Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

Seperti apa meta terbaru Dota 2 setelah patch 7.xx? Hero apa yang menjadi lebih baik? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Patch 6.88 mungkin dianggap sebagai salah satu patch yang paling beragam sepanjang sejarah Dota 2, namun, bukan berarti patch tersebut bebas dari masalah. Setelah patch tersebut berhasil memecahkan rekor dalam hal hero apa yang dipilih dan di-banned dalam permainan, beberapa hero paling ikonik dalam Dota 2 mulai terlupakan, dan bahkan tidak pernah terlihat dalam turnamen besar.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[duniaku_baca_juga]

7.01 telah merubah semuanya dan sekaligus melahirkan meta baru. Pada acara ESL One Genting, kita telah melihat apa saja yang dapat dilakukan dalam patch tersebut dan mengembalikan dua hero ikonik yang memberikan kita harapan patch ini dapat mengalahkan pendahulunya.

Kembalinya Shadow Fiend

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Shadow Fiend adalah salah satu hero paling dikenal dalam permainan Dota 2. Dikenal sebagai hero yang paling unggul dalam hal 1v1, Shadow Fiend telah ada sejak lama dan skillset miliknya juga tidak banyak berubah. Seorang pemain mid dapat dengan mudah menentukan bagaimana alur permainan hanya dengan Shadow Fiend, dan kemampuan laning-nya dapat berubah dari mid-game dengan magic damage-nya yang besar, hingga ke late-game dengan physical damage-nya.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Sayangnya, neutral creeps mendapatkan buff yang cukup besar pada patch 6.85 dan hal ini membuat Shadow Fiend kesulitan dalam permainan besar. Walaupun dia pernah dipilih satu atau dua kali pada tahun lalu, Shadow Fiend menghilang selama sebagian besar tahun 2016. Sekarang, acara ESL One Genting telah memperlihatkan bagaimana para pemain professional telah melihat potensinya dan bahkan mulai memilihnya – 63% winrate sepanjang 8 game dan 6 banned bukanlah hal tidak dapat dianggap remeh.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[read_more id="286012"]

Hingga saat ini meta 7.01 masih terus berkembang, dan hal ini dapat menandakan Shadow Fiend akan terus muncul sepanjang tahun ini. Dota 2 telah mulai meningkatkan tempo permainan mereka dan banyak tim semakin sering bertarung pada awal permainan – saat dimana Shadow Fiend paling unggul – dan ternyata dia bukanlah satu-satunya hero yang dapat kembali bersinar dalam patch ini.

Queen of Pain Kembali Menjadi Pilihan Favorit

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Sama seperti hero mid-game lainnya yang sangat mengandalkan magic damage, Queen of Pain tidak memiliki nasib yang cukup baik sepanjang tahun 2016. Bahkan tidak sering dia dianggap sebagai salah satu hero terburuk di kalangan professional ataupun publik. Sepanjang patch 6.86, Queen of Pain sangat tidak dianjurkan untuk digunakan karena winrate-nya yang sangat rendah hingga dibawah 44%.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[read_more id="289900"]

Saat ESL One Genting, hero yang satu ini berhasil memenangkan 4 dari 5 game dan Sccc berhasil membuktikan mengapa hal ini dapat terjadi. Tidak hanya dia membuat build baru yang memanfaatkan Blademail, dia juga merubah build-nya dalam setiap permainan yang dia mainkan dan membuktikan bahwa hero ini sangat kuat dengan item build yang sesuai dengan game sedang berjalan.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Sebelumnya, Queen of Pain hanya memiliki dua build yang dapat dia gunakan, sebagai nuker yang dapat melakukan gank berulang kali, atau berada dalam teamfight dengan DPS yang tinggi. Sccc telah memberikan berbagai build baru yang sangat menarik, dan hal ini membuat Queen of Pain selalu unggul dalam berbagai kondisi.

[duniaku_adsense]

Lanjut ke halaman berikutnya untuk mengetahui siapakah hero lainnya yang populer dalam patch ini!

Centaur Warruner, Sang Favorit Baru

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[duniaku_baca_juga]

Satu hero lainnya yang juga sempat menjadi bintang dalam acara ESL One Genting adalah Centaur Warruner. Offlaner yang satu ini memang tidak pernah berhasil menemukan posisi yang tepat dalam meta sebelumnya, dan pada saat dia berhasil mendapatkan kesempatan tersebut, Icefrog justru memberikannya nerf yang cukup drastis.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Berbagai tim telah menemukan cara untuk memasukan dirinya ke dalam draft mereka, dan pada acara di Genting dia berhasil membuktikan dirinya dengan 100% winrate. Angka kemenangan sempurna sebanyak 5 game adalah suatu hal yang sangat luar biasa, apalagi jika kita mengingat bahwa dia tidak selalu menjadi pick terakhir – Newbee bahkan memilihnya sebagai hero ketiga dalam pertandingan pertama mereka.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[read_more id="289870"]

Centaur selalu berhasil dalam berbagai posisi. Dia dapat mengambil item seperti Pipe of Insight atau Shiva’s Guard yang tidak dibeli oleh hero lain karena dia tidak membutuhkan banyak farm untuk dapat dimainkan dengan efektif. Dia adalah laner yang sangat kuat, apalagi dengan adanya Shrine yang dapat membuat dirinya bertahan lebih lama. Dengan kemampuan disable-nya, Centaur memiliki potensi yang sangat besar pada awal permainan dan ultimate miliknya dapat sangat berguna saat mid-game.

Walaupun semua hal di atas terdengar saat bagus, ini bukanlah pertama kalinya hero baru bergabung ke dalam meta hanya untuk menghilang setelah beberapa minggu karena mendapat nerf yang membuat dirinya tidak lagi dapat digunakan, sama seperti apa yang terjadi kepada seperti Phoenix.

Kehadiran Underlord yang Sangat Ditakutkan

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!Dua hero baru telah ditambahkan ke dalam Captain’s Mode bersamaan dengan adanya patch 7.00. Walaupun Arc Warden hampir tidak pernah terlihat dalam permainan professional, Underlord telah membuktikan dirinya sebagai pick yang cukup berpengaruh pada acara Elimination Mode di tahun lalu dengan 100% winrate sepanjang 4 game.

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!

[duniaku_adsense]

Dalam acara ESL One Genting, winrate-nya mungkin tidak terlalu tinggi, tapi dia berhasil memenangkan 4 dari 6 game, dan hal ini cukup menakjubkan apalagi untuk seorang hero baru, terutama karena dia adalah hero yang paling banyak di banned selama acara tersebut setelah Shadow Demon.

Underlord sangat cocok untuk bergabung ke dalam meta yang baru. Dia berhasil meningkatkan kemampuan team fight pada awal permainan dengan skill AoE miliknya yang sangat besar yang bahkan dapat menghentikan gerakan musuh yang sangat agresif. Sama seperti Centaur, Underlord memiliki potensi yang sangat besar pada awal permainan, apalagi jika dia mendapatkan support dari teman satu timnya.

Ditambah lagi, Underlord juga dapat mengambil item seperti Mekansm, Crimson Guard, atau bahkan Solar Crest. Dia adalah salah satu hero yang paling fleksibel, salah satu contohnya adalah saat iceice dari Wings yang menggunakannya sebagai seorang support, tidak sebagai offlaner seperti kebanyakan orang.

ERA 7.XX baru dimulai

Meta Terbaru! Kembalinya Shadow Fiend dan Kehadiran Hero Ikonik Lainnya Dalam Turnamen Dota 2!ESL One Genting adalah acara LAN pertama setelah patch 7.00 yang berhasil membuktikan sejauh mana kemampuan dari patch tersebut. Walaupun ada banyak ide ataupun pick lama yang tetap dapat digunakan, tempo permainan telah berubah secara drastis.

[read_more id="284654"]

Acara tersebut sangat menarik untuk disaksikan untuk para penggemar berat yang ingin sesuatu yang baru setelah patch 6.88. Ditahun ini masih ada banyak acara LAN lainnya seperti WESG, DAC, dan Kiev Major yang akan menentukan apakah hero diatas akan tetap berada dalam meta sekarang atau tidak.

Apakah menurutmu masih ada hero lainnya yang juga seharusny masuk ke dalam meta patch ini? Atau justru ada hero yang tidak seharusnya ada? Berikan komentar kamu yah!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU