk mempromosikan sebuah brand, namun dikemas dengan menarik. Bahkan, terkadang mereka membuat sebuah event tertentu untuk membantu kampanye dari brand tersebut. Konten di sini bukan hanya sekedar artikel, atau posting forum saja. Ada juga beberapa konten video untuk memperkuat kampanye tersebut.

hangout with freakout

Pembicara kedua datang dari dunia perbankan, yaitu Triari Senawirawan dari DBS Bank. Triari setuju bahwa konten adalah raja. Akan tetapi, raja juga butuh ratu, sehingga muncul istilah distribution is the queen. Konten yang tepat, jika tidak didistribusikan dengan tepat pula tentu akan sia-sia. Jadi, keduanya harus berjalan seiringan, agar brand awareness bisa tersampaikan dengan baik.

Triari menunjukkan contoh saat DBS Bank melakukan kegiatan marketing dengan merilis sebuah film pendek berjudul Sparks. Meskipun video ini ditujukan untuk meningkatkan brand awareness dari DBS Bank, namun kamu tidak akan merasakan hal tersebut secara eksplisit. Kamu akan larut dalam ceritanya yang kabarnya diangkat dari kisah nyata ini. Penasaran dengan videonya? Kamu bisa tonton di akun Facebook resmi dari DBS Bank.

hangout with freakout

Terakhir ada dua perwakilan dari Blibli.com, Nicky Sebastian dan Tyas Dwi Pamungkas. Mereka juga memaparkan pentingnya content marketing dalam Blibli.com. Jadinya, mereka tidak hanya sekedar berjualan saja, akan tetapi kadang mengajak komunitas untuk membuat artikel (yang mereka sebut dengan Blibli Friends) untuk membantu mempromosikan sebuah brand.

Video juga tidak luput dibuat untuk melakukan marketing. Beberapa kali, Blibli.com melakukan hal tersebut, seperti saat mempromosikan Hari Belanja Online Nasional, atau saat merayakan Hari Ibu.

hangout with freakout

Acara yang dihadiri kurang lebih 200 enthusiast dari content marketing ini berjalan kurang lebih dua jam. Rencananya, FreakOut sendiri akan lebih rutin dalam menggelar event-event serupa di masa yang akan datang.


SHARE
Previous articleGuide Eudora Mobile Legends: Sambar Musuhmu dengan Sengatan Listrik
Next articleCicipi Pertarungan PvP Miniatur Keren Might & Magic Showdown di Steam!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.