Mob Psycho 100 Jadi Best Shounen Manga dalam Ajang Shogakukan Manga Awards

Shogakukan Manga AwardsAjang penghargaan bergengsi di dunia manga, Shogakukan Manga Awards 2016 kembali digelar. Meskipun sebenarnya sudah dilakasanakan sejak akhir tahun lalu, namun pengumuman pemenang pada empat kategori baru saja diumumkan hari senin kemarin.

Selain meraih hadiah senilai 1 juta yen, para pemenang dalam ajang Shogakukan Manga Awards 2016 tentu bakal mendapatkan popularitas lebih di kalangan penggemar manga.

100 Anime Terbaik Tahun 2016 Versi Tokyo Anime Award Festival. Adakah Anime Favoritmu?

Dari survei yang dilakukan oleh Tokto Anime Award Festival, anime mana sajakah yang berhasil menduduki posisi puncak anime terbaik tahun 2016?
Baca Juga

Empat kategori yang diumumkan adalah Best Shounen Manga, Best Shoujo Manga, Best Children Manga, dan Best General Manga. Sepertinya tak ada kejutan besar dalam pengumuman tersebut

Untuk katagori Best Shounen Manga, Mob Psyhco 100 sukses menyisihkan manga-manga lainnya untuk keluar sebagai juara. Seperti sudah diprediksi banyak orang, manga karya ONE ini menjadi manga shounen terbaik di tahun 2016. Tak mengherankan memang, pasalnya ONE berhasil menularkan kesuksesannya bersama manga One Punch Man ke manga garapan barunya ini. Ya meskipun bisa dibilang Mob Psycho 100 tak sesukses kisah Saitama dan kawan-kawan.

Mob Psycho 100 bercerita tentang Mob, seorang anak laki-laki yang akan meledak jika kapasitas emosinya mencapai 100%. Anak laki-laki yang memiliki kekuatan psychic ni mendapatkan nama “Mob” karena dia tidak ingin terlihat menonjol diantara banyak orang. Dia berusaha untuk menyembunyikan kekuatannya agar bisa hidup normal. Akan tetapi jika level emosinya mencapai 100, sesuatu yang luar biasa akan terjadi di seluruh tubuhnya.

Shogakukan Manga AwardsSementara manga 37.5°C No Namida karya Chika Shiina berhasil menjadi pemenang dalam katagori Best Shoujo Manga. Cerita yang menyentuh membuat manga ini menjadi favorit di kalangan cewek-cewek yang terkenal lebih peka dan gampang tersentuh.


Lanjut ke kategori Best Children Manga dimenangkan oleh manga Ijime karya Igarashi Kaoru. Bully yang belakangan menjadi isu yang cukup hangat untuk diperbincangkan diangkat oleh manga Ijimi namun dikemas secara sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca yang mayoritas anak-anak.

Kategori terakhir adalah Best General Manga dimana Blue Giant karya Ishizuka Shinichi berhasil keluar sebagai pemenang. Berfokus kepada kehidupan Dai Miyamoto yang merupakan pemain basket. Namun semua mulai berubah ketika ia melihat penampilan jazz secara live yang sangat menyentuh dirinya. Sejak saat itu ia bertekad untuk menjadi seorang saksofon kelas dunia.

Baca Juga

Shogakukan Manga Awards adalah satu di antara penghargaan manga terkemuka di Jepang yang disponsori oleh Shogakukan Publishing. Penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada serial manga sejak 1955.

Sumber: animenewsnetwork.com. Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleAntara Boruto, Yurui dan Anak Shikamaru! Mereka Bikin Ujian Chuunin Lebih Greget!
Next articleFakta Tina Talisa, Si Moderator Cantik Debat Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca