Serunya Puluhan Orang Bikin Game Bareng-bareng Selama 48 Jam di Surabaya!

GGJ 2017 Surabaya

Lebih dari 69 orang bersama-sama membuat 22 game dalam waktu 48 jam saja di GGJ 2017 Surabaya!

Baca Juga

Bikin game hanya dalam waktu 48 jam dari awal hingga bisa dimainkan, dengan perlengkapan seadanya dan tim yang baru dikenal? Mungkin sebagian dari kamu mengernyitkan dahi, bagaimana bisa ya? Tetapi ternyata, dalam Global Game Jam (GGJ) 2017 yang digelar tanggal 20-22 Januari 2017 kemarin semuanya bisa dilakukan! Bahkan, dengan banyaknya batasan seperti waktu, sumber daya, dan juga skill, banyak ide game keren yang dihasilkan selama 48 jam tersebut.

Tak terkecuali di Surabaya, salah satu kota yang menjadi jam site (tempat penyelenggaraan) GGJ 2017 di Indonesia. Sebagai catatan, di Indonesia sendiri GGJ 2017 digelar di 13 jam site yang terletak di 13 kota berbeda. Selain di Surabaya, GGJ 2017 juga digelar di Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Salatiga, Malang, Kediri, Bali dan Makassar.

GGJ 2017 Surabaya

Dan beradaptasi dengan keterbatasan inilah yang menjadi salah satu topik utama dalam GGJ 2017 Surabaya yang digelar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Sebelum game jam dimulai, Eka Pramudita yang merupakan CEO dari Mojiken Studio pun memberikan insight menarik seputar game jam. Menurutnya, game jam melatih kita untuk beradaptasi dan berkarya di tengah keterbatasan yang dimiliki, seperti waktu dan sumber daya.

GGJ 2017 Surabaya


Lebih lanjut, Eka juga memberikan beberapa tips menarik mengenai bagaimana mengembangkan game di tengah keterbatasan, seperti saat game jam ini. Beberapa diantaranya seperti pentingnya segera mengeksekusi ide, memulai dari apa yang bisa dilakukan, serta mengutamakan pengalaman gamer saat memainkannya. Penting juga untuk memegang pedoman bahwa selesai lebih baik dari pada sempurna.

Sebagai informasi tambahan, GGJ 2017 Surabaya masih memegang jumlah peserta terbanyak di Indonesia. Berdasarkan catatan panitia, GGJ 2017 Surabaya diikuti oleh 69 peserta. Memang angkanya menurun dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu. Namun, ada banyak improvisasi yang dilakukan panitia untuk tahun ini, seperti menjadikannya berbayar dengan fasilitas makan selama tiga hari, sertifikat, serta kaos peserta.

GGJ 2017 Surabaya
Suasana saat pemutaran video keynote

Dari 69 peserta (plus beberapa panitia), GGJ 2017 Surabaya pun berhasil menelurkan kurang lebih 22 game, termasuk satu board game. Jumlah ini juga tercatat yang paling banyak di Indonesia!

Yang setiap tahun selalu menarik dari GGJ adalah kamu tidak pernah tahu siapa rekan setimmu sampai di hari penyelenggaraan. Termasuk dalam GGJ 2017 Surabaya ini, yang mana pembagian pesertanya dilakukan oleh panitia sesuai dengan skill yang dimiliki masing-masing peserta. Jadi, dalam satu tim sudah terbagi rata minimal ada masing-masing satu orang programmer, artist dan komposer.

Bagaimana suasana selama game jam berlangsung dan juga saat presentasi? Simak di halaman kedua!