Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises?

donald trump mengutip bane
Image credit: Digital Spy

Dalam pelantikannya kemarin, dikatakan Donald Trump mengutip Bane, penjahat utamanya The Dark Knight Rises! Benar tidak sih?

6 Sekutu Spider-Man yang Dinantikan Debut di Marvel Cinematic Universe

Di sejarah komik, ada banyak sekutu Spider-Man yang siap membantunya melawan kejahatan. Siapa yang menarik untuk tampil di Marvel Cinematic Universe? Ini daftarnya!
Baca Juga

Kalau benar Donald Trump mengutip Bane, pilihan kata-katanya yang mana yang dia ambil? Apakah Oh, you think darkness is your ally. But you merely adopted the dark; I was born in it, moulded by it. I didn’t see the light until I was already a man, by then it was nothing to me but BLINDING!”

Ataukah, “We will destroy Gotham and then, when it is done and Gotham is ashes, then you have my permission to die.”

Tentunya bukan dua kutipan itu yang dikatakan oleh Trump. Itu sih terlalu berlebihan, meski rasanya mayoritas orang Amerika sekarang tak akan mempermasalahkannya.

Bagian kata-kata di mana dicurigai Donald Trump mengutip Bane adalah yang ini,

“Today we are not merely transferring power from one administration or another … we are transferring power from Washington DC and giving it back to you – the people.

Coba kita bandingkan dengan kutipan asli Bane.

“We take Gotham from the corrupt! The rich! The oppressors of generations who have kept you down with myths of opportunity, and we give it back to you – the people.

Jadi kutipan Bane ini mungkin tidak disajikan persis sama seperti aslinya. Tapi ada kesamaan yang tak bisa dikesampingkan antara ucapan Trump dengan Bane. Mereka sama-sama menyatakan pemindahan kekuasaan dari orang-orang berkuasa ke tangan rakyat. Sebenarnya sentimen yang terdengar mulia… sampai kamu mengingat apa yang dilakukan Bane dengan janjinya itu.

Bane mengatakan kalau ia menyerahkan kekuasaan kepada rakyat jelata. Tapi apakah benar? Sama sekali tidak. Pada akhirnya, dia justu menjadi penguasa absolut di sana. Melihat bagaimana dia memerintah, tampaknya Bane juga tidak memikirkan pendapat dari penduduk biasa Gotham yang menjadi pasukannya. Ia justru melebur mereka menjadi pengikut setia yang bersedia menjalankan perintah-perintah kejamnya.

Bane lalu menggerakkan pengikutnya untuk memusnahkan elemen-elemen yang tidak ia sukai, mulai dari mantan orang kaya dan berkuasa hingga pemberontak seperti Komisaris Gordon. Semua orang ini ia tangkap, diadili dengan seenaknya, lalu diperintahkan untuk berjalan di lapisan es yang terlalu tipis untuk menahan tubuh manusia.

Bane juga disajikan sebagai pembohong karismatik. Terungkap kalau pada akhirnya, apapun yang dilakukan oleh penduduk Gotham, ia akan tetap meledakkan kota itu. Jadi kesimpulannya… dari sekian banyak tokoh jahat di dunia fiksi, Bane The Dark Knight Rises bukan sosok ideal untuk ditiru kutipannya.

Dikatakan kalau naskah pidato Trump ini bukan ditulis oleh dia sendiri. Yang menggarapnya adalah staf Gedung Putih yakni Stephen Miller dan Steve Bannon. Entah apa bagian ini dimasukkan atas izin Trump, mereka tulis tanpa menyadari kemiripannya dengan ucapan Bane, atau justru memang dimasukkan untuk menguatkan citra Trump.

Kalau Trump sudah mengakui dia Bane, kira-kira siapa ya sosok Batman yang siap menyelamatkan dunia bila “Bane” mulai membuat masalah?

 

Sumber: Telegraph.co.uk

 

 


SHARE
Previous articleGuide Franco Mobile Legends: Tidak Ada yang Dapat Lolos dari Cengkeramanmu!
Next article5 Pegulat WWE yang Ternyata adalah Gamer Kelas Berat
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.